Latihan di Rumah Baik Dilakukan, Asal…

Latihan di rumah atau home gym bisa menjadi alternatif yang menguntungkan saat Anda berhalangan datang ke gym. Menjadikan latihan di rumah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat memberikan manfaat yang sama besarnya dengan latihan di gym.

Latihan-di-Rumah-Baik-Dilakukan,-Asal

Nah, jika Anda lebih memilih untuk berlatih di rumah, ada baiknya Anda simak beberapa tips berikut ini:

Tentukan Target Latihan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target latihan. Apa tujuan dari latihan yang Anda lakukan, apakah untuk menurunkan berat badan, menambah massa otot atau menjaga kesehatan. Semua ini perlu Anda tentukan di awal latihan agar Anda lebih fokus mencapai target tersebut.

Susun Program Latihan

Selanjutnya adalah menyusun program latihan sepanjang minggu. Anda bisa menggunakan 5-6 hari untuk latihan, sedangkan sisanya bisa Anda gunakan untuk istirahat. Susunlah program latihan yang tidak membuat Anda kewalahan dan bisa Anda lakukan secara konsisten.

HIIT & Superset

Biasanya, orang-orang yang berlatih di rumah adalah mereka yang tidak punya waktu luang untuk datang ke gym, sehingga membutuhkan latihan dalam durasi singkat dengan manfaat maksimal. High Intensity Interval Training (HIIT) dan superset adalah dua metode latihan yang bisa Anda coba di rumah dalam durasi singkat dengan hasil maksimal.

Gunakan Perabot Rumah

Tidak punya alat fitness yang memadai untuk latihan di rumah? Gampang, Anda bisa menggunakan berbagai perabot rumah yang ada di sekitar Anda. Misalnya, kursi ruang tamu bisa digunakan untuk latihan bench dips dan push up on bench. Anda juga bisa membuat dumbbel sendiri dari kaleng cat yang tidak terpakai.

Sabar & Konsisten

Dari beberapa poin di atas, poin terakhir ini bisa dikatakan sebagai poin paling penting dalam program latihan. Ketika Anda mengharapkan tubuh ideal (langsing dan massa otot meningkat), Anda harus belajar sabar dan konsisten menjalankan program latihan yang telah Anda susun. Mendapatkan tubuh ideal tidak bisa dilakukan dalam 1-2 hari, karena tubuh juga butuh penyesuaian dari pola hidup Anda sebelumnya.

Untuk hasil terbaik, imbangi juga dengan pola makan rendah lemak dan tinggi protein. Kurangi makanan yang manis-manis dan berminyak agar target latihan Anda bisa tercapai dalam waktu yang singkat.

Good luck. (dan)

BACA JUGA : 7 Peralatan Sederhana untuk Latihan di Rumah

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes