Melahirkan Bayi Laki-laki Bahayakan Kesehatan Ibu?

Menurut penelitian terbaru, melahirkan anak laki-laki ternyata lebih stres bagi ibu dan parahnya, bisa mempersingkat jangka hidup ibu.

bayi laki-laki

Para peneliti menggunakan data demografis di Finlandia untuk menunjukkan bahwa ibu dengan banyak anak laki-laki lebih menderita dan menurunnya kelangsungan hidup. Namun hubungan ini akan berkurang, seiring menuanya usia ibu, demikian menurut jurnal milik Royal Society, Biology Letters.

“Hasil penelitian kami memberikan bukti bahwa ibu-ibu di Finlandia merisikokan nyawanya dengan melahirkan banyak anak laki-laki,” ujar Dr. Samuli Helle, dari University of Turku, Finlandia.

Penelitian sebelumnya juga menyatakan bahwa anak laki-laki memang sangat membebani ibu karena rata-rata memiliki bobot lahir yang lebih berat dan menempatkan tekanan fisik lebih besar pada tubuh ibu.

Bayi laki-laki juga meningkatkan kadar testosteron pada ibu mereka, yang bisa menuakan usia sistem kekebalan tubuh, sehingga kurang mampu untuk mempertahankan tubuh.

Apalagi anak laki-laki membutuhkan perawatan lebih setelah lahir. Di sisi lain, bayi perempuan diketahui bisa memperpanjang umur ibu dengan membantu tugas-tugas rumah seperti memasak dan membesarkan adik-adik, setidaknya dalam masyarakat tradisional.

Studi Dr. Helle ini menemukan bahwa jangka hidup wanita setelah melahirkan akan menurun seiring jumlah anak laki-laki yang mereka melahirkan, terlepas dari status sosial-ekonomi. (jay)

BACA JUGA: Hubungan Percintaan Sebabkan Stres? Cek Tanda-tandanya Disini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes