nyeri lutut

3 Latihan yang Rentan Bikin Nyeri Lutut dan Cara Mengatasinya

Pernah mengalami nyeri lutut pada saat latihan? Latihan apa saja yang bikin lutut sakit? Ini adalah tiga jenis latihan yang populer dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya.

Lutut adalah sendi yang sangat kuat dan rumit.

Terdiri dari tulang rawan, ligamen, tendon, dan otot, sendi luar biasa ini membuat kaki Anda bisa menekuk, mengangkat beban, dan lain-lain.

Namun daripada itu, nyeri pada sendi lutut cukup menjadi hambatan yang sering dialami oleh Anda yang aktif. Betul?

Ketika nyeri lutut menyerang, maka gerakan yang biasanya bisa dilakukan dengan mudah tidak akan terlihat karena merasa sakit.

Dan ini bisa berlanjut di kemudian hari. Para ahli medis menyebut ini dengan repetitive stress atau stres yang berulang.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan nyeri sendi lutut, termasuk tiga latihan yang populer. Yaitu squat, walking lunges, dan jump box.

Latihan seperti squat, walking lunges, atau box jumps memang cukup mudah dilakukan.

Tapi jangan salah, ketiga latihan yang cukup populer tersebut juga rentan bikin lutut cedera bila dilakukan dengan kurang sempurna.

1. Lutut Sakit Setelah Jongkok (Squat)

nyeri lutut

Squat adalah latihan yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Namun, latihan ini juga sering dijadikan ‘kambing hitam’ pada berbagai cedera. Mulai dari cedera punggung, pinggul, bahkan nyeri sendi pada lutut.

Itu adalah fakta.

Tapi dengan catatan, jika latihan squat dilakukan tidak pada gerakan yang tepat.

Nyeri lutut saat squat bisa berasal dari pola gerakan yang buruk.

Lutut terjebak di antara pijakan dan berat yang tidak seimbang pada bagian atas tubuh Anda.

Berat yang tidak seimbang dapat terkonsentrasi pada lutut dan mengarah ke tendonitis patellar, patella chondromalacia, dan meniscus fraying.

Solusinya adalah lakukan gerakan dengan sempurna.

  • Pijakan kaki di lantai harus lebih kuat
  • Tekan pinggul ke bawah
  • Pertahankan tension (ketegangan) di pinggul selama melakukan squat

2. Nyeri Lutut Ketika Walking Lunges

Sama seperti squat, lunges adalah latihan yang sederhana.

Tapi bila gerakannya tidak sempurna, itu bisa menyebabkan nyeri sendi pada lutut.

Terkadang, ketika orang mulai berlatih di gym dan penuh semangat, mereka sering bergonta-ganti gerakan dengan berusaha mempertahankan beban angkatan yang bisa mereka capai.

Termasuk ketika beralih pada latihan lunges.

Dan ini adalah awal potensi cedera pada lutut. Yaitu tekanan yang dahsyat pada tendonitis patella serta berpotensi membuat medial meniscus iritasi.

Solusinya agar walking lunges ini jadi lebih aman dilakukan adalah melakukan walking lunges dengan dumbbell yang ringan atau split squats.

Momen cedera biasanya terjadi ketika kaki salah satu sisi berjalan ke depan. Bila terjadi ketegangan yang terlalu, maka segera melangkah mundur atau tetap diam (tidak berjalan lagi ke depan).

3. Lutut Bagian Belakang Terasa Sakit Setelah Box Jump

nyeri lutut

Melompat dan berpijak di atas box adalah latihan yang cukup sederhana dilakukan.

Akan tetapi, gerakan latihan ini juga rentan dengan cedera.

Pergerakan tubuh karena gravitasi (melompat) akan menempatkan banyak tekanan pada sendi. Ini bisa berakibat buruk pada tendonitis patella, ACL, dan iritasi medial meniscus.

Solusi dari mengatasi nyeri lutut pada saat latihan ini adalah tidak ada yang spesifik. Hanya bisa diperhatikan pada saat pendaratan (berpijak).

Pada saat mendarat setelah melompat, usahakan untuk kondisi tubuh Anda tetap tenang. Terlebih bila Anda menambahkan beban seperti dumbbell atau kettlebell ketika melakukannya.

Tubuh harus tetap sempurna pada saat mendarat.

Atau bila ini terlalu riskan, Anda bisa melakukannya dengan cara melompat turun. Yaitu diawali pada posisi di atas.

Jika benar-benar mengalami nyeri lutut dan susah diatasi, maka Anda bisa memperbaiknya melalui asupan nutrisi yang tepat.

Bila perlu, Anda bisa menambahkan suplementasi yang baik untuk merawat kesehatan sendi seperti GCM dari Ultimate Nutrition.

Glucosamine, Chondroitin & MSM (GCM) merupakan zat yang ditemukan secara natural di dalam tubuh kita.

Glucosamine berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki tulang rawan.

Sementara Chondroitin yaitu molekul yang memberi elastisitas pada tulang rawan dan MSM adalah sulfur alami yang memainkan peranan besar di dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan sendi.

MSM juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit di sendi yang diasosiasikan dengan osteoarthritis, penyakit punggung dan kelelahan.

Nyeri lutut memang bisa menjadi momok pada performa latihan Anda. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus menghindari ketiga latihan di atas. Yang terbaik adalah bagaimana cara melakukannya dengan gerakan yang sempurna. Let’s workout.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes