pusing saat latihan

Sering Alami Pusing Saat Latihan?

Kurang energi terkadang membuat performa latihan jadi tidak optimal. Yang paling buruk adalah mengalami pusing saat latihan. Ada yang pernah mengalaminya? Berikut ini beberapa penyebabnya.

Akan ada banyak hal yang hebat yang terjadi selama dan setelah Anda rutin berlatih. Salah satunya adalah mood Anda meningkat.

Namun disisi lain, mungkin beberapa dari Anda ada yang mengalami hal yang kurang baik, salah satunya mengalami pusing atau migrain.

Dibandingkan dengan sakit kepala biasa, migrain cenderung sedikit lebih parah bahkan bisa disertai dengan mual, muntah, atau tiba-tiba kehilangan pandangan (blur).

Apabila kasusnya seperti ini, maka latihan bisa dikatakan semacam pedang bermata dua.

Di satu sisi, orang yang sering mengalami pusing atau migrain, disarankan untuk melakukan segala hal dengan teratur, seperti makan teratur, tidur teratur, dan olahraga teratur.

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention, orang yang sering mengalami migrain sebaiknya melakuakn aerobik selama 30 menit atau tiga kali dalam seminggu.

Serta melakukan resitance training (angkat beban) 150 menit atau dua kali dalam seminggu.

Menurut beberapa studi, rutin melakukan latihan aerobik dan teratur dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas migrain.

Kenapa latihan bisa bermata dua? Karena di sisi lain, aktivitas fisik ini justru dapat membuat sakit kepala. Adakah diantara Anda yang pernah merasakannya?

Apa saja yang menjadi penyebab mengalami pusing saat latihan?

Perbedaan Masing-Masing Individu

pusing saat latihan

Pasti, tubuh semua orang memiliki perbedaan masing-masing. Termasuk dalam hal olahraga.

Banyak orang merasa sangat sehat setelah rutin berolahraga. Tapi sebagian lainnya juga ada yang merasakan masalah tertentu selama latihan.

Seperti pusing saat latihan atau migrain.

Juga, ketika Anda sudah siap pergi ke gym namun secara tiba-tiba hormon endorfin membuat perasaan baru (menurun) dalam tubuh Anda, dan selanjutnya terjadilah migrain.

Solusinya adalah dengarkan tubuh Anda.

Jika Anda merasa mual atau ada masalah pada penglihatan saat melakukan squat atau deadlift, maka segera hentikan latihan dan beristirahatlah.

Tapi bila Anda tidak mengalami masalah apapun selama berlatih (termasuk pusing saat latihan), maka teruslah berlatih dengan intens.

Pusing Saat Latihan Karena Kurang Cairan

pusing saat latihan

Membuat tubuh terasupi cairan dengan cukup, adalah sangat vital ketika ingin berlatih.

Salah satu tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi adalah tingkat keringat Anda akan menurun selama latihan.

Hal ini juga dapat berpengaruh pada termoregulasi (overheating), yang merupakan kemampuan untuk menjaga keseimbangan antara pembentukan panas dan kehilangan panas tubuh.

Dan bila tubuh Anda mengalami overheating (terlalu panas), maka hal ini akan dapat memicu migrain.

Untuk itulah, sangat penting bagi Anda agar terasupi cairan yang cukup saat, selama, maupun setelah latihan.

American College of Sport Medicine (ACSM) merekomendasikan, Anda sebaiknya konsumsi air sekitar 500 mi air dua jam sebelum berlatih.

Makan Sebelum Berlatih

pusing saat latihan

Yang direkomendasikan selanjutnya adalah makan sebelum latihan. Yang sering direkomendasikan adalah 30 menit sebelum latihan.

Kenapa? Tentu karena sebagai sumber energi.

Ketika gula darah Anda rendah selama latihan, maka hal itu bisa memicu sakit kepala yang intens.

Namun perlu diingat, kita tidak berbicara mengenai makan yang besar seperti pada jadwal makan yang seharusnya.

Akan tetapi makan makanan ringan yang mampu memberikan tubuh Anda bahan bakar cukup untuk melewati latihan. Misalnya dua potong roti dengan selai kacang atau yogurt dengan granola.

Karena apabila makan yang terlalu berat justru akan memberatkan latihan Anda.

Apabila memang Anda sering merasakan pusing saat latihan, Anda juga bisa konsumsi obat herbal atau obat anti-inflamasi yang dikonsumsi sebelum latihan. Akan tetapi, perhatikan penggunaan obat dengan suplemen yang Anda rencanakan sebelumnya.

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes