Manfaat Hebat Nutrisi Asam Lemak Omega-3!

Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa suplementasi asam lemak omega-3 dianggap dapat membantu masalah kesehatan saraf.

Manfaat Hebat Nutrisi Omega

Seperti yang telah dipublikasikan dalam Journal of Internal Medicine baru-baru ini, para peneliti dari Karolinska Institute, Stockholm, Swedia, berhasil menemukan manfaat lebih dalam mengenai bagaimana asam lemak omega-3 bekerja dalam sistem saraf otak.

Para peneliti juga mengklaim bahwa hasil penelitian mereka bisa memiliki implikasi untuk penggunaan suplemen asam lemak omega-3 sebagai pengobatan penyakit seperti Alzheimer.

“Pada studi sebelumnya menunjukan, bahwa omega-3 asam lemak dapat melindungi seseorang terkena penyakit Alzheimer, hal ini menarik kami untuk mempelajari efek dari suplemen-suplemen makanan yang mengandung asam lemak omega-3 pada pasien yang didiagnosis Alzheimer,” ujar Dr. Yvonne Freund-Levi selaku penulis utama studi ini.

Selain itu, para peneliti juga mengatakan bahwa asam lemak omega-3 secara alami terdapat dalam sistem saraf pada janin selama masa kehamilan.

Isu ini sangat penting untuk penelitian penyakit Alzheimer, karena studi sebelumnya telah menunjukan bahwa pasien pengidap Alzheimer memiliki tingkat asam lemak omega-3 dalam cairan serebrospinal (cairan yang mengelilingi sistem saraf pusat).

Tim peneliti Freud-Levi ini melakukan penelitian selama 6 bulan yang melibatkan 18 pasien pengidap Alzheimer yang mendapatkan suplemen asam lemak omega-3 dan 15 pasien yang menerima plasebo (zat atau obat tidak aktif yang tampak sama dan diberikan dengan cara yang sama seperti obat aktif atau pengobatan yang diuji).

Menurut para peneliti, kelompok pasien yang mendapatkan suplementasi asam lemak omega-3 menunjukan peningkatan dari dua bentuk utama asam lemak omega-3 dalam cairan serebrospinal pada saraf mereka yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), sedangkan kelompok plasebo tidak memiliki perubahan sama sekali.

“Hasil penelitian ini menunjukan bahwa asam lemak omega-3 dalam suplemen diet dapat menjadi penghalang darah-otak,” kata rekan penulis Jan Palmblad.

“Namun masih banyak yang perlu diketahui sebelum kita tahu bagaimana suplemen asam lemak omega-3 ini dapat digunakan dalam pengobatan penyakit Alzheimer untuk menghentikan kehilangan memori saraf otak,” tutup Palmblad seperti yang dilansir dari helath.com beberapa waktu lalu.

Note: Dengan rutin mengonsumsi suplemen asam lemak sehat omega-3 akan membantu menurunkan kadar trigliserida, mengurangi darah yang terlalu kental, serta membantu melindungi kesehatan jantung Anda >> Omega-3 dari Ultimate Nutrition

BACA JUGA : Minum Kopi Sebelum Latihan Bakar Lemak Lebih Banyak?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes