Smoothie Bisa Picu Diabetes Jika Ditambah Banyak Gula

Menurut penelitian terbaru di Inggris, smoothie dalam bentuk kemasan ternyata mengandung lebih banyak gula ketimbang segelas coke.

Waspada, Smoothie Kemasan Mengandung Lebih Banyak Gula

Minuman jus buah ini memang banyak dianjurkan sebagai alternatif sehat ketimbang minuman soda, tetapi 8 dari 10 minuman ini ternyata lebih manis ketimbang minuman coke dalam jumlah yang sama.

Seperti dikutip The Mirror, produk smoothie dari Co-operative termasuk Pineapple, Mango, dan Passion Fruit Smoothie diteliti ternyata mengandung gula yang paling banyak, sekitar 36.75g per 250 ml dan setara tujuh sendok teh, sementara jumlah yang sama pada coke mengandung 26.5g.

Seperti kita ketahui bahwa kelebihan gula dalam tubuh dapat mengakibatkan kegemukan dan peningkatan risiko diabetes.

Smoothie merupakan sumber yang baik dari buah dan memberikan vitamin yang penting. Tapi, minuman ini mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi, sehingga harus dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan yang seimbang,” ujar CEO Watch, Richard Lloyd.

Sebanyak 52 produk smoothie juga diuji dan mengandung kadar tinggi kalori dibandingkan 250 ml coke, yang memiliki 105 kalori.

Menurut pernyataan dari juru bicara perusahaan Co-operative, gula dalam smoothie tersebut datang secara alami dari buah-buahan dan informasi nutrisi sudah tercetak jelas pada label kemasan produk.

Perbedaan Smoothie dan Jus

Banyak orang bingung dengan penggunaan istilah jus (juice) dan smoothie, meskipun mereka sering mengkonsumsi keduanya.

Jus berasal dari kata ‘juice’ yang berarti sari perasan. Jus adalah ekstrak cairan murni dari buah atau sayur yang diperas dan dikonsumsi tanpa ampas. Sedangkan smoothie (berarti dihaluskan) adalah buah atau sayuran yang dihaluskan dengan blender dan dikonsumsi langsung tanpa memisahkan cairan dan ampas.

Kedua minuman tersebut sama-sama sehat asalkan tidak menggunakan gula berlebihan. (dan)

BACA JUGA: Wanita Terlihat Lebih Menarik Ketika di Masa Subur?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes