Kerja Seharian bikin Anda Lelah? Atasi dengan Berolahraga

Banyak orang memilih tinggal di rumah setelah bekerja.”Saya terlalu lelah untuk latihan” sudah menjadi alasan umum belakangan ini. Namun, hanya sedikit dari mereka yang tahu bahwa olahraga intensitas rendah yang teratur dapat membantu meningkatkan energi sekaligus menurunkan tingkat kelelahan.

Lelah-setelah-Bekerja-Atasi-dengan-Berolahraga

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh peneliti Universitas Georgia menemukan bahwa bersepeda statis dengan kecepatan ringan, sebanyak tiga sesi per minggu selama sekitar 25 menit/sesi, cukup untuk mengatasi kelelahan. Sebaliknya dari pandangan umum, latihan secara rutin telah lama dipercaya mampu membuat kita merasa lebih enerjik/bersemangat.

Para peneliti menemukan 36 relawan yang tidak berolah raga secara rutin dan mengalami kelelahan yang berkepanjangan. Para relawan dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok pertama melakukan 20 menit aerobik dengan intensitas sedang sebanyak 3 kali seminggu selama 6 minggu. Kelompok kedua aerobik intensitas rendah selama periode waktu yang sama. Kelompok ketiga tidak berolahraga.

Anehnya, kelompok dengan intensitas rendah memiliki penurunan tingkat kelelahan lebih besar daripada kelompok yang berolahraga lebih keras, masing-masing 65 persen banding 49 persen. Bisa jadi olahraga intensitas sedang terlalu berat bagi orang-orang yang sudah lelah. Sedangkan olahraga santai cukup baik.

Studi serupa yang digelar di University of Maryland School of Public Health juga menemukan manfaat menguntungkan lain dari berolahraga untuk mengurangi tingkat stres dan kegelisahan.

“Olahraga sudah dikenal populer berfungsi untuk meningkatkan mood, namun tidak banyak yang mengetahui tentang potensi dari dampak olahraga pada kondisi emosional,” jelas J. Carson Smith, asisten profesor kinesiologi, University of Maryland School of Public Health, yang memimpin penelitian tersebut.

“Kami menemukan bahwa olahraga membantu untuk meningkatkan efek paparan emosional. Jika Anda berolahraga, Anda tidak hanya akan mengurangi kecemasan Anda, tetapi juga akan lebih mampu mempertahankan pengurangan kecemasan ketika dihadapkan dengan kondisi emosional,” ujar Smith, seperti dikutip jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise.

Nah, jika Anda sedang mengalami stres, tidak bergairah, dan kelelahan karena bekerja seharian, tidak ada salahnya jika Anda menjajal olahraga ringan untuk menghilangkan stres dan kelelahan Anda. (dan)

BACA JUGA : Superset, Raih Tubuh Ideal dalam Waktu Singkat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes