Inilah Bahaya Asupan Kalsium Tinggi pada Wanita!

Waspadalah ladies! Menurut penelitian baru, wanita yang memiliki asupan kalsium tinggi berada pada risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular.

penyakit jantung

Seperti dikutip Zeenews.com, para peneliti dari Uppsala University, Swedia, mempelajari 61.443 wanita Swedia (lahir antara 1914 hingga 1948) selama rata-rata 19 tahun untuk menguji hubungan antara asupan kalsium tinggi dan risiko penyakit jantung iskemik dan stroke.

Jumlah asupan kalsium ini termasuk dari asupan suplemen. Asupan rata-rata terendah adalah 572 mg per hari (setara dengan lima iris keju) dan asupan tertinggi sekitar 2.137 mg, demikian penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ.com.

Hasil penelitian selama 19 tahun ini menyatakan bahwa sekitar 11.944 wanita (17 persen) meninggal dunia : 3.862 wanita diantaranya (32 persen) meninggal akibat penyakit kardiovaskular, penyakit jantung 1.932 orang (16 persen), dan stroke 1.100 orang (8 persen). Para wanita yang meninggal dunia tercatat mengonsumsi kalsium lebih dari 1.400 mg per hari.

Para peneliti menyimpulkan, asupan kalsium yang sangat rendah atau sangat tinggi bisa mengacaukan pengaturan homeostatik normal, yang menyebabkan perubahan kadar kalsium. (jay)

BACA JUGA: Kundalini Yoga, Rahasia Russell Brand Atasi Ketagihan Seks!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes