latihan lengan paling efektif

5 Latihan Tricep Paling Efektif Biar Lengan Anda Seperti The Rock

Latihan tricep paling efektif? Sebenarnya ada banyak.

Namun bagaimana dampaknya kepada lengan Anda, itulah yang masih tergantung bagaimana Anda melakukannya.

Karena masih tidak sedikit yang ketika mereka ingin membentuk lengan yang besar, fokus mereka lebih kepada bicep, bukan tricep.

Kenapa? Karena bicep-lah yang selama ini lebih sering dipertontonkan oleh banyak orang.

Padahal, untuk membentuk lengan yang kekar berotot, maka Anda juga harus fokus pada tricep.

Dan yang penting untuk diketahui, 66% lengan Anda terdiri dari tricep, sementara bicep adalah sisanya.

Sesuai dengan namanya, tricep terdiri dari tiga otot head.

Untuk membuat tricep tampak kuat dan mengagumkan, maka pilihlah latihan tricep paling efektif yang dapat menargetkan ketiga otot head.

Latihan Tricep Paling Efektif untuk Masih-masing Head

latihan tricep paling efektif 1

Maksudnya adalah anatomi dari otot tricep.

Otot tricep terdiri dari tiga head (kepala), yaitu long head, medial head, dan lateral head (triceps brachi). Sangat penting untuk menyertakan latihan yang menargetkan masing-masing head.

Ketika memperpanjang dan meluruskan lengan dilakukan oleh lateral dan medial head.

Sementara long head berperan untuk pergerakan yang melibatkan lat (otot punggung).

Ada beberapa latihan tricep paling efektif untuk membantu mengisolasi lengan Anda. Berikut lima diantaranya.

1. Close Grip Bench Press

Latihan tricep paling efektif

  • Mulai dengan tidur di flat bench press
  • Kedua telapak kaki menapak di lantai, sementara posisi punggung lurus di bangku
  • Posisi kedua tangan memegang bar dengan jarak dekat (rapat)
  • Turunkan barbel secara perlahan. Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban

2. Skull Crusher

Latihan tricep paling efektif

  • Masih menggunakan flat bench press untuk melakukan gerakan ini, gerakan awal juga sama
  • Yang membedakan adalah posisi tangan yang menapak bar dengan jarak selebar bahu
  • Turunkan beban mendekati dahi hingga forearm sejajar dengan bench
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat angkat beban
  • Lebih disarankan menggunakan EZ bar karena memberikan dampak yang baik pada long head tricep Anda

3. Pulley Pushdown/Rope Press Down

Latihan tricep paling efektif

  • Menggunakan cable rope, posisi berdiri dengan kedua tangan memegang cable
  • Telapak tangan menghadap ke bawah saat memegang rope
  • Turunkan beban secara perlahan, kemudian naikkan beban hingga membentuk sudut siku 90 derajat
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi

4. Overhead Extension

Latihan tricep paling efektif

  • Bisa dimulai dengan posisi duduk di bench atau berdiri
  • Posisi punggung tegak dan tangan kanan memegang dumbbell
  • Lengan lurus ke atas dengan sikut ditekuk ketika menurunkan beban sehingga ujung siku menghadap ke atas
  • Angkat beban tanpa mengubah posisi siku dan punggung
  • Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat mengangkatnya

5. Bench Dips

Latihan tricep paling efektif

  • Latihan ini menggunakan bantuan bench atau bangku dan pegang dengan kedua tangan yang mengarah ke belakang
  • Telapak tangan menghadap ke bench
  • Posisi kaki berada di bench yang lain
  • Kemudian turunkan tubuh dengan menekuk siku Anda, lalu angkat kembali

Itulah beberapa latihan tricep paling efektif untuk membentuk otot tricep Anda lebih besar. Sudah siap miliki tricep segarang The Rock? Let’s do it.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes