Optimalkan Perkembangan Otot dengan BCAA

BCAA (Branched-chain amino acids) atau disebut juga dengan Asam Amino Rantai Cabang, termasuk dalam asam amino esensial karena penting bagi kehidupan dan karena tubuh tidak dapat dengan sendirinya memproduksinya.

Optimalkan-Perkembangan-Otot-dengan-BCAA
BCAA terdiri atas asam amino Leucine, Isoleucine, dan Valine dan membentuk 35-40 % dari asam amino esensial bagi protein tubuh dan kira-kira 15% dari total asam amino dalam otot.

Dalam tubuh manusia, sekitar 20 % dari total asupan protein pada umumnya adalah BCAA yang biasanya diperoleh dari sumber makanan dan minuman, terutama dengan bahan dasar susu. BCAA harus ada dalam kandungan makanan/minuman untuk menjaga jaringan otot dan memiliki peran penting dalam meningkatkan sintesa protein melalui berbagai jalur, serta menambah produksi asam amino lain seperti glutamin.

Manfaat Penting BCAA

BCAA dibutuhkan untuk meningkatkan keseimbangan/balance nitrogen terutama pada metabolisme protein di otot, melindungi penyimpanan energi dan membantu melindungi pemecahan protein tubuh di mana nutrisi ini harus disuplai melalui makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup.

BCAA juga memiliki manfaat lain yang tak kalah hebatnya, seperti:

  1. Pulih Lebih Cepat
    BCAA bertindak seperti molekul-molekul pengirim “sinyal pertumbuhan” yang memerintahkan untuk membangun kembali otot-otot yang rusak setelah latihan berat dan membantu mempercepat proses pemulihan Anda.
  2. Meningkatkan Energi
    Selain meningkatkan energi dengan cara menggunakannya sebagai sumber energi otot secara langsung, BCAA juga meningkatkan energi dengan cara mengurangi jumlah triptofan yang menuju ke otak.Triptofan menghasilkan metabolit berupa serotonin. Selama latihan, serotonin memberi sinyal pada otak bahwa tubuh kelelahan sehingga tubuh pun menurunkan kekuatan otot dan ketahanan.

    Komponen BCAA, yang disebut valine, bersaing dengan triptofan untuk masuk ke otak. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi BCAA sebelum latihan akan menurunkan asam amino triptofan yang masuk ke otak, sehingga mengurangi kelelahan yang Anda alami. Sebagai tambahan, BCAA juga membantu meningkatkan fungsi otak dengan mengurangi kelelahan otak.

  3. Mencegah Penyusutan Otot
    Latihan yang dilakukan selama berjam-jam membuat beberapa orang cenderung mengalami overtraining, yang berisiko pada kerusakan otot. Suplemen BCAA ini direkomendasikan untuk membantu perbaikan otot dan juga pertumbuhan jaringan otot. Konsumsi suplemen BCAA sebelum latihan akan membantu mencegah proses katabolisme otot atau penyusutan otot.
  4. Meningkatkan Kekuatan
    Selain mencegah penyusutan otot, BCAA juga membantu meningkatkan kekuatan dengan merangsang pertumbuhan otot. BCAA merangsang pertumbuhan otot dengan cara merangsang sintesa protein otot dan juga mempengaruhi level hormon anabolik dan katabolik. Salah satu hormon anabolik (pembangun otot) yang ditingkatkan oleh BCAA adalah insulin, sedangkan salah satu hormon katabolik (penyusutan otot) yang diturunkan oleh BCAA adalah kortisol.

Pengaruh suplementasi BCAA sebelum dan setelah latihan pada metabolisme protein otot dan kerusakan otot akibat latihan telah banyak diuji melalui berbagai studi. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa suplemen BCAA oral (77 mg/kg berat badan) sebelum latihan terbukti memberikan peningkatan level BCAA selama latihan dan menekan pemecahan protein otot.

Selain itu, suplementasi asam amino dengan tambahan BCAA juga terbukti mengurangi rasa nyeri otot setelah latihan. Para ahli meyakini bahwa stimulasi sintesis protein oleh leucine dan penekanan pemecahan protein otot pasca latihan oleh BCAA bertanggung jawab atas efek protektif suplementasi BCAA terhadap kerusakan dan nyeri pada otot setelah latihan.

Dengan memastikan asupan BCAA yang cukup dalam tubuh, akan menunda rasa lelah, mencegah terjadinya kerusakan dan mempercepat penyembuhan sel-sel tubuh Anda. BCAA selain didapatkan dari berbagai makanan, juga bisa diperoleh melalui suplementasi. Untuk itu, cukupilah asupan asam amino ini dalam pola makan Anda sehari-hari.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes