Selai kacang Mampu Mencegah Penyakit Payudara?

Selain sebagai menu diet yang sehat untuk membantu menurunkan berat badan, ternyata selai kacang juga mampu membantu mencegah penyakit payudara.

Selai kacang Mampu Mencegah Penyakit Payudara

Para peneliti gabungan di Amerika Serikat yang terdiri dari Washington University School of Medicine, St. Louis, Dana-Farber Cancer Institute, dan Harvard Medical School menemukan bahwa mengonsumsi selai kacang secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit payudara jinak.

Perlu digaris bawahi bahwa penyakit payudara jinak bukanlah kanker, dan terjadi ketika ada perubahan payudara atau cedera yang mengarah pada benjolan jaringan payudara. Tim penelitian ini tidak menganalisa hubungan antara selai kacang dan kanker payudara.

Sumber-sumber lain dari lemak nabati dan protein seperti misalnya kedelai, dan lentil juga bisa memiliki efek yang sama, namun para peneliti menyatakan bahwa data yang terkait dengan penyakit payudara dari sumber lain tersebut tidak banyak dibandingkan dengan selai kacang.

Untuk melakukan penelitian ini para peneliti menganalisa data kesehatan dari 9.039 wanita berusia 9-15 tahun yang telah terdaftar dalam Growing Up Today Study pada tahun 1996. Mereka diminta mengisi kuesioner tentang frekuensi makanan setahun sekali sejak tahun pertama mendaftar sampai tahun 2001, lalu ditahun berikutnya mereka diminta kembali mengisi kuesioner 2 tahun sekali sampai 2010.

Di tahun 2005 para peneliti mulai melacak diagnosis penyakit payudara jinak para peserta yang telah memasuki masa dewasa dan telah berusia 18-30 tahun. Hasilnya para peneliti menememukan 112 wanita diantaranya telah mengembangkan penyakit payudara jinak tersebut.

Dari data kuesioner para peserta yang rajin mengonsumsi selai kacang selama periode penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi selai kacang dua kali seminggu selama masa anak-anak atau remaja memilki 39% lebih rendah mengalami penyakit payudara jinak. Efek ini juga berlaku bagi wanita yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara.

Para peneliti menegaskan bahwa hasil penelitian yang juga telah diterbitkan oleh Breast Cancer Research and Treatment ini hanya menunjukan adanya hubungan antara selai kacang dan penyakit payudara serta belum bisa memastikan bahwa selai kacang benar-benar dapat mencegah penyakit payudara, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa memastikannya.

So, silahkan tambahkan selai kacang untuk campuran roti tawar Anda ya!(boy)

BACA JUGA : Yuk, Makan Selai Kacang Biar Langsing

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes