Waspada Diabetes Jika Keseringan Konsumsi Obat Penenang

Anda yang terbiasa mengonsumsi obat antidepresan atau obat penenang sebaiknya mulai berhati-hati dari sekarang.

Waspada-Diabetes-Jika-Keseringan-Konsumsi-Obat-Penenang

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetic Care menyebutkan bahwa terlalu sering mengonsumsi obat-obatan tersebut dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Seperti diberitakan Times of India, pengguna obat antidepresan mengalami peningkatan cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir di Inggris. Bahkan pada tahun 2011 lalu jumlah pengguna sudah mencapai 46.700.000 orang.

Tim peneliti dari University of Southampton mempelajari 22 studi sebelumnya yang meneliti efek samping obat antidepresi terhadap risiko diabetes. Dari kajian tersebut para peneliti mendapatkan hasil yang bervariasi, tergantung dari metode penelitian, jenis obat yang digunakan, dan jumlah partisipan.

Namun, secara keseluruhan peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi obat-obatan tersebut cenderung memiliki penyakit diabetes. Jenis dan penggunaan obat penenang juga membawa risiko yang berbeda pula pada setiap orang.

Salah satu hal yang menarik perhatian peneliti adalah bahwa obat antidepresan turut bertanggung jawab terhadap naiknya berat badan seseorang. Peneliti menganggap bahwa penyakit diabetes bisa saja muncul dari faktor tersebut.

Penelitian lebih lanjut masih dilakukan untuk mengetahui efek samping lain penggunaan obat antidepresan jangka panjang terhadap kesehatan. (dan)

BACA JUGA : Haid Tidak Teratur, Mungkin Anda Terkena PCOS

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes