9 Hal yang Bikin Waktu Anda Terbuang di Gym

Tidak dapat dipungkiri bahwa latihan di gym adalah kebiasaan yang baik. Semua percaya itu. Tetapi tidak sedikit pula yang terlihat rajin datang ke gym, ketika sampai di sana mereka hanya buang-buang waktu dan malah mengabaikan tujuan utama datang ke gym.

9-Hal-yang-Bikin-Waktu-Anda-Terbuang-di-Gym

Sadar atau tidak, ada beberapa kebiasaan yang ternyata membuat waktu Anda terbuang di gym. Bisa jadi target yang ingin Anda raih pun akan sirna jika Anda tetap melakukannya. Nah, apa saja kebiasaan yang membuat waktu Anda banyak terbuang di gym. Berikut 9 di antaranya:

Pemanasan terlalu Lama

Pemanasan memang dianjurkan sebelum latihan. Tapi sebaiknya tidak terlalu lama. Banyak orang melakukan pemanasan lebih dari 20 menit. Ini cukup memakan waktu, bahkan bisa-bisa Anda kehabisan energi untuk latihan utama. Sebaiknya lakukan pemanasan maksimal 10 menit agar waktu Anda lebih efisien dan cadangan energi Anda masih terjaga untuk latihan utama.

Dandan sebelum Latihan

Anda pasti sepakat jika setiap orang wajib berpenampilan menarik dimanapun berada, termasuk di gym. Tetapi tidak semua orang bisa menyesuaikan dandanan mereka. Ada yang menghabiskan waktu berjam-jam di toilet gym hanya untuk membuat alis, memakai lipstik dan make up lain yang berlebihan. Ingat, Anda tidak sedang pergi ke undangan pernikahan. Jadi sebaiknya berdandanlah dalam batas normal, karena Anda sedang berada di gym untuk latihan. Jangan habiskan waktu Anda hanya untuk dandan berlebihan di gym.

Banyak Ngobrol

Datang ke gym rame-rame dengan teman satu grup memang menyenangkan. Apalagi jika Anda tidak menguasai teknik latihan tertentu, maka rasa minder tersebut bisa sedikit berkurang. Selain lebih bersemangat, latihan berkelompok membuat suasana menjadi lebih seru. Namun biasanya, semakin banyak teman yang datang, maka semakin besar pula peluang Anda tidak melakukan latihan dengan maksimal. Keinginan untuk ngobrol di pinggir ruangan dan meng-upload foto-foto ‘selfie‘ di gym biasanya lebih asik ketimbang latihan.

Istirahat terlalu Lama

Penting untuk beristirahat selama beberapa menit pada peralihan/pergantian set. Tetapi jangan terlalu lama. Anda harus memotivasi diri untuk selalu konsisten melakukan latihan untuk mencapai hasil latihan maksimal.

Latihan tanpa Perencanaan

Banyak orang datang ke gym tanpa membawa susunan program latihan yang sesuai untuk mencapai goalnya. Akibatnya mereka tidak fokus dalam menjalankan latihan. Dan ada pula yang merasa telah mencapai target sehingga hanya melakukan latihan seadanya dan sesuka hatinya saja. Ini juga membuang waktu Anda.

Bersantai di Spa dan Sauna

Spa dan sauna harusnya dihitung sebagai pendinginan setelah latihan. Tetapi banyak orang justru memasukkannya sebagai rutinitas awal dan menomorduakan latihan. Tidak sedikit pula yang datang ke gym hanya untuk bersantai menikmati fasilitas ini tanpa latihan. Memang tidak dilarang, tapi sekali lagi masalah etika adalah yang paling utama di manapun kita latihan.

Mengantri di Satu Alat Latihan

Pada saat gym sedang ramai, hampir semua peralatan digunakan, dan Anda pun harus menunggu giliran. Daripada menunggu dan membuang banyak waktu,sebaiknya Anda lihat ke sekeliling ruangan, apakah ada latihan serupa yang dapat dilakukan sebagai gantinya. Jika tidak ada, Anda bisa melakukan bodyweight training sambil menunggu mereka selesai menggunakan alat tersebut.

Melihat Kelas Lain

Ini adalah salah satu pembuang waktu terbesar dari yang lainnya. Banyak orang tidak benar-benar berlatih, tetapi hanya ingin ‘cuci mata’ melihat para wanita berlatih aerobik di ruangan sebelah. Jika Anda tidak benar-benar tertarik dengan latihan aerobik, sebaiknya Anda fokus pada latihan Anda. Jangan membuat para wanita yang sedang berlatih merasa tidak nyaman dengan tatapan Anda. Sekali lagi, benahi etika saat nge gym.

Sibuk SMS & Telepon

Terkadang ketika belum sempat menyelesaikan satu set latihan, gadget di kantong Anda berbunyi dan Anda pun bergegas meresponnya. Anda pun larut dalam asiknya ber-chatting ria, senyum-senyum sendiri dan bermain dengan jari-jemari Anda di atas keypad. Bahkan Anda belum menyelesaikan satu set pun dari latihan Anda. Jika bukan urusan yang sangat mendesak, sebaiknya Anda matikan hape dan gadget Anda untuk sementara waktu agar tidak mengganggu waktu Anda dan member yang lain.

Coba renungkan, berapa hal dari 9 hal di atas yang pernah Anda lakukan? Sekarang Anda sudah mengetahui 9 penyebab waktu terbuang di gym, ini saatnya untuk mengevaluasi latihan Anda. (dan)

BACA JUGA : Peregangan Setelah Latihan Ternyata Penting lho

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes