Ingin Buat Burger Sehat? Coba Trik Ini!

Makanan yang identik dengan sajian fast food atau junkfood ini memang kerap menjadi godaan yang mampu merusak pola makan Anda.

veggie burger 1

Salah satu cara menikmati sajian burger tentu dengan versi veggiee atau mengganti daging dengan ikan tuna atau ayam. Tapi tentu tidak sama dengan rasa juicy daging dalam burger, bukan?

Ini kabar gembiranya. Burger dapat menjadi makanan sehat asal diolah dengan benar. Apalagi, sajian daging adalah sumber protein. Pastikan juga roti yang digunakan berasal dari olahan gandum utuh atau whole grain.

Susan Mitchel R.D., penulis buku Fat is Not Your Fate, membeberkan beberapa tip membuat burger sehat, seperti dilansir Fitness, sebagai berikut:

1. Pilih olahan daging dengan label “ground round” atau “ground sirloin”. Anda bisa membuat daging patty burger sesuai selera mulai dari ketebalan hingga kelebarannya. Campur olahan daging dengan beragam rempah yang memiliki kadar nutrisi tinggi.

2. Periksa roti yang digunakan. Pastikan terbuat dari whole grain atau whole wheat yang masing-masing memiliki kandungan serat paling kecil 3 gram.

3. Jangan gunakan keju cheddar yang mengandung 113 kalori. Tapi gunakan keju parmesan dan campur langsung dalam olahan daging.

4. Hindari penggunaan mayonnaise, mustard, dan barbecue sauce saat memanggang daging. Namun, gunaman canola oil atau olive oil yang ringan dan tidak memberi tambahan kalori pada makanan.

5. Beri taburan cabe kering, bawang bombay, dan wortel dalam burger Anda.

Itulah trik sederhana untuk menambah nutrisi pada burger Anda. Mudah bukan? Selamat mencoba! (aai)

BACA JUGA: Inilah Bahaya Konsumsi Kafein Saat Hamil

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes