Hati-Hati, Wabah Virus Ensefalitis Menyerang!

Lebih dari 350 orang yang didominasi anak-anak telah meninggal dunia akibat wabah virus ensefalitis di negara bagian India, Uttar Pradesh.

Hati-Hati Wabah Virus Ensefalitis Menyerang!

Ensefalitis adalah peradangan otak akut yang disebabkan oleh infeksi virus, dan terkadang disebabkan pula oleh infeksi bakteri, seperti meningitis atau komplikasi dari penyakit rabies.

Sejak pertama terdeteksi pada tahun 1978 setidaknya 6.500 anak meninggal dunia akibat radang otak yang disebabkan virus ensefalitis di daerah bagian India tersebut.

Penyakit malaria yang dibawa oleh nyamuk juga bisa menyebabkan ensefalitis pada orang yang memiliki imun tubuh rendah, seperti yang terjadi di India saat ini.

Seperti yang dikutip dari The Press Trust of India, bahwa setidaknya 15 anak telah meninggal dunia karena penyakit ini dalam beberapa hari terakhir, menambah total kematian menjadi 358 orang meninggal pada tahun ini dan lebih dari 200 anak masih dirawat di rumah sakit.

Penyakit di daerah ini terjadi secara rutin selama musim hujan di daerah Gokrakhpur dan beberapa daerah perbatasan Nepal didekat kaki gunung Himalaya yang diketahui rawan bajir, sehingga menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk pembawa virus ensefalitis.

Gejala dari penyakit ini adalah sakit kepala, dan muntah-muntah yang berakibat pada risiko disfungsi otak, kejang, radang hati dan peradangan ginjal sampai akhirnya koma dan meninggal dunia.

Namun menurut dokter yang menangani kasus tersebut, ada sekitar 20% anak-anak yang selamat dari virus tersebut, tetapi mengalami kelemahan neurologis. Dokter juga mengatakan bahwa anak-anak yang berusia 6 bulan dan 15 tahun paling rentan terkena virus penyakit ini.

Well, ayo jaga kebersihan lingkungan rumah Anda ya! (boy)

BACA JUGA : MERS, Virus Kelelawar yang Renggut Puluhan Jiwa

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes