membentuk otot baru

8 Tips untuk Membentuk Otot Baru

Mungkin beberapa di antara fitnes mania masih ada pertanyaan kenapa sulit membentuk otot baru. Berikut 8 tips untuk membantu Anda.

Anda masih asing atau mungkin pernah mendengar istilah memori otot?

Maksudnya adalah setelah Anda melatih atau memberi stress pada otot Anda dengan benar, mereka akan mudah tumbuh kembali setelah fase cutting, atau bisa juga beristirahat panjang tergantung keadaan tubuh Anda.

Otot bisa dikatakan “cerdas”. Apabila massa otot Anda sudah sampai ke tingkat tertentu, sangat sulit untuk meningkatkannya atau membangun otot lainnya.

Ketika Anda sudah mempunyai otot yang bagus dan mencoba untuk meningkatkan atau membangun otot yang baru, itu akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda.

Jika ingin meningkatkan massa otot dan membentuk otot baru, memahami bagaimana otot Anda “berpikir” adalah cara yang cukup tepat untuk Anda lakukan.

Banyak orang yang hanya berlatih saja bahkan tanpa program yang tepat dalam membangun ototnya. Selain itu mereka tidak mengetahui karakter ataupun bagaimana otot mereka bisa menjadi lebih besar.

So, ini adalah 8 tips untuk membentuk otot baru.

Setelah Anda memahami tips untuk membentuk otot baru ini dan menggabungkannya ke dalam program latihan, Anda akan melihat hasil yang memuaskan.

1. Lakukan Perubahan Kecil untuk Membentuk Otot Baru

membentuk otot baru

Tidak peduli seberapa efektif gaya latihan, tubuh Anda beradaptasi dengan cepat dan berhenti berkembang jika sudah beradaptasi.

Bahkan repetisi negatif yang dapat memacu perkembangan dengan menyebabkan banyak ‘kerusakan’ serat otot, dapat dengan cepat menjadi tidak efektif setelah hanya beberapa latihan berturut-turut.

Apa selanjutnya yang akan terjadi?

Ketika Anda melakukan latihan yang sama berulang-ulang otot akan beradaptasi dengan latihan tersebut, dan akhirnya akan berhenti berkembang.

Banyak orang berpikir mereka “berhasil” jika mereka dapat menambah satu repetisi dengan berat yang sama, atau mengangkat lebih berat dari yang mereka lakukan sebelumnya.

Tapi kalau itu satu-satunya cara yang Anda gunakan, itu KURANG EFISIEN.

Sesuatu perlu Anda ubah dari setiap sesi latihan dengan sesi latihan berikutnya.

Antara lain rentang repetisi, waktu ketika otot diberi ketegangan, beban yang Anda angkat, waktu istirahat, melatih bagian yang sama tapi dengan latihan yang berbeda, dan durasi istirahat antar set.

BACA JUGA: Tingkatkan Efisiensi Latihan Anda dengan Perhatikan Tips Ini!

2. Membentuk Otot Baru dengan Istirahat

membentuk otot baru

Karena ingin segera miliki tubuh berotot, maka Anda serius latihan tanpa henti.

Memang, cara tepat untuk membentuk otot baru adalah dengan memberi stres (tekanan) pada otot itu sendiri. Yakni dengan latihan.

Namun, apakah juga harus dilakukan setiap hari dan setiap saat? TIDAK PERLU.

Jangan lupa untuk selalu beri waktu istirahat bagi otot Anda agar pulih dan berkembang.

Aturan ini mungkin tampak bertentangan dengan yang sebelumnya, tapi itu perlu. Anda harus memberikan stress pada jaringan otot untuk memicu perkembangan, tapi kemudian Anda harus menyembuhkan.

Proses penyembuhan itulah yang pada akhirnya menciptakan perkembangan otot Anda.

Jangan sampai Anda memaksakan diri dengan berlatih setiap hari. Anda harus mempunyai fase pemulihan dalam latihan Anda. Jika tidak, Anda tidak akan pernah memaksimalkan pertumbuhan otot.

Satu bagian tubuh jangan sampai diberi stress atau dilatih lebih dari 2-3 kali seminggu, namun bila tiga bagian tubuh, latih kelompok otot tertentu selama lebih dari enam minggu.

Seluruh tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih dari latihan bagian tubuh yang spesifik. Lakukan satu hari istirahat penuh, setidaknya sekali seminggu. Setiap 2-3 bulan, beristirahatlah selama satu minggu.

3. Membentuk Otot Baru dengan Menjaga Pola Makan

membentuk otot baru

Bukan hanya latihan yang jadi kunci utama untuk membentuk otot baru. Yang perlu Anda perhatikan juga adalah POLA MAKAN.

Ya, pola makan yang baik dan tepat akan sangat menunjang program fitnes Anda.

Nutrisi yang tepat adalah salah satu faktor paling penting dalam menambah perkembangan jaringan otot.

Apa yang Anda makan adalah nutrisi untuk tubuh Anda. Ada yang menambahkan 4 kg daging dalam seminggu pada menu makannya untuk langsung menambah protein, tapi itu tidak dianjurkan.

Cukup makan menu yang tepat pada waktu yang tepat, itu kuncinya.

Pasca-latihan adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi protein shake yang mudah dicerna seperti seperti Prostar Whey Protein dari Ultimate Nutrition.

Juga, konsumsi nutrisi sehat yang lain melalui jam makan Anda setiap harinya. Untuk membantu pertumbuhan otot adalah konsumsi sekitar 1,5 sampai 2 gram protein per kg berat badan setiap harinya, jangan sampai Anda lewatkan.

>> 5 Tips Mudah Menjaga Berat Badan Selama Liburan <<

4. Big Move!

membentuk otot baru

Bisa dikatakan jaringan otot itu cerdas.

Otot ini seperti dapat mengidentifikasi dengan cepat apa yang akan Anda lakukan padanya.

Anda dapat mengubah hal-hal kecil, setiap harinya sambil memikirkan perubahan tapi setelah sekitar 6-8 minggu, otot akan mengetahuinya. Jika otot sudah mulai nyaman beradaptasi, perkembangan otot Anda tidak maksimal.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk membuat perubahan yang signifikan dalam program pelatihan Anda setiap 6-8 minggu atau lebih.

Memang sulit, karena Anda harus mengubah pola latihan Anda dan benar-benar belajar hal-hal baru, tapi itu adalah cara terbaik.

Dari latihan untuk membentuk otot berpindahlah ke latihan untuk membangun kekuatan, memadatkan otot, atau melakukan cross-training, intinya program latihan yang berbeda dengan sebelumnya. Dan pastikan untuk mengubah program latihan tersebut setiap 6-8 minggu atau lebih.

5. Tidak Langsung Latihan Angkat Beban

membentuk otot baru

Latihan beban adalah cara efektif untuk memangkas lemak serta menambah massa otot tubuh Anda.

Namun, salah satu cara untuk mendorong pertumbuhan otot adalah dengan tidak memaksakan otot-otot Anda untuk terlalu banyak mendapatkan stress.

Anda bisa melakukan latihan bebas beban (free weight) atau bodyweight seperti squat, plank, atau latihan kardio sebagai yang hal pertama Anda lakukan ketika latihan.

Tidak hanya harus angkat beban, Anda juga harus menjaga stabilitas otot Anda, jangan terlalu memaksakan untuk terus angkat beban.

Dengan latihan bebas beban, Anda menjaga stabilitas otot Anda, dapat membantu menjaga sendi kuat, dan membantu mencegah kerusakan tendon dan ligamen.

Ketika Anda berlatih dengan alat atau mesin untuk angkat beban, Anda kehilangan banyak komponen stabilisasi ini.

Setelah melakukan pemanasan, Anda mulai latihan dengan latihan tanpa beban. Ini adalah pekerjaan yang paling penting yang akan Anda lakukan.

Latihan beban dengan mesin bisa dilakukan sesudahnya untuk menambahkan beberapa volume dan meraih tujuan tertentu.

6. Perbaiki Postur untuk Membentuk Otot Baru

membentuk otot baru

Selain otot ada juga yang disebut tendon dan ligamen.

Tendon Anda harus sehat jika Anda ingin memberikan stres yang tepat untuk jaringan otot.

Jika Anda membangun otot dengan ceroboh dan asal-asalan, dampaknya akan tidak baik dan akan menyakitkan bagi otot.

Tujuan Anda adalah menciptakan stres untuk jaringan otot Anda, lalu dapat diperbaiki atau tumbuh dalam satu atau dua hari.

Bukan untuk menyebabkan begitu banyak kerusakan hingga Anda terluka atau cedera.

Ketika Anda melakukan gerakan bebas beban dengan tepat seperti squat atau plank, Anda memperkuat struktur pendukung penting,lainnya daripada merusak otot.

Jadi sikap tubuh Anda sebelum melakukan squat, plank ataupun gerakan bebas beban yang lain harus tepat.

Hal itu dapat membantu pertumbuhan otot yang lebih besar. Jika sikap tubuh Anda belum tepat, perbaiki dengan mendengar saran trainer atau teman Anda yang lebih berpengalaman.

7. Semakin Banyak Otot, Semakin Sulit Menambahkannya

membentuk otot baru

Otot akan tumbuh lebih lambat, jauh lebih lambat dari yang Anda mungkin inginkan ketika banyak otot yang telah Anda bangun.

Dan yang harus Anda ketahui, setelah Anda menambahkan jaringan otot, itu menjadi lebih menantang ke depannya.

Kesabaran dan tetap disiplin menjadi kuncinya. Terus pergi ke gym dan lakukan rutinitas yang menantang Anda.

Ketika Anda mulai bersemangat, terkadang saat itulah cedera akan menghampiri Anda. Tetapi, Anda dapat menghindari cedera dengan latihan dan melakukan gerakan yang benar dan tepat.

8. Membentuk Otot Baru Juga Menjaga Kesehatan

membentuk otot baru

Membangun ataupun membentuk otot baru juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Bukan hanya itu, latihan membangun otot atau muscle building juga dapat menjaga kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan, meningkatnya massa otot dalam tubuh mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Jaringan otot dapat meningkat metabolisme Anda, membantu tubuh Anda mencegah penyimpanan lemak yang berlebih.
Selain itu, bertambahnya massa otot juga membantu tubuh Anda membangun kekebalan tubuh yang lebih baik. Ini artinya, risiko terkena penyakit juga akan semakin turun.

Untuk orang-orang paruh baya, massa otot yang lebih banyak dapat meningkatkan usia harapan hidup.

So, muscle-building juga merupakan suatu hal yang positif untuk menjaga kesehatan Anda. Sudah siap untuk memiliki otot yang baru?

BACA JUGA: TIPS FITNES PEMULA, HINDARI 6 MITOS INI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes