Gemetar saat Latihan? Mungkin Ini Penyebabnya

Anda pasti pernah sesekali mengalami gemetar pada tangan ataupun bagian tubuh lain saat melakukan latihan seperti benchpress, push-up, latihan khusus abs, atau yoga. Ini biasa terjadi ketika Anda sedang berusaha untuk menyelesaikan repetisi terakhir saat latihan beban.

gemetar-saat-latihan

Nah, pertanyaannya adalah mengapa hal ini bisa terjadi?

Ketika otot-otot bekerja terlalu keras melampaui kemampuannya, maka otot tersebut akan bergetar. Otot akan gemetar pada saat mereka sedang mencoba untuk menstabilkan dan beradaptasi dengan tekanan yang ada. Hal ini sama seperti pada saat latihan bicep dan tricep. Kondisi gemetar ini akan terhenti ketika otot sudah mulai beradaptasi dan terbiasa menerima tekanan dari beban latihan.

Perhatikan apabila tangan Anda gemetar ketika mengangkat barbell, dapat dipastikan bahwa Anda menggunakan berat yang terlalu berat. Untuk mengatasinya sebaiknya Anda gunakan beban yang lebih ringan terlebih dahulu. Gunakan beberapa kali sampai tubuh Anda beradaptasi dengan beban tersebut, kemudian Anda bisa menambah bebannya secara berkala.

Jika gemetar yang Anda alami cukup sering dan cepat, ada baiknya Anda berhati-hati karena akan mengancam tubuh Anda dan berpotensi cedera pada bagian tubuh tertentu.

Gemetar saat latihan juga bisa berarti Anda tidak mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi. Jika ini yang terjadi sebaiknya Anda makan dulu 30 menit – 1 jam sebelum latihan. Makanan tersebut akan menjadi sumber energi Anda saat latihan, sehingga Anda bisa mengangkat beban lebih berat dan terhindar dari gemetar.

Semakin kuat otot yang Anda miliki, semakin jarang pula Anda mengalami gemetar ketika berlatih. Selamat berlatih! (dan)

BACA JUGA : Otot Berkembang di Saat Anda Libur Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes