Taurin untuk Performa Mental dan Atletik yang Optimal

Taurin, Anda mungkin sering mendengar istilah yang satu ini. Sekarang ini banyak suplemen, minuman berenergi hingga susu formula untuk anak diklaim diperkaya dengan taurin. Sebenarnya apa itu taurin dan apa manfaatnya bagi kesehatan?

Taurin-untuk-Performa-Mental-dan-Atletik-yang-Optimal

Taurin adalah asam amino yang dapat ditemukan di dalam jantung dan otak dalam jumlah besar. Taurin juga dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan seperti daging dan ikan. Taurin juga terkandung pada beberapa jenis minuman energi dan suplemen yang digunakan untuk mendukung kegiatan olahraga.

Manfaat Taurin

Meskipun asam amino sangat dibutuhkan untuk membangun protein, tetapi taurin tidak membantu proses pembentukan dan pembangunan otot karena taurin tidak memiliki hubungan dengan asam amino lain maupun blok pembangun protein.

Taurin dapat berfungsi sebagai antioksidan. Tentu Anda sudah tahu mengenai manfaat antioksidan sebagai pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh reaksi kimia tertentu yang melibatkan oksigen (oksidasi). Beberapa ahli dan penelitian juga menyebutkan bahwa taurin dapat membantu meningkatkan kinerja mental dan atletik.

Taurin Untuk Meningkatkan Performa Mental

Seiring dengan proses penuaan, tingkat konsentrasi taurin di otak akan menurun secara perlahan. Tingkat taurin yang tinggi dalam tubuh akan membuat memori dan fungsi mental Anda menjadi lebih baik. Studi ilmiah menemukan bahwa taurin dapat meningkatkan level kewaspadaan dan penalaran verbal.

Taurin Untuk Meningkatkan Performa Atletik

Para peneliti di Jepang melakukan sebuah studi pada tahun 2003, meneliti 11 laki-laki berusia 18 sampai 20, yang diperintahkan untuk melakukan latihan sepeda sampai energi mereka habis. Kemudian para responden tersebut diberikan suplemen taurin selama tujuh hari (setiap kali, sebelum latihan mereka). Hasilnya? Terdapat peningkatan signifikan dalam VO2 max (kapasitas maksimum tubuh manusia untuk mengangkut dan menggunakan oksigen) dan jangka waktu kelelahan latihan semakin berkurang.

Taurin memang terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sehingga membantu kita dalam meningkatkan performa mental maupun atletik. Namun, Anda tetap harus bijak dalam mengonsumsi taurin untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

BACA JUGA : Tingkatkan Kemampuan Atletik Tubuh Anda dengan Creatine

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes