gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan

Gerakan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Efektif

Olahraga dan diet adalah cara terbaik untuk memangkas kadar lemak berlebih di dalam tubuh yang semakin mengganggu. Namun, gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan seperti apa yang paling efektif?

Pertanyaan seperti ini sangat sering dilontarkan bagi mereka yang memang memiliki masalah berat badan berlebih.

Ketika Anda berniat ingin menurunkan berat badan, latihan di gym mungkin akan menjadi aktivitas Anda sehari-hari.

Namun apabila Anda baru mengenal fitnes, mungkin Anda akan bertanya-tanya latihan mana yang terbaik untuk membakar lemak, latihan beban atau kardio.

Jawabannya adalah kombinasi keduanya. Ya, menggabungkan latihan beban dan latihan kardio adalah cara efektif untuk membakar lemak. Selain membantu menurunkan berat badan, pastinya juga akan membantu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sesuai dengan yang Anda inginkan.

Latihan beban yang singkat dan intensitas tinggi, tidak tergantung pada pasokan oksigen Anda untuk menyuplai energi. Sementara latihan kardio mengharuskan pasokan oksigen Anda terpenuhi untuk menghasilkan energi.

Intensitas latihan juga berperan penting untuk membantu pembakaran lemak tubuh Anda. Misalnya, jika Anda mempersingkat waktu istirahat tiap setnya maka intensitas latihan Anda akan meningkat dan memaksa tubuh Anda melakukan latihan lebih sering.

So, agar latihan Anda semakin intens, usahakan istirahat tiap set yang Anda lakukan tidak melebihi dari 90 detik.

Angkat Beban, Gerakan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan yang Sempurna

gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan

Olahraga yang direkomendasikan jika ingin menurunkan berat badan adalah angkat beban. Mengapa?

Latihan beban memang dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh Anda. Usahakan latihan beban sebanyak 4-5 kali dalam seminggu. Ada beragam metode latihan beban yang dianjurkan. Berikut beberapa diantaranya;

#Dropset

Metode ini adalah metode yang cukup populer dalam latihan beban. Intinya, latihan ini adalah menurunkan berat beban namun menambah jumlah angkatan. Ini adalah cara fantastis untuk meningkatkan distribusi oksigen melalui otot dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh Anda.

Misalnya Anda biasa melakukan bicep curl dengan berat dumbbell 15 kilogram sebanyak 4 set. Setelah failure di set ke empat tersebut, ambil dumbbell yang lebih ringan (10 kilogram misalnya), kemudian lakukan repetisi lagi hingga failure.

#Superset

Salah satu teknik lain yang tak kalah populer untuk membakar lemak adalah super set. Yaitu, Anda melakukan gerakan latihan, dan kemudian mengubah latihan lain dengan segera. Anda.

Ketika melakukan superset, maka tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak oksigen.

Misalnya, Anda melakukan latihan standing barbell bicep curl. Setelah menyelesaikan jumlah set pada gerakan tersebut, Anda segera beralih ke gerakan dips untuk melatih trisep.

Latihan Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan

Pastinya Anda sudah familiar dengan istilah ini.

Ya, latihan kardio merupakan latihan dengan gerakan yang membuat jantung berdetak lebih cepat guna meningkatkan sirkulasi darah. Dan latihan ini adalah salah satu gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan yang cukup efektif.

#High Intensity Interval Training (HIIT)

Teknik latihan kardio ini merupakan latihan yang keras dan intens. Tentunya kondisi tubuh Anda harus pada keadaan prima jika ingin melakukannya. Latihan ini adalah latihan sprint dalam beberapa waktu, kemudian dilanjutkan dengan intensitas yang lebih lambat. Dan ini dilakukan dalam 10-20 menit.

Waktu istirahat sendiri bervariasi antara 20 detik sampai 2 menit tergantung pada tingkat kebugaran Anda.

Melakukan HIIT memungkinkan Anda untuk menjaga heart rate (detak jantung) Anda tetap tinggi selama latihan serta membantu untuk menjaga otot sambil bakar lemak karena intensitas tinggi dapat mengaktifkan banyak serat otot.

Misalnya, mulai dengan sprint selama 30 detik, kemudian dilanjutkan dengan jogging kecepatan sedang selama 60 detik. Istirahat hingga Anda merasa mampu untuk melakukan sprint, ulangi lagi.

#Low Intensity Steady State Cardio (LISS)

Latihan kardio metode ini adalah latihan kardio alternatif bagi Anda yang ingin membakar lemak tubuh berlebih dengan durasi yang lebih panjang namun intensitas sedang.

Meskipun efektif membakar lemak, tidak seperti HIIT, LISS dikenal hanya dapat menjaga otot karena intensitasnya yang rendah tidak mengaktifkan banyak serat otot.

Perhatikan Ini Sebelum Anda Olahraga

gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan

Baik latihan beban maupun latihan kardio, atau dengan menggabungkan kedua latihan tersebut, maka pastikan kondisi tubuh Anda terslebih dahulu. Sebelum menjajal latihan dengan intensitas tinggi, tubuh Anda sebaiknya pada kondisi yang prima.

Selain itu, tubuh Anda juga harus terasupi nutrisi dengan baik sebagai bahan bakar (energi) saat melakukan gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, latihan dengan intensitas tinggi juga membutuhkan energi yang tinggi pula. Dengan suplementasi Ultra Ripped Fast Acting Formula, tubuh Anda akan dapat energi dan membantu meningkatkan pembakaran lemak tubuh.

MEMBANTU BAKAR LEMAK BERLEBIH DAN MENAMBAH TENAGA

  • Membakar Lemak Berlebih
  • Menambah Energi & Stamina
  • Meningkatkan Metabolisme
  • Menekan Nafsu Makan

Pangkas lemak tubuh berlebih Anda dengan lebih efektif sekarang juga! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes