Hati-hati, Gusi Bermasalah Berisiko Penyakit Alzheimer!

Studi baru menemukan adanya hubungan yang signifikan antara penyakit gusi dan penyakit Alzheimer, sebuah kondisi yang memengaruhi ingatan, pola pikir, dan kematian.

Hati-hati, gusi bermasalah berisiko penyakit Alzheimer!

Seperti yang sudah diketahui bahwa alzheimer adalah suatu keadaan dimana sejumlah sel saraf di otak tidak berfungsi atau mati, yang mengakibatkan sinyal-sinyal otak sulit untuk disalurkan dengan baik, sehingga sulit untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.

Faktor usia dan genetik yang telah diketahui menjadi beberapa penyebab dari penyakit alzheimer. Namun baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa penyakit gusi juga memiliki hubungan dengan alzheimer.

Para peneliti dari University of Florida, AS, menganalisa sampel otak dari 10 orang dengan penyakit alzheimer dan 10 orang tanpa penyakit tersebut. Mereka menemukan adanya bakteri penyakit gusi yang sama pada 4 dari 10 sampel otak orang dengan alzheimer.

“ini jelas menunjukan bahwa terdapat hubungan antara bakteri mulut dan penyakit alzheimer,” kata Kesavalu Lakshmyya, B.V.Sc., M.Sc., S.C.C., penulis utama penelitian dan seorang profesor di College of Dentistry dari University of Florida, AS.

Menurut peneliti, bakteri dimulut dapat memasuki aliran darah saat mengunyah, menyikat gigi, dan menggunakan benang gigi, hal ini yang menyebabkan bakteri dengan mudah masuk dalam darah yang mengalir menuju otak dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada jaringan otak sehingga akhirnya mengakibatkan alzheimer.

Penelitian yang diklaim sebagai penelitian pertama tentang hubungan antara penyakit gusi dan alzheimer ini juga telah diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, bahwa menurut Alzheimer’s Association, alzheimer adalah penyebab utama demensia, yang memengaruhi lebih dari 5 juta orang dan merupakan urutan keenam dari penyebab kematian di Amerika Serikat.

So, mari jaga kesehatan dan kebersihan mulut kita ya! (boy)

BACA JUGA : Bakteri Gigi bisa Sumbat Aliran Darah Menuju Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes