asam amino esensial

Ini Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asam Amino Esensial

Sudah tidak asing bukan dengan asam amino esensial? Apa dan bagaimana jenis asam amino dalam program pembentukan otot yang Anda lakukan? Artikel ini akan membantu sedikit menjelaskan tentang asam amino.

Sebagai fitnes mania, Anda mungkin akan memprioritaskan protein sebagai makronutrisi Anda.

Benar. Protein adalah komponen yang sangat penting dalam apapun program fitnes Anda.

Baik itu ingin membentuk otot (muscle building), penurunan berat badan (fat loss), atau sekadar maintenance body.

Bagaimana dengan asam amino? Bukankah asam amino adalah pembentuk protein?

Ya, asam amino juga sangat penting dalam program Anda, terlebih bila Anda ingin membentuk otot jadi lebih besar dengan cepat.

BCAA atau Branced Chain Amino Acids mungkin menjadi satu diantara sembilan asam amino esensial.

Asam amino esensial ini sangat membantu dalam peningkatan sintesis protein otot.

Sembilan Asam Amino Esensial

asam amino esensial

  • L-Leucine adalah satu dari tiga asam amino dalam BCAA. Asam amino ini terkait dalam proses sintesis protein dan sebagai penggerak mTORC1. Ini adalah asam amino yang mendapat tekanan paling banyak dengan alasan yang tepat.
  • L-Lysine ini adalah asam amino yang terkait dalam pertumbuhan serta perbaikan jaringan otot.
  • L-Valine juga termasuk dalam BCAA. Asam amino ini mempromosikan pertumbuhan otot dan perbaikan jaringan otot.
  • L-Isoleucine adalah salah satu dari tiga pembentuk BCAA. Asam amino ini terkait dalam proses sintesis hemoglobin, mengatur gula darah, dan tingkat energi.
  • L-Threonine terkait dalam proses sintesis protein dalam tubuh.
  • L-Phenylalanine berperan dalam sintesis asam amino. Asam amino ini juga merupakan prekursor untuk beberapa hormon penting seperti dopamine, epinefrin, dan norepinefrin.
  • L-Metionin diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.
  • L-Histidine membantu proses sintesis protein. Asam amino ini dapat bergabung dengan beta alanine untuk membentuk dipeptida carnosine.
  • L-Tryptophan merupakan prekursor untuk serotonin neurotransmitter dan hormon melatonin.

Anda Tidak Akan Bisa Membentuk Otot Tanpa Sintesis Protein

asam amino esensial

Apakah Anda selamanya memahami semuanya? Tidak.

Yang paling penting adalah banyak asam amino esensial terlibat dalam sintesis protein. Selain tiga asam amino di dalam BCAA.

Semua asam amino tersebut memiliki kemampuan untuk mengaktifkan mTORC1 atau mammalian target of rapamycin complex 1.

Bila Anda serius pada program pembentukan otot, mungkin Anda akan pernah mendengar istilah tersebut.

Ya, mTORC1 tidak hanya mencakup mTOR, tetapi juga beberapa proses tambahan yang merangsang proses sintesis protein.

mTORC1 dapat mengontrol sinyal anabolik dan katabolik dalam otot rangka, mengatur pertumbuhan dan kerusakan otot.

Dalam American Journal of Psyiology-Endocrinology and Metabolism, dikatakan bahwa suplementasi asam amino esensial dalam hubungan dengan latihan ketahanan (resistance training), memiliki efek tambahan pada stimulasi sintesis protein.

Artinya, asam amino esensial dapat membantu memaksimalkan latihan intens yang Anda lakukan di gym untuk merangsang sintesis protein.

Apabila sintesis protein dapat berlangsung dengan sempurna, maka hal ini dapat menempatkan diri Anda pada saat yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan otot, serta terhindar dari katabolik otot (merusak).

Sebelum Memilih Suplemen Asam Amino Esensial, Perhatikan Beberapa Hal Ini

asam amino esensial

  • Tentu, Mengandung Sembilan Asam Amino Esensial

Walaupun masih ada asam amino non esensial, namun apabila tujuan Anda adalah untuk meningkatkan proses sintesis protein, maka sangat disarankan untuk konsumsi suplemen asam amino esensial.

Jadi, bantu wujudkan goal fitness Anda melalui suplementasi ini dan biarkan diet Anda yang akan memaksimalkannya.

Asam amino esensial sangat berperan membuat tubuh Anda dalam keadaan anabolik atau membentuk otot.

Yang paling utama adalah, dari sembilan asam amino di atas, prioritaskan suplemen Anda mengandung asam amino yang terkait dengan proses sintesis protein.

  • Sedikit atau Bahkan Tanpa Pewarna Buatan

Pewarna buatan dalam makanan sudah menjadi hal kontroversial karena dikatakan dapat membawa efek yang tidak diinginkan.

Namun, sangat banyak sekali berbagai makanan olahan atau apapun yang menggunakan pewarna buatan.
Bahkan suplemen. Karena itu, sebaiknya pilih suplemen asam amino yang tanpa menggunakan pewarna buatan dalam proses pembuatannya.

Bagaimana Menggunakan Asam Amino Esensial Saat Latihan untuk Merangsang Sintesis Protein?

Dikutip dari laman BodyBuilding.com, hasil penelitian menunjukkan bahwa Anda sedikitnya membutuhkan enam gram asam amino esensial pada saat latihan untuk meningkatkan proses sintesis protein.

Namun, hal ini akan berbeda bila Anda memiliki asam amino esensial di bawah enam gram pada saat latihan.

Karena itu, Anda sebaiknya menambahkan asam amino esensial ke dalam tubuh Anda baik melalui makanan (real food) atau suplementasi.

Hampir semua suplemen baik suplemen pre-workout saat ini sudah mengandung BCAA. Dan Anda bisa menambahkannya pada minuman susu protein setelah latihan.

Cara konsumsi ini akan membantu pemenuhan kebutuhan asam amino esensial dalam tubuh Anda untuk program pembentukan otot.

Bukan hanya pada program pembentukan otot, tapi ketika masuk program cutting atau fat loss-pun asam amino esensial masih Anda butuhkan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes