phil heath

Lebih Dekat dengan ‘Penguasa’ Mr. Olympia, Phil Heath

Ultimate Nutrition sangat bangga karena salah satu atletnya, Phil Heath, berhasil mempertahankan gelar sebagai yang terbaik di kontes binaraga paling bergengsi, Mr. Olympia 2016.

Untuk diketahui, Phil Heath telah mengukuhkan dirinya sebagai 6 kali pemenang berturut-turut ajang Mr. Olympia (2011-2016). Hal itu ditegaskannya setelah menjadi kampiun lagi di ajang tersebut pada bulan September tahun lalu.

Dengan prestasinya tersebut, Heath sejajar dengan Arnold Schwarzenegger yang meraih gelar Mr. Olympia yang keenam. Sementara rekor pemenang terbanyak masih dipegang dua bodybuilder legendaris, Lee Haney and Ronnie Coleman, yang masing-masing meraih delapan kemenangan.

Menurut salah satu co-owner Mr. Olympia, Robert Chang, kemenangan Heath tidak lepas dari bentuk tubuh ‘sempurna’ yang dimilikinya.

“Ini bukan sekedar bentuk tubuh. Setiap bodybuilder pasti memiliki kaki atau bicep yang sempurna. Dan Phil Heath tidak akan mengalahkan dalam satu pose, tapi setiap pose,” puji Robert.

Masih menurut Robert, kharisma seorang Heath tidak hanya tampak pada saat berlenggak-lenggok di atas panggung, melainkan juga kehidupan pribadinya yang baik. Maka dari itu tidak heran jika Heath dicintai banyak orang.

Phil Heath Menjadi Salah Satu Bodybuilder dengan Pendapatan Tertinggi

phil heath

Berkat keberhasilannya hingga saat ini, Heath semakin dikenal masyarakat luas tak terkecuali di Indonesia. Hal ini seperti yang terlihat dalam akun instagramnya yang memiliki jumlah followers sebanyak 1.8 juta.

Selain mengukuhkannya sebagai ‘Raja’ di Mr. Olympia, kemenangannya tersebut membawa Heath menjadi salah satu bodybuilder dengan pendapatan tertinggi di dunia. Dengan memenangi Mr. Olympia, Heath berhak mendapatkan hadiah sebesar 400 ribu dollar. Belum lagi beberapa event dan kompetisi lain yang diikutinya.

Belum cukup hanya dari event dan kompetisi, pendapatan Heath juga datang dari beberapa sponsor. Saat ini, Heath memiliki lima sponsor. Dan yang paling utama adalah perusahaan suplemen ternama asal Amerika Serikat, Ultimate Nutrition.

Agen dari sang bodybuilder menyebutkan bahwa Heath bisa meraup pendapatan lebih dari 1 juta dollar per tahunnya hanya dari sponsor saja.

Kilas Balik Sosok Phil ‘The Gift’ Heath

phil heath

Mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin pantas disematkan pada sosok Phil Heath.

Heath lahir dan dibesarkan di Seatle, Washington. Sebelum turun di bidang binaraga, pria kelahiran 18 Desember 1979 ini sangat aktif di olahraga basket. Tahun 1998, Heath bermain basket untuk Rainier Beach High School. Juga dengan basket, ia berhasil mendapatkan beasiswa dan kuliah di University of Denver, Colorado.

Namun ketika melihat majalah binaraga di kampusnya, ketertarikan Heath lebih kepada ajang pamer tubuh ini. Berkat memiliki otot perut yang besar, ia memberanikan diri untuk terjun di binaraga profesional tahun 2002. Dan pada tahun 2008, Heath memenuhi syarat untuk tampil di Mr. Olympia untuk yang pertama kalinya.

Sejak saat itu, nama Phil Heath mulai terkenal di kalangan pecinta fitnes dan bodybuilding. Dan pada 2011, ia berhasil meraih kemenangan perdananya di ajang yang telah disponsori penuh Ultimate Nutrition tersebut sejak tahun 2009.

Tantangan Mempertahankan Gelar Juara

phil heath

“Selama tidak cedera, saya akan berusaha untuk jadi yang terbaik di setiap kompetisi,” ucap Phil Heath mengawali wawancara bersama harian New York Times.

Meski begitu, Heath mengaku bahwa hal tersulit bagian dari kemenangannya di setiap kompetisi adalah mempertahankan kemenangan itu sendiri. Pasca kemenangan, jadwal heath sangat padat sehingga bisa berakibat pada jadwal latihan yang tidak teratur dan juga makan makanan yang asal.

Tentu saja hal tersebut akan dapat mengubah bentuk tubuhnya jika terlalu lewat dari disiplin, baik itu disiplin latihan ataupun pola makan.

Untuk diketahui, Phil Heath makan sebanyak enam sampai tujuh kali setiap harinya. Karena itu, setiap kali ada event atau workshop yang diikuti, agen Heath selalu berusaha untuk memberikan makanan yang terbaik.

Setiap hari, Heath bisa mengonsumsi daging yang kaya protein seberat 5-6 pon. Mulai dari daging sapi, ayam, dan ikan (salmon dan nila). Kemudian 75 gram karbohidrat dari oatmeal, nasi putih, nasi merah, dan kentang. Pada pagi hari, Heath selalu mengonsumsi 16 ons putih telur yang diorak-arik.

Terus Berlatih adalah Kuncinya!

phil heath

Jadwalnya yang padat tentu saja bisa mengubah bentuk otot tubuhnya. Karena itu, ia selalu berusaha berkonsultasi dengan pelatih pribadinya, Hany Rambod. Meskipun tidak berlatih bersama, Heath akan mengirimkan foto bentuk tubuhnya kemudian sang pelatih akan memberikan saran latihan ataupun pola makan yang tepat untuknya.

Bagi Heath, latihan adalah kunci utama untuk menjaga bentuk tubuhnya. Ia menegaskan bahwa kunci utama dalam berlatih adalah movement. Maka tidak heran jika Heath kerap melakukan curl dengan dumbbell atau barbell yang bebannya cukup ringan.

“Ini bukan tentang beban, tapi lebih kepada gerakannya,” ucap bodybuilder yang memiliki tinggi badan 175 sentimeter ini.

Dalam setiap kali berlatih, Heath selalu berusaha mengajak kekasihnya, Cremona, untuk memfoto bentuk tubuhnya yang tidak bisa dilihatnya sendiri seperti punggung.

Dan uniknya, Heath tidak memiliki alat latihan yang lengkap di rumahnya. Karena itu, ia berlatih di gym yang jaraknya bisa ditempuh selama 30 menit dari rumah.

Latihan seolah-olah menjadi candu bagi Heath. Bahkan, ia juga sering berlatih pada pagi hari sekitar pukul 03.00. Jadwal latihannya adalah setiap hari, namun selalu berbeda-beda target ototnya. Jika Senin latihan punggung, Selasa dada, Rabu kaki, dan seterusnya.

Melihat bentuk tubuhnya saat ini, Heath mengaku masih belum cukup puas. “Tubuhku terlihat bagus pada kompetisi Mr Olympia. Tapi saya juga bisa melihat beberapa bagian tubuh yang masih bisa ditingkatkan lagi,” terangnya.

Perang Terhadap Steroid

phil heath

Heath juga memberikan komentarnya mengenai penggunaan obat atau steroid dalam kejuaraan binaraga. Ya, dunia binaraga memang kerap dikaitkan dengan penggunaan steroid. Dan hal ini bisa memunculkan perspektif bagi masyarakat luas.

Dalam film dokumenter tahun 2013 lalu, Heath mengaku bahwa masih ada beberapa bodybuilder yang menggunakan steroid untuk bersaing di kompetisi tingkat tinggi seperti Mr. Olympia.

“Banyak bodybuilder yang memang melakukannya. Namun sebelum berkompetisi, tubuh kita harus diperiksa dahulu,” ucap Heath.

Mr. Olympia merupakan bagian dari agenda Federation of Bodybuilding Professional League (IFBB). Dan kompetisi ini selalu melakukan uji doping pada pesertanya sesuai dengan pedoman dari World Anti-Doping Agency.

Heath masih ada 11 bulan lagi sebelum kompetisi Mr. Olympia 2017. Dan saat ini adalah massa off season. Meskipun masih menjalani diet dan latihan, namun Heath disarankan untuk tidak bepergian empat bulan sebelum gelaran Mr. Olympia.

Tentu saja, persaingan Mr. Olympia tahun ini bakal lebih berat karena banyak atlet lain yang tidak mau kalah dan ingin merebut gelar darinya. Sebut saja nama-nama seperti Dexter Jackson, Shawn Rhoden, Mamdouh Elssbiay, dan nama-nama besar lain.

Good Luck Heath!! (ctr)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes