supplement fitnes

Suplemen Fitnes untuk Performa Latihan yang Maksimal

Suplemen fitnes apa saja yang dapat membantu tingkatkan performa saat latihan di gym? Temukan jawabannya hanya dalam artikel ini.

Banyak orang yang selalu menggenjot latihan mereka untuk dapatkan berat tubuh yang ideal.

Tapi tak jarang mereka sering tidak berhasil melakukannya.

Saat latihan yang Anda lakukan sudah tepat, mungkin yang harus Anda perhatikan adalah suplementasi bagi tubuh Anda.

Bagi Anda pencinta fitnes mungkin sering bingung bagaimana memilih suplemen yang cocok sebelum latihan dan sesudahnya terutama saat latihan kardio maupun latihan beban.

Penelitian terbaru yang dilansir oleh muscleandfitness.com membuktikan bahwa konsumsi suplemen yang tepat sebelum dan sesudah latihan akan membuka kesempatan yang lebih luas untuk meningkatkan hasil latihan, tak terkecuali jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Setiap suplemen fitnes memiliki aturan penggunaan, jadi jangan khawatir dengan dosis dan waktunya karena semua sudah melewati prosedur kesehatan.

Untuk memaksimalkan hasil dari latihan kardio dan beban Anda, ada beberapa tips bagaimana, kapan, dan apa saja suplemen yang sebaiknya Anda konsumsi.

Suplemen Fitnes yang Tepat Sebelum Latihan Kardio

suplemen fitnes

Sekitar setengah jam sampai satu jam sebelum Anda memulai sesi latihan kardio, pastikan Anda sudah mendapatkan 200-300 mg kafein dan 500 mg sampai 1 gram L-Carnitine.

Kafein berfungsi sebagai stimulan sistem pusat saraf untuk menahan kantuk dan mengembalikan kewaspadaan. Kafein merupakan bahan psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Kafein telah diteliti mampu untuk meningkatkan kinerja aerobik, mengurangi kelelahan, merangsang aktivitas mental, menginduksi lipolisis (pelepasan lemak dari sel lemak), dan membantu memprioritaskan lemak sebagai sumber energi selama latihan. Bahan ini juga terbukti bisa mengurangi nyeri otot selama latihan.

Kandungan L-Carnitine juga dapat membantu transportasi lemak ke dalam mitokondria sel dan mengubahnya menjadi bahan bakar dalam tubuh. Anda bisa menemukan dua kandungan super ini dalam Java Prime Coffee.

Setelah itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen fitnes asam amino menjelang melakukan latihan kardio.

Hal ini bisa dijadikan panduan jika Anda berlatih selama kurang dari satu jam dan tujuan Anda adalah membakar lemak.

Jika ingin meningkatkan performa latihan yang lebih, maka Anda perlu beberapa tambahan karbohidrat.

Penelitian dari Jepang juga membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi campuran asam amino mereka bisa lebih banyak membakar lemak saat latihan dan aktivitas menjadi terasa lebih mudah dilakukan.

Mengonsumsi amino juga akan membantu mencegah pecahnya jaringan otot.

Suplemen Fitnes Sempurna Setelah Latihan Kardio

suplemen fitnes

Ketika latihan kardio Anda sudah selesai, inilah saatnya untuk mengisi serat-serat otot Anda yang lelah.

Konsumsilah minimal 20 g whey protein, 40 g karbohidrat serta 5 g creatine untuk membantu memulihkan serat otot.

Dan jika Anda melakukan latihan kardio secara terpisah dari latihan beban, maka konsumsilah creatine untuk membuat otot Anda semakin prima.

Yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya pergunakan latihan kardio sebagai pemanasan. Jangan melakukan latihan kardio terlalu lama dengan intensitas yang sedang.

Cara cermat untuk berlatih kardio adalah berikan sesi khusus untuk melakukan latihan kardio. Akan jauh lebih baik bila Anda lakukan dengan metode HIIT (high intensity interval training) atau circuit training (CT).

Satu Jam Sebelum Latihan Angkat Beban

suplemen fitnes

Ambillah kira-kira 3-5 gram suplemen yang mengandung arginine dan glutamine.

Suplemen yang mengandung arginine menjadi suplemen yang wajib dikonsumsi sebelum latihan ini. Penelitian mengungkapkan bahwa suplemen yang mengandung arginine dapat meningkatkan aliran darah ke dalam serat-serat otot.

Artinya, otot Anda akan mendapat suplai darah yang banyak membawa oksigen, glukosa, asam amino, dan hormon anabolik.

Anda juga akan mendapatkan lebih banyak energi saat latihan, dan saat latihan usai otot Anda sudah siap untuk memasuki masa pertumbuhannya.

Kandungan glutamine, seperti yang terdapat dalam suplemen Glutapure, juga akan membuat otot Anda penuh energi dan memproduksi bikarbonat yang dapat membantu mencegah naiknya kadar asam yang biasanya selalu meningkat saat tubuh sering melakukan latihan dan mencegah kelelahan.

Anda bisa mengonsumsi suplemen tersebut saat perut Anda kosong, atau paling tidak 1-2 jam setelah Anda makan.

30 Menit Menjelang Angkat Beban

Suplemen fitnes terbaik lain yang Anda butuhkan adalah suplemen yang mengandung whey protein.

Belum cukup, Anda juga direkomendasikan untuk konsumsi suplemen Creatine Monohydrate untuk meningkatkan ukuran sel otot Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan, saat latihan selesai maka otot kita harus siap untuk tumbuh dan terbentuk, jika tidak maka otot-otot Anda akan rusak.

Whey protein dapat memberikan sumber amino yang dapat cepat terserap oleh otot saat latihan. Makan makanan yang mengandung karbohidrat yang lambat terserap oleh tubuh seperti roti gandum, 2 cangkir oatmeal akan menjadi pasokan karbohidrat untuk membantu menjaga kadar insulin tetap rendah selama latihan dan membantu tubuh membakar lemak selama Anda berisitirahat antar set.

Mengonsumsi Creatine sebelum latihan akan mempercepat pasokan energi otot-otot Anda saat latihan beban.

Kabar baiknya sekarang adalah Anda tidak perlu repot membawa dua suplemen saat akan berangkat ke gym.

Kombinasi whey protein terbaik dan creatine ada di dalam Ultramax Nutrition with Creatine.

Dengan kandungan whey protein dan juga creatine-nya, akan membantu percepat mendapatkan goal fitnes yang Anda idamkan.

Suplemen Fitnes Terbaik Setelah Latihan Beban

suplemen fitnes

Setelah latihan beban Anda selesai, konsumsilah whey protein, karbohidrat yang cepat cerna, serta creatine.

Mengonsumsi karbohidrat yang mudah dicerna akan terserap oleh otot yang lelah dan disimpan sebagai glikogen otot. Karbohidrat ini juga akan membantu mengikat hormone kortisol anabolik yang biasanya menghambat proses pertumbuhan otot.

Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa creatine memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu membatasi kerusakan otot yang disebabkan oleh latihan yang berat dan mampu mempercepat proses pemulihan.

Jadi, sudah siap-kan memilih suplemen fitnes terbaik untuk bantu maksimalkan performa latihan Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes