fitnes malam hari

Ingin Fitnes Malam Hari? Pertimbangkan Hal Ini Lebih Dulu

Apakah Anda berniat untuk fitnes malam hari? Apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum melakukannya? Artikel kali ini akan menjelaskannya untuk Anda dan bagaimana cara terbaik melakukannya.

Malam hari mungkin saat yang tepat bagi Anda untuk ‘mengucurkan’ keringat di gym.

Terlebih bila Anda memiliki kesibukan yang luar biasa dari pagi sampai sore hari.

Apabila tubuh Anda siap untuk fitnes malam hari atau mata Anda tidak mengantuk, maka lakukanlah.

Lalu apa untungnya fitnes malam hari bagi pertumbuhan otot? Atau apa akan mempengaruhi waktu tidur bila berlatih malam?

Berikut ini ada beberapa rekomendasi terbaik untuk Anda bila memang menyediakan waktu latihan hanya pada saat matahari tenggelam.

Kapan Saat yang Tepat untuk Fitnes Malam Hari?

fitnes malam hari

Sebenarnya, kapan waktunya tergantung pada individu itu sendiri.

Beberapa dari Anda mungkin sengaja menghindari latihan malam hari 3-4 jam sebelum waktu tidur.

Hal ini dikarenakan mungkin dengan latihan yang mepet bisa membuat mereka terjaga, semalaman sehingga justru mengganggu istirahat malam.

Sementara beberapa dari Anda yang lain mungkin merasa bahwa latihan malam hari bisa membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

Bagaimana dengan Anda?

Meskipun Anda telah memilih waktu tertentu pada malam hari untuk latihan, tapi bila kondisi tubuh Anda sudah waspada (bangun) selama lebih dari 17 jam sehari, maka performa latihan Anda akan terganggu.

Yang paling penting disini adalah total waktu tidur dan bangun Anda.

Pada dasarnya, latihan akan meningkatkan suhu tubuh, menambah adrenalin, serta meningkatkan detak jantung Anda.

Namun, ada penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, berlatih kapan saja akan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Latihan yang dapat meningkatkan kualitas tidur juga diamini oleh Adam Perlman, seorang ahli Integrasi Kesehatan dan Kesejahteraan (Integrative Health and Wellbeing) dari Duke University. Menurutnya, olahraga itu dapat membantu orang untuk tidur lebih baik (berkualitas).

Jadi, tambah Adam, sebaiknya Anda melakukan riset pada tubuh Anda dengan melakukan latihan 1-2 jam sebelum waktu tidur. Bagaimana efeknya pada tubuh dan tidur Anda. Ini bisa menjadi patokan kapan saat yang tepat bagi Anda untuk fitnes malam hari.

Olahraga yang Cocok di Malam Hari

fitnes malam hari

Beberapa ahli mengatakan bahwa bila Anda memilih latihan berbasis kardio (HIIT misalnya), maka Anda butuh waktu banyak untuk beristirahat setelahnya.

Hal itu dikarenakan adanya peningkatan kadar hormon endorfin yang bisa membuat sulit tidur.

Cara mengatasinya adalah pertimbangkan minimal dua jam waktu istirahat setelah latihan dan sebelum berangkat tidur.

Tapi bila Anda berlatih angkat beban (resistance training), Anda bisa memperpendek waktu istirahat tersebut.

Hal ini dikarenakan ketika Anda melakukan latihan kekuatan atau angkat beban, akan membuat kelelahan pada otot.

Pada akhirnya, kelelahan tersebut akan membuat tubuh Anda merasa lelah dan siap untuk pergi tidur, bahkan mungkin kurang dari satu jam setelah latihan.

Ada yang mengalami hal ini?

Dukung Fitnes Malam Hari dengan Makanan yang Tepat

fitnes malam hari

Bila memang berniat untuk latihan saat gelam, maka Anda harus memperhatikan makanan setelah fitnes malam hari.

Bukan hanya setelahnya, melainkan juga sebelum pergi berlatih juga wajib untuk perhatikan asupan nutrisi Anda.
Yang paling wajib dipenuhi adalah makanan tersebut mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik dari real food.

Akan tetapi, makanan tersebut tetaplah makanan ringan.

Hindari konsumsi makanan yang berat saat malam hari. Bisa diganti dengan sepotong ikan salmon dan brokoli, satu mangkuk sayuran kaya protein, atau yogurt dengan buah segar.

Jumlah dan rasio nutrisi bervariasi pada setiap individu, akan tetapi banyak yang merekomendasikan adalah rasio 3:1 karbohidrat terhadap protein.

Makan selama 30 menit setelah latihan untuk mengisi tenaga kembali dan memulai pemulihan otot. Setelah makan, biarkan tubuh tetap terjaga selama 45-60 menit agar tubuh mencerna makanan sebelum Anda tidur.

‘Bukankah itu Bisa Menambah Berat Badan?’

Mitos yang paling sering ditemui dalam tema olahraga malam hari untuk diet, adalah makan di malam hari akan membuat Anda gemuk.

Padahal, ada studi yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institute of Health tahun 2011 lalu, yang mengatakan bahwa orang yang makan malam hari justru berat badannya berkurang.

Ada banyak kekhawatiran perihal makan saat malam hari, tentu kekhawatiran tersebut adalah pada penambahan berat badan.

Yang paling penting adalah kualitas dan kuantitas makanan yang diasup, bukan pada saat timing makannya.

Jadi, Apakah Memang Disarankan untuk Fitnes Malam Hari?

Hal ini kembali tergantung pada masing-masing individu.

Bila tubuh Anda merasa lelah karena seharian beraktivitas (pekerjaan), lebih penting untuk melewatkan fitnes malam hari dan lebih baik segera beristirahat.

Tapi bila tubuh Anda merasa siap untuk berlatih, kenapa tidak?

Fitnes malam hari memang tergantung pada setiap individu. Namun bila Anda memilih untuk latihan malam hari, maka sebaiknya Anda masih memiliki waktu tidur minimal enam jam.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes