resolusi fitnes

Wujudkan Resolusi Fitnes Anda dengan 5 Strategi Terbaik Ini

Setiap pergantian tahun, Anda mungkin akan membuat resolusi fitnes. Bagaimana dengan tahun baru nanti? Nah, lima strategi ini akan bantu Anda mewujudkan goal Anda lebih cepat.

Sudah banyak orang yang semangat membuat resolusi fitnes di tahun yang baru.

Tetapi, tidak sedikit pula yang hanya bertahan sebentar. Sudah melakukan berbagai hal tapi dirasa belum berhasil, dan akhirnya berhenti.

Apakah Anda termasuk diantaranya? Kami harap tidak.

Nah, untuk membuat Anda tetap termotivasi demi mewujudkan goal fitness Anda, berikut ada lima strategi jitu untuk membantu Anda.

Sebagai catatan, strategi ini tercipta karena berbagai pertanyaan yang sering muncul ditimeline kami.

Buat Target Lebih Detail dan Spesifik

Jangan berada di gym hanya dengan motivasi “Saya ingin miliki tubuh bugar”.

Pun demikian, lebih baik tidak memiliki tujuan tertentu seperti ‘Hanya ingin perut sixpack“, atau “hanya ingin mengecilkan lingkar pinggang”.

Kalau sudah berhasil, apa yang akan dilakukan selanjutnya? Apakah berhenti dan berpuas diri?

Bila tidak dimanajemen dengan baik, maka ini justru bisa menghentikan motivasi Anda untuk tetap berlatih.

Akan lebih baik bila tujuan Anda lebih detail lagi seperti “Saya ingin berlatih di gym seminggu tiga kali”, atau “Saya harus olahraga selama 180 menit dalam seminggu”.

Tergantung mana yang Anda mulai, Anda mungkin akan melakukan perubahan pada asupan nutrisi, tidur, serta gaya hidup yang lain untuk mencapai tujuan Anda.

Berapa Lama untuk Melihat Hasil dari Resolusi Fitnes Anda?

Memang, hasil adalah sesuatu yang sangat diharapkan dari sebuah target atau tujuan.

Namun untuk mengetahui kapan hasilnya, ini masih tergantung pada tiap-tiap individu.

Ada tiga faktor utama yang paling mempengaruhi, yaitu usia, histori latihan, dan konsistensi.

Biasanya, semakin muda usianya, maka semakin cepat hasil yang terlihat.

Hasilnya akan berbeda bila seseorang dengan usia 45 tahun, tidak pernah olahraga sebelumnya, dan makan dengan cara ‘sembarang’ selama 20 tahun terakhir.

Dengan gaya hidup yang seperti itu, mungkin akan butuh waktu lama untuk mendapatkan hasil yang ditetapkan.

Namun, hasil akan semakin cepat terlihat bila melakukannya dengan konsisten.

Apakah Saya Sudah Berhasil?

Bila goal Anda adalah melakukan transformasi pada tubuh, maka mintalah seseorang untuk menilai Anda.

Mulai dari perhitungan kadar lemak tubuh, produksi hormon, dan lain-lain.

Bila goal Anda adalah meningkatkan performa, maka buat jurnal atau log program latihan untuk mengetahui apakah yang Anda lakukan sudah berhasil atau belum.

Di atas adalah metode paling mudah untuk mengetahui keberhasilan Anda. Bila belum mencapai angka yang diinginkan, maka tetap konsisten berlatih maupun mengatur pola makannya.

Dan bila sudah terjadi perubahan daripada angka pada saat awal memulai, selamat, sekarang tinggal bagaimana cara untuk meningkatkannya.

Bagaimana dengan Diet?

Bila sudah menetapkan resolusi fitnes di tahun yang baru, maka yang hampir pasti dilakukan adalah melakukan perubahan atau pengaturan pola makan (diet).

Apabila Anda sudah melakukan perubahan dengan diet dan tetap konsisten dalam latihan tapi hasil belum terlihat, maka lakukan perubahan lagi pada diet Anda.

Buat sedikit perubahan sampai Anda melihat hasil yang Anda cari dan buat rentang waktu untuk menilai apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Karena bagi kebanyakan orang, perubahan kecil namun rutin jauh lebih baik daripada perubahan besar namun stuck.

Bagaimana Cara Membuat Latihan yang Lebih Efektif?

Caranya adalah dengan mengatur frekuensi latihan, menambah asupan nutrisi, dan tidur yang cukup.

Apabila Anda memberi makan tubuh Anda dengan nutrisi yang cukup, maka performa latihan Anda juga akan meningkat.

Dan yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah perubahan atau perkembangan terjadi bukan pada saat latihan, melainkan ketika Anda tidur.

Bila Anda tidur kurang dari 7-9 jam setiap malam, Anda mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Sudah siap mewujudkan resolusi fitnes Anda di tahun 2019 nanti? Good luck.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes