Sering Melamun Picu Insomnia?

Ada kabar terbaru buat Anda yang sering melamun. Sebuah studi mengungkap bahwa terlalu sering melamun dapat membuat seseorang berisiko mengalami insomnia atau gangguan susah tidur di malam hari.

Sering-Melamun-Picu-Insomnia

Studi yang dilakukan tim peneliti dari University of California ini menemukan bahwa ada kaitan antara intensitas melamun dengan insomnia setelah melakukan pengamatan pada otak 25 penderita insomnia primer dan 25 orang tanpa gangguan tidur.

Peneliti menemukan bahwa kedua kelompok tersebut dapat menyelesaikan tugas-tugas yang melibatkan memori. Namun khusus penderita insomnia primer tidak bisa mengendalikan pikirannya dan lebih sering melamun. Melamun terjadi akibat otak yang tidak bisa beristirahat untuk siaga sejenak sehingga ia terus-menerus bekerja.

Tidak hanya berdampak di siang hari, kesiagaan otak tersebut juga berdampak pada malam hari, sehingga orang yang mengalami hal ini akan kesulitan menghentikan pikiran-pikiran yang muncul di kepalanya dan pada akhirnya susah untuk tidur.

Sedangkan orang yang tidur dengan baik memiliki kemampuan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan daerah otak yang digunakan untuk berpikir dan berkhayal, sehingga mereka lebih fokus dan tidak mudah melamun.

Seperti dikutip telegraph, Dr. Sean Drummond selaku peneliti mengatakan bahwa orang insomnia tidak hanya sulit tidur di malam hari, tetapi juga membuat otak mereka tidak berfungsi optimal keesokan harinya. (dan)

BACA JUGA : Rajin Makan Buah Bisa Cegah Aneurisma

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes