membuat otot ngepump

Trik Membuat Otot Ngepump Lebih Dahsyat

Ingin membuat otot ngepump pasca latihan? Jika iya, maka jangan lewatkan konsumsi beberapa makanan ini dalam menu diet Anda.

Siapa sih yang tidak ingin membuat otot ngepump saat dan setelah latihan di gym?

Pasalnya, hal ini bisa mendongkrak kepercayaan diri Anda saat berlatih.

Pump sendiri adalah istilah yang kerap digunakan fitnes mania pada saat nge-gym, tepatnya setelah latihan. Pasca latihan, otot akan terlihat lebih besar namun sifatnya hanya sementara.

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan aliran darah ke pembuluh darah di otot yang baru saja dilatih.

Pumping otot terjadi karena adanya gerakan otot yang cukup kuat sehingga membutuhkan nutrisi. Dan kebutuhan nutrisi ini dibawa oleh darah ke dalam jaringan otot.

Salah satu cara untuk meningkatkan aliran darah agar otot terlihat lebih jelas (pump), maka bisa juga dibantu dengan suplementasi Nitric Oxide (NO).

Merupakan senyawa kimia yang memiliki peran penting dalam pembentukan otot dan melancarkan asupan oksigen di dalam peredaran darah.

Meski merupakan molekul sederhana, NO berperan penting dalam bidang ilmu saraf, fisiologi dan imunologi. NO berguna dalam berbagai proses biologis dalam tubuh manusia. Sifatnya yang berupa gas, dihasilkan dalam tubuh dan digunakan oleh tubuh untuk berkomunikasi dengan sel lain.

Untuk menghasilkan gas ini, enzim dalam tubuh memecah asam amino Arginine. Produksi NO terjadi ketika asam amino L-Arginine diubah menjadi L-Citruline melalui kelompok enzim yang dikenal sebagai Nitric Oxide Synthase (NOS).

Selama ini kita hanya mengetahui bahwa untuk mencukupi kebutuhan nitric oxide dapat dipenuhi dengan mengonsumsi suplementasi nitric oxide saja.

Padahal ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan segala manfaat dari nitric oxide, termasuk membuat otot ngepump, yaitu melalui konsumsi makanan yang mengandung nitric oxide.

Makanan untuk Membuat Otot Ngepump

membuat otot ngepump

Kuning telur

Mengonsumsi kuning telur terlalu banyak memang tidak dianjurkan. Tim peneliti dari Western University of Canada menyebutkan bahwa diet kaya kuning telur secara berlebihan dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan mengembangkan aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan kondisi medis berupa penumpukan plak sepanjang dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Meski demikian bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya sama sekali, karena jika dikonsumsi dalam batas yang wajar, kuning telur juga bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satunya adalah kandungan nitric oxide yang ada didalamnya. Cukup konsumsi 1-2 kuning telur/hari untuk mendapatkan asupan nitric oxide di dalam kuning telur. Dan tentu saja, konsumsi kuning telur yang cukup bisa membantu membuat otot ngepump lebih hebat.

Semangka

Buah segar ini kaya akan vitamin dan mineral serta asam amino L-Citrulline. L-Citrulline diketahui membantu menjaga daya tahan tubuh melawan infeksi dan juga berguna untuk meningkatkan energi.

Selain itu, L-Citrulline juga membantu menjaga keseimbangan nitrogen di dalam tubuh dengan cara mengoptimalkan peredaran darah melalui konversi ke bentuk asam amino lain (arginin).

Ikan Tuna

Seafood yang satu ini pasti tidak asing di telinga Anda, dan kami yakin setiap orang pasti menyukainya. Dialah tuna! selain kaya akan protein dan asam lemak omega-3, tuna juga dikenal sebagai penghasil nitric oxide terbaik.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan otot yang lebih pump saat latihan beban, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi makanan ini sebelum latihan.

Lentil

Nah, bagi Anda yang vegetarian, ada juga sumber makanan alami yang mengandung nitric oxide untuk meningkatkan power dan stamina saat latihan, dialah kacang lentil.

Bagi Anda para vegetarian yang ingin membangun massa otot, makanan yang satu ini wajib dikonsumsi. Kacang lentil atau disebut dengan “kacang ajaib” memiliki kandungan karbohidrat untuk penghasil energi saat berlatih dengan rendah lemak dan gula.

Disamping itu lentil,  juga dikenal sebagai peningkat produktifitas nitic oxide pada peredaran pembuluh darah Anda, sehingga konsentrasi Anda saat latihan dapat terjaga dengan baik.

Kacang Pistachio

Satu lagi sumber makanan yang mengandung nitric oxode bagi para vegetarian, yaitu kacang pistachio. Kacang-kacangan jenis ini memang jarang dibudidayakan di Indonesia. Budi daya kacang ini berada di Turkmenistan, Iran, dan Azerbaijan Barat.

Kacang ini diperkaya dengan asam oleat dan asam lemak tak jenuh tunggal, dua nutrisi yang berperan penting dalam menurunkan lemak jahat (LDL) dan meningkatkan lemak baik (HDL).  Tak hanya itu, kacang pistachio juga diketahui mengandung asam amino L-Arginine (peningkat nitric oxide) yang membuat pembuluh darah arteri kita menjadi fleksibel, sehingga proses perbaikan serta pemulihan massa otot melalui peningkatan aliran darah ke dalam otot menjadi optimal.

Bahkan mengonsumsi kacang pistachio 4-5 butir setiap hari dapat memenuhi kebutuhan serat harian tubuh sebanyak 35 persen.

Latihan untuk Membuat Otot Ngepump

Untuk membuat otot ngepump, Anda bisa melakukan beberapa latihan yang benar-benar dapat membantu mewujudkannya. Dan latihan berikut ini adalah free weight atau bodyweight workout.

Single Arm Dumbbell Press | 2-4 Set 15-20 Repetisi

membuat otot ngepump

Tahap Pelaksanaan:

  • Posisi berdiri dengan tubuh tegap sambil salah satu tangan memegang dumbbell
  • Awali posisi dumbbell dengan sudut siku 45 derajat
  • Kemudian angkat dumbbell ke atas hingga tangan lurus
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi
  • Lakukan pada masing-masing sisi

Incline Push Up | 2-4 Set 15-20 Repetisi

membuat otot ngepump

Tahap Pelaksanaan

  • Posisi awal seperti push up, namun sandaran tangan berada di bench/incline
  • Kemudian lakukan push up seperti biasa

Tricep Dips | 2-4 Set 15-20 Repetisi

membuat otot ngepump

Tahap Pelaksanaan

  • Pegang bar dengan kedua tangan
  • Angkat tubuh hingga kedua lengan lurus
  • Silangkan kedua kaki sambil lutut menekuk
  • Turunkan tubuh dengan lengan menekuk
  • Kembali ke posisi semula dan ulangi

Namun perlu diingat, sebaiknya jangan melakukan latihan pumping yang berlebihan terhadap otot Tricep dan Abdominal.

Karena saat stress berlebih di kedua otot tersebut, maka pembuluh darah akan melebar dan oksigen akan mengumpul di dalam otot.

Nah, asupan nutrisi yang tepat akan membuat otot ngepump jadi lebih dahsyat. Jadi, jangan lewatkan makanan di atas ya?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes