Studi: Lari di Atas Treadmill Kurangi Risiko Cedera

Berlari di atas permukaan keras lama-kelamaan dapat mengakibatkan cedera pada lutut dan kaki. Apalagi bagi mereka yang terbiasa melakukannya bertahun-tahun. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang gemar berlari outdoor.

Lari-di-Atas-Treadmill-Kurangi-Risiko-Cedera

Olahraga outdoor seperti berlari memang memberikan keuntungan lain seperti menghirup udara lebih segar, pemandangan lebih bervariasi dan sifatnya yang rekreasional. Namun bagi sebagian orang, berlari di atas permukaan yang keras malah memperburuk performa berlari mereka sehingga hasil latihan tidak bisa didaptkan dengan optimal.

Salah satu cara untuk mengurangi risiko cedera dari olahraga lari adalah dengan menggunakan mesin treadmill. Hampir semua treadmill memiliki fasilitas bantalan yang bisa mengurangi tekanan yang menyebabkan sakit yang dihasilkan dari aktifitas berlari pada permukaan keras.

Studi di Sport & Fitness Victoria University Australia menunjukkan bahwa berlari di atas treadmill mengurangi risiko cedera pada persendian hingga 15% dibandingkan berlari pada permukaan keras. Ini sebabnya, mereka yang mengalami masalah pada persendian dianjurkan untuk berlatih menggunakan treadmill ketimbang berlari di permukaan keras (outdoor).

Bagaimana Treadmill Mengurangi Risiko Cedera?

Bantalan pada treadmill dimaksudkan untuk mengurangi pengeluaran energi agar tidak seperti saat berlari pada permukaan keras. Ketika berlari pada permukaan yang keras, diperlukan sejumlah upaya untuk mendorong tubuh ke arah depan dengan menggunakan betis serta untuk menekan dampak dari pendaratan kaki yang mungkin kurang tepat akibat permukaan yang tidak rata. Bantalan treadmill membantu mengurangi upaya ini.

Bagaimana Memilih Treadmill Untuk Manfaat Optimal?

Banyak merek treadmill mengakui kelebihan bentuk bantalan produk mereka. Nama-nama merek dagang juga merefleksikan kesan bahwa bantalan produk perusahaan mereka unik dan unggul. Sulit untuk membuktikan kebenaran di balik pengakuan dan kesan yang digambarkan tersebut karena para produsen biasanya tidak banyak memberikan informasi mengenai bagaimana mekanisme bantalan produk mereka benar-benar bekerja.

Sebagian besar mekanisme menyediakan fitur-fitur manual setting yang memungkinkan para penggunanya untuk memilih tingkatan dari kaku hingga sangat lembut. Pada mesin yang harganya lebih mahal, sistem penyesuaian bisa langsung diterapkan sewaktu menggunakan mesin. Sedangkan pada mesin lainnya, sistem penyesuaian hanya bisa dilakukan pada saat treadmill tidak sedang digunakan.

Hampir semua cara mengencangkan atau mengendurkan tread belt pada sistem bantalan dilakukan dengan cara meningkatkan atau mengurangi ketegangan bentuk tegangan pegas yang berfungsi memberikan tekanan terhadap bagian bawah sabuk. Sangat dianjurkan untuk mengatur ketegangan pada tread belt sampai pada titik di mana penggunanya dapat merasakan efek penyesuaiannya, dengan kondisi pijakan kaki tetap kokoh. Tingkat kenyamanan ini harus memungkinkan penggunanya dapat berlari secara aman dan efisien, bahkan selama bertahun-tahun.

Berlari outdoor di permukaan keras atau berlari di atas treadmill sama-sama memberikan manfaat kesehatan. Anda tinggal memilih mana yang lebih sesuai dan lebih nyaman bagi aktivitas Anda. (dan)

BACA JUGA : Scoliosis Bisa Sembuh dengan Latihan Ini?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes