Kanker Kulit Tengah Menghantui Warga Kuba

Menurut pernyataan resmi Kementerian Kesehatan Masyarakat Kuba, ribuan kasus kanker kulit baru dilaporkan tengah mewabah di negara tersebut.

s

“Sekitar 5.000 kasus kanker kulit baru dilaporkan setiap tahun di negara kepulauan Karibia itu,” ujar Olaine Gray, pejabat Kementerian Kesehatan Masyarakat saat melakukan kampanye nasional kesadaran kanker kulit tahunan di Hari Kanker Dunia, beberapa waktu lalu.

Menurut Gray, penyebab utama peningkatan kasus kanker kulit di Kuba ini termasuk karena faktor letak geografis, populasi yang menua, dan meningkatnya popularitas tanning (menghitamkan kulit).

Sementara itu, penipisan pelindung lapisan ozon dan penurunan awan penutup juga memungkinkan menjadi penyebab lain dari kanker yang terkait radiasi ultraviolet itu.

Seperti di beberapa negara lain, Kuba juga turut serta memperingati Hari Kanker Dunia dengan semarak para dermatologist (ahli kulit) yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran publik dan mempromosikan pencegahan penyakit kulit termasuk kanker kulit. (jay)

BACA JUGA: WHO: 360 Juta Orang Menderita Gangguan Pendengaran

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes