Perhatikan ini Sebelum Mulai Bersepeda

Punggung, pinggang, dan kaki adalah bagian tubuh yang sering merasa capek ketika Anda bersepeda di track yang panjang.

Perhatikan-ini-Sebelum-Mulai-Bersepeda

Jika jarak tempuh Anda mencapai 40 km maka rasa capek di bagian tubuh tersebut adalah hal yang wajar. Tapi jika Anda baru berkendara 5 menit dan Anda sudah merasakan capek, bisa jadi ada kesalahan yang Anda lakukan saat bersepeda.

Ada beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh para pemula ketika bersepeda, seperti setting -an pada sepeda (termasuk ukuran rangka, ketinggian sadel, dan lainnya) yang kurang sesuai dengan postur dan anatomi tubuh.

Kurang efisiennya pembagian tenaga oleh tubuh saat bersepeda juga bisa mempengaruhi performa bersepeda dan memicu terjadinya nyeri otot saat bersepeda.

Nah, agar kegiatan bersepeda Anda lebih menyenangkan dan terhindar dari nyeri dan capek di awal latihan, sebaiknya Anda perhatikan tip berikut ini.

Kepala

Arahkan pandangan Anda ke lintasan di depan. Posisi kepala mengikuti alur tulang belakang yang dibentuk oleh lengkungan punggung. Usahakan tulang leher dalam keadaan rileks.

Bahu

Usahakan posisi bahu mengikuti alur yang dibentuk oleh tangan dan punggung. Pastikan bahu dalam posisi rileks untuk mengurangi tekanan pada bahu dan punggung.

Tangan

Saat mengayuh pada kecepatan rata-rata, pastikan lengan Anda sedikit ditekuk pada siku. Biarkan lengan depan Anda bertumpu pada tangkai pengikat rem (brake hood), untuk mengurangi tumpuan beban pada bahu dan punggung serta konsentrasikan pemusatan tenaga di kaki Anda.

Telapak Tangan

Telapak tangan menggenggam handle bar atau rem sekaligus. Rileks tapi mantap.

Punggung

Posisi punggung menyesuaikan tingkat kecepatan, tanjakan, atau pun turunan pada track yang Anda lalui. Untuk memacu sepeda pada kecepatan tinggi, posisi punggung biasanya membungkuk. Sedangkan untuk track menurun, posisi punggung biasanya dalam posisi tegak untuk menjaga kecepatan.

Kaki

Ketika salah satu pedal berada di bawah, kaki sedikit ditekuk di bagian lutut. Jika Anda merasa sedikit tegang pada bagian otot pinggul saat mengayuh, bisa jadi sadel Anda terlalu tinggi. Sebaliknya, jika tumit Anda merasa nyeri, mungkin sadel Anda yang terlalu rendah.

Telapak kaki

Gunakan bagian depan telapak kaki (pangkal jari-jari kaki) untuk menekan pedal. Tapi ingat , mengayuh ukan hanya sekedar menekan pedal, namun juga menariknya. Cara ini akan membuat kayuhan Anda lebih stabil, efeisien dalam pengeluaran tenaga, dan bahkan dapat mencegah Anda dari varises.

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai bersepeda, terutama saat menempuh lintasan panjang, usahakan untuk men-setting sepeda Anda terlebih dahulu. Sesuaikan dengan postur tubuh dan kenyamana Anda. Settingan yang tepat akan membantu Anda mendapatkan manfaat terbaik dari aktivitas bersepeda Anda.

Hace a nice ride! (dan)

BACA JUGA : V-Shape Body Home Exercise

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes