membentuk otot dengan cepat

3 Hal Utama Jika Ingin Membentuk Otot dengan Cepat

Apakah Anda ingin membentuk otot dengan cepat? Jika iya, maka sebaiknya Anda memahami tiga hal utama yang HARUS Anda lakukan jika ingin mewujudkannya.

Ada banyak goal fitness yang dilakukan oleh banyak orang ketika mereka datang ke gym untuk latihan.

Mulai dari menurunkan atau menambah berat badan, membangun massa otot, atau sekadar ingin maintenance body.

Bagaimana dengan Anda?

Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan tiga hal utama yang perlu Anda lakukan jika ingin membentuk massa otot dengan cepat.

Yang perlu digarisbawahi, dengan cepat bukan berarti hanya butuh waktu semalam untuk membentuknya. Akan tetapi masih dibutuhkan proses atau waktu.

Tentu, bagi beberapa orang mungkin merasa mudah melakukannya.

Tapi tidak sedikit yang ditengah-tengah perjuangan mendapatkan otot yang didambakan, kemudian merasa putus asa karena belum kunjung mendapatkannya.

Kami harap ini bukan bagian dari Anda.

Oleh sebab itu, sebelum Anda ingin membentuk otot dengan cepat, maka sebaiknya Anda tahu ada tiga hal utama yang WAJIB untuk Anda lakukan.

#1. Membentuk Otot dengan Cepat Melalui Angkat Beban

membentuk otot dengan cepat

Untuk yang pada poin pertama ini, rasanya sudah banyak yang telah mengetahuinya.

Ya, Anda tidak akan berhasil membentuk otot dengan cepat jika tanpa berlatih angkat beban.

Latihan beban atau yang lebih umum disebut fitness adalah salah satu langkah yang wajib Anda lakukan bila ingin membentuk tubuh menjadi lebih berotot.

Pengaturan set, repetisi, maupun berat angkatan sangat penting untuk diperhatikan.

Bila ingin menambah massa otot lebih besar, yang dilakukan apakah high atau low repetition.

Selain itu, melakukan setiap latihan dengan gerakan yang sempurna akan sangat sempurna untuk program Anda dalam membentuk otot dengan cepat.

Dalam setiap sesi latihan, Anda juga bisa berkonsentrasi hanya pada satu sisi otot tubuh dan tidak selalu melatih seluruh kelompok otot.

Misalnya, pada hari ini Anda melakukan latihan kaki, maka besoknya Anda bisa berlatih untuk otot dada.

Yang terpenting adalah sebaiknya bedakan sesi setiap latihan yang menargetkan kelompok otot besar. Yaitu kaki, dada, bahu, dan punggung.

Sementara otot kecil antara lain lengan atau perut.

Latihan otot besar dan kecil bisa Anda gabung pada satu sesi.

Hal ini adalah untuk menghindarkan Anda dari DOMS (delayed onset muscle soreness) yang berlebihan sehingga bisa menghambat aktivitas harian Anda.

#2. Tak Akan Maksimal Jika Dilakukan Tanpa Diet yang Tepat

membentuk otot dengan cepat

Sebagian besar, masih ada yang salah kaprah dalam menganggap diet.

Ya, diet masih dianggap atau identik pada mereka yang hanya ingin menurunkan berat badan (fat loss). Padahal tidak demikian.

Bila Anda ingin menambah berat badan maupun massa otot, maka Anda juga disarankan untuk tetap melakuakn diet.

Karena diet merupakan pengaturan pola makan, bukan hanya sekedar pengurangan makan atau kalori.

Bila ingin membentuk otot dengan cepat, maka asupan protein yang tinggi sangat Anda butuhkan.

Kendati demikian, Anda tidak harus ‘hanya’ mengonsumsi protein saja. Makronutrisi lain seperti karbohidrat dan lemak juga masih perlu dikonsumsi.

Jika berniat untuk mengurangi asupan karbohidrat, bisa akali dengan mengonsumsinya hanya menjelang dan setelah latihan.

Karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi terlebih energi untuk latihan. Karena itu Anda bisa mengonsumsinya pada waktu-waktu tertentu.

Pada intinya, apapun program fitness Anda, yang paling penting dilakukan adalah pemenuhan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang.

#3. Sempurnakan dengan Istirahat yang Cukup

membentuk otot dengan cepat

Latihan sudah, diet-pun juga sudah, tapi mengapa pembentukan otot tubuh Anda masih terbilang lambat?

Memang, dua faktor tersebut (latihan dan diet) adalah yang utama untuk membentuk otot dengan cepat.

Akan tetapi, masih ada faktor lain yang tak kalah penting, yaitu istirahat. Mengapa istirahat yang cukup?

Karen ketika istirahat, produksi hormon pertumbuhan dan testosteron mencapai puncaknya.

Hormon ini sangat penting untuk pertumbuhan massa otot. Setelah dipaksa bekerja keras selama latihan, hal itu berarti otot juga akan rusak.

Kemudian otot akan kembali beradaptasi dengan aktivitas yang baru sehingga mereka beradaptasi untuk berkembang lebih besar dan kuat lagi.

Namun untuk menjaga pertumbuhan otot tetap terjadi, salah satu hal (selain asupan nutrisi) yang dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup.

Yang sering direkomendasikan untuk waktu istirahat adalah tidur selama 7-9 jam setiap malam.

Namun harus tetap diimbangi dengan asupan nutrisi yang tepat, terutama protein lambat serap.

Protein lambat serap akan membantu otot Anda terasupi kebutuhan protein sepanjang malam.

Protein sangat dibutuhkan karena nutrisi ini adalah makanan utama bagi otot Anda.

Bagaimana, apakah Anda masih ingin membentuk otot dengan cepat? Maka sebaiknya Anda lakukan tiga hal utama di atas untuk mewujudkannya.

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes