Inilah Khasiat Minyak Ikan dalam Melawan Kanker Payudara!

Menurut penelitian terbaru, pola makan seumur hidup yang kaya asam lemak omega-3 (ditemukan dalam minyak ikan) ternyata mampu menurunkan risiko pertumbuhan tumor kanker payudara hingga 30 persen.

minyak ikan

Penulis penelitian, David Ma, seorang profesor di Guelph’s Department of Human Health and Nutritional Sciences, mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 seumur hidup memiliki peran bermanfaat dalam pencegahan penyakit (dalam hal ini, pencegahan kanker payudara).

Ma mengatakan, para ahli sudah lama meyakini bahwa pola makan ini secara signifikan dapat membantu dalam mencegah kanker, tetapi studi epidemiologi dan eksperimental untuk mendukung klaim tersebut masih kurang, dan penelitian pada manusia tidak konsisten.

Dalam penelitian ini, mereka menciptakan tikus transgenik baru yang memproduksi asam lemak omega-3 dan mengembangkan tumor mammae agresif. Tim peneliti kemudian membandingkan tikus tersebut dengan tikus rekayasa genetika yang hanya mengembangkan tumor.

Hasilnya, tikus yang memproduksi omega-3 hanya tumbuh dua pertiga tumor dan 30 persen lebih kecil, dibandingkan dengan tikus rekayasa genetika.

“Faktanya, nutrisi makanan memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan tumor dan berimplikasi besar dalam pencegahan kanker payudara,” ujar Ma seperti dikutip Zeenews.com.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry. (jay)

BACA JUGA: Yuk, Kuatkan Tulang Anda dengan 5 Cara Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes