Depresi Dimulai Sejak Masih Dalam Rahim Lho!

Anak-anak yang ibunya mengalami depresi selama masa kehamilan memiliki peningkatan risiko terkena depresi saat dewasa.

Depresi Dimulai Sejak Masih Dalam Rahim Lho!

Peneliti yang dilakukan oleh para peneliti dari Bristol University, Inggris, mengatakan bahwa pengobatan dan perawatan selama masa kehamilan sangat penting untuk menurunkan risiko masalah mental pada anak.

Studi terhadap lebih dari 8000 wanita yang memiliki depresi pasca melahirkan dan pada masa antenatal, menemukan bahwa anak yang lahir dari ibu yang depresi saat masa kehamilan berisiko depresi sebanyak 1,3 kali lebih besar dibandingkan dengan anak yang dilahirkan dengan ibu yang tidak depresi.

“Depresi pada masa kehamilan harus dianggap serius, karena sepertinya ada risiko jangka panjang untuk anak,” ungkap peneliti utama, Rebecca Pearson, MPH, PhD, dari Bristol University kepada BBC News Health, Kamis (10/10).

Menurut Pearson, ini adalah sebuah asosiasi, bukan hubungan sebab akibat dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana proses itu bisa terjadi.

Prof. Carmine Pariante dari King’s College London’s Institute of Psychiatry, menjelaskan bahwa perkembangan kesehatan mental seseorang tidak dimulai saat lahir, tetapi sejak masih didalam rahim.

“Pesan dalam penelitian ini jelas, bahwa membantu wanita yang mengalami depresi pada masa kehamilan tidak hanya berguna meringankan penderitaannya, namun juga membantu penderitaan pada generasinya,” terang Pariante.

Dilain tempat profesor Celso Arango M.D., Ph.D dari Gregorio Maranon General University Hospital, Madrid, mengatakan, “Hormon stres dapat memengaruhi perkembangan anak dalam rahim, maka dari itu alangkah baiknya wanita yang depresi diobati sebelum hamil.”

Para peneliti berpendapat bahwa faktor depresi antenatal dan postnatal mungkin berbeda dengan faktor-faktor lingkungan lainnya seperti dukungan sosial yang memiliki dampak lebih besar pada depresi pasca melahirkan. (boy)

BACA JUGA : Depresi Juga Bisa Memicu Penyakit Parkinson Lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes