Perlukah Anda Mengonsumsi Suplemen Fitness?

Seseorang yang gemar melakukan aktivitas kebugaran atau fitness pasti akrab dengan suplemen makanan. Suplemen diproduksi dalam bentuk tablet, kapsul, atau pun cairan agar lebih mudah dikonsumsi.

Perlukah-Anda-Mengonsumsi-Suplemen-Fitness

Suplemen merupakan nutrisi tambahan yang melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh saat tubuh tidak mendapatkannya dari makanan sehari-hari. Dalam fungsinya, suplemen tidak ditujukan sebagai pengganti makanan pokok.

Perlukah Anda Mengonsumsi Suplemen?

Penggunaan suplemen dalam olahraga kebugaran (fitness) sering menjadi perdebatan, terutama di kalangan pemula. Sebagian menganggap tidak perlu, namun sebagian lagi merasa hasil latihannya tidak maksimal tanpa bantuan suplemen. Lantas, perlukah mengonsumsi suplemen dalam fitness?

Dalam beraktivitas sehari-hari, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup sebagai bahan bakar dan proses metabolisme tubuh, baik dari karbohidrat, protein, atau lemak. Pola makan Anda sehari-hari terkadang kurang mencukupi kebutuhan nutrisi penting di atas, terutama zat gizi penting seperti protein.

Di Indonesia pola makan tinggi karbohidrat dan rendah protein masih menjadi budaya yang sulit untuk ditinggalkan. Secara umum, masyarakat kita akan lebih memilih sepiring nasi dengan dua potong tempe daripada sedikit nasi dengan lima potong tempe misalnya.

Padahal dalam olahraga fitness yang bertujuan meningkatkan perkembangan massa otot, pola makan tinggi protein adalah hal wajib yang perlu diterapkan, mengingat sumber pembentukan otot adalah protein. Nah, karena itulah seseorang yang berlatih fitness perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung protein untuk memenuhi kekurangan protein tubuh.

Mengenal Suplemen Kebugaran

Ada berbagai varian suplemen yang saat ini beredar di pasaran. Kebutuhan suplemen untuk masing-masing orang pun akan berbeda tergantung dari tujuan masing-masing. Berikut ini contoh suplemen yang kerap digunakan para fitnessmania untuk mendukung pembentukan tubuhnya.

  • Suplemen Protein
    Ini adalah suplemen yang paling sering dikonsumsi para fitness mania untuk menunjang perkembangan otot mereka. Seperti kita ketahui bahwa ‘makanan’ utama otot adalah protein. Jika otot tidak mendapatkan asupan protein dalam jumlah yang cukup maka perkembangan otot akan sulit terwujud.Secara umum, tubuh kita memerlukan 1 gr protein per kilogram berat badan dalam satu hari. Suplementasi protein ini diperlukan ketika makanan yang kita konsumsi tidak dapat mencukupi kebutuhan protein harian. Itulah sebabnya Anda perlu mengonsumsi protein yang ada pada suplemen fitness.
  • Suplemen Creatine
    Creatine merupakan salah satu suplemen favorit setelah protein, karena kemampuannya dalam meningkatkan ukuran sel otot serta menciptakan tenaga yang eksplosif saat fitness. Creatine juga berperan penting dalam menunjang intensitas latihan yang lebih berat melalui kontraksi otot yang maksimal. Bagi yang senang melakukan latihan beban, suplemen ini wajib Anda konsumsi untuk memaksimalkan pembentukan otot. Anda bisa menemukan solusinya pada produk Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition. Suplemen tersebut berguna meningkatkan ukuran sel otot dan memberi tambahan tenaga serta menunjang intensitas latihan yang lebih tinggi melalui kontraksi otot yang maksimal.
  • Suplemen Glutamine
    Glutamin merupakan asam amino non-esensial (bisa diproduksi oleh tubuh) yang membentuk lebih dari 60 persen jaringan otot rangka. Selain itu, glutamine berguna dalam fase pemulihan setelah latihan dengan mencegah terjadinya cedera otot dan katabolisme otot (penyusutan otot). Jika Anda ingin menghindari risiko cedera otot dan katabolisme otot, maka Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi Glutapure dari Ultimate Nutrition. Selain untuk menghindari kedua risiko tersebut, suplemen ini dapat membantu Anda meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh, serta mencegah overtraining.
  • Suplemen Multivitamin dan Mineral
    Tak hanya suplementasi berbasis protein, suplementasi multivitamin dan mineral juga penting untuk menunjang perkembangan otot. Kandungan multivitamin dalam suplemen ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama latihan dan membantu proses pemulihan pasca latihan.Mineral penting seperti zat besi diperlukan untuk membantu produksi sel darah merah dan transportasi oksigen ke semua sel dalam tubuh, termasuk sel otot. Sedangkan zinc dibutuhkan terutama dalam pembentukan hormon testosteron dalam tubuh. Hormon ini berperan besar bagi pertumbuhan massa otot.

Pilihlah produk suplemen yang sudah memiliki reputasi yang baik dengan kualitas yang baik pula. Jika Anda belum bisa menentukan jenis suplemen yang terbaik untuk mencapai goal Anda, mintalah pendapat dari ahli kesehatan atau personal trainer yang bisa anda percaya.

Suplemen makanan bukanlah pengganti makanan pokok, jadi gunakanlah suplemen makanan dengan bijaksana dan tepat agar tujuan fitness Anda dapat tercapai secara sehat. (dan)

BACA JUGA : Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Membeli Suplemen

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes