Mahir Berlatih Kettlebell Bersama Steve Kotter

Latihan menggunakan alat beban kettlebell mulai banyak diterapkan di Indonesia. Latihan menggunakan kettlebell merupakan kombinasi dari latihan kardiovaskular, kekuatan, dan kelenturan tubuh sekaligus.

Mahir Berlatih Kettlebell Bersama Steve Kotter1

Melihat makin meningkatnya tren latihan menggunakan kettlebell ini, PrimaFit Academy mengadakan sertifikasi Certified Kettlebell Trainer (CKT) Level 2 bersama Steve Cotter pada Senin (16/10) kemarin di Celebrity Fitness VIP fX Sudirman Jakarta. Steve Cotter adalah seorang instruktur martial arts, strength and conditioning asal San Diego, Amerika Serikat yang merupakan pemilik Full KOntact Kettlebells dan Full KOntact Fitness serta pendiri International Kettlebell & Fitness Federation (IKFF) yang merupakan lembaga sertifikasi kettlebell resmi.

Mahir Berlatih Kettlebell Bersama Steve Kotter2

Dalam sertifikasi ini, para peserta merupakan personal trainer dan instruktur profesional yang telah lulus CKT Level 1. Salah satu persyaratan kelulusan sertifikasi ini adalah para peserta harus mampu menyelesaikan ujian fitnes yang terdiri atas :

2 kettlebell jerk (2 x 20 kg) x 40 repetisi dan kettlebell snatch 20 kg x 50/50 atau
2 kettlebell jerk (2 x 16 kg) x 65 repetisi dan kettlebell snatch 16 kg x 75/75 atau
2 kettlebell jerk (2 x 24 kg) x 30 repetisi dan kettlebell snatch 24 kg x 35/35 untuk pria

dan

2 kettlebell jerk (2 x 12 kg) x 40 repetisi dan kettlebell snatch 12 kg x 50/50 atau
2 kettlebell jerk (2 x 8 kg) x 65 repetisi dan kettlebell snatch 8 kg x 75/75 atau
2 kettlebell jerk (2 x 16 kg) x 30 repetisi dan kettlebell snatch 16 kg x 35/35 untuk wanita.

Perbedaan berat kettlebell dan jumlah repetisi diatas bertujuan agar peserta dapat memilih sesuai dengan kemampuan, usia, jenis kelamin, dan berat badan. Peserta yang cukup kuat namun ketahanannya kurang, bisa memilih kettlebell yang lebih berat dengan repetisi rendah. Sebaliknya peserta yang kemampuan angkatannya kurang kuat namun ketahanan tubuhnya bagus, bisa memilih kettlebell yang lebih ringan dengan repetisi rendah.

Mahir Berlatih Kettlebell Bersama Steve Kotter3

Jika Anda pikir, ujian fitnes diatas mudah, maka Anda salah. Dengan diawasi secara ketat dan dihitung oleh Steve Kotter langsung, baik peserta pria dan wanita harus berusaha sekuat tenaga untuk bisa lulus tes. Para peserta akan diberikan kesempatan ujian lagi jika tidak lolos pada kesempatan pertama.

Mahir Berlatih Kettlebell Bersama Steve Kotter4

Menurut Koko, salah seorang peserta yang merupakan personal trainer profesional dari PrimaFit Academy, latihan menggunakan kettlebell memerlukan performa energi dari seluruh tubuh, tidak hanya energi titik tubuh tertentu saja, sehingga lebih sulit dilakukan.

Mahir Berlatih Kettlebell Bersama Steve Kotter5

“Sertifikasi kettlebell merupakan pelengkap bagi para personal trainer dan instruktur karena kita harus terus selalu meng-update keahlian yang baru. Apalagi tren latihan dengan kettlebell terus meningkat sejak diperkenalkan pada Januari 2012 di Indonesia. Sertifikasi kettlebell dari IKFF juga diawasi langsung oleh masternya yaitu Steve Kotter dan merupakan salah satu sertifikasi kettlebell tersulit di dunia. Jadi jika kita lulus sertifikasi ini, maka keahlian kita akan sama dengan para pemegang sertifikat ini dari seluruh dunia,” tambahnya.

Anda tertarik mencoba dan menguasai latihan dengan kettlebell, fitness mania? (aan/boy)

BACA JUGA : Latihan Beban Lebih Asyik & Menantang dengan Kettlebell

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes