Savory Oatmeal Pancake Serving with Pan Fried Tempeh and Steamed Frozen Vegetable

Savory Oatmeal Pancake Serving with Pan Fried Tempeh and Steamed Frozen Vegetable

Kehabisan ide untuk menyiapkan sarapan atau makan malam yang sehat? Yuk kita coba resep sehat berikut ini. Kalau biasanya kita menikmati pancake dengan citarasa manis dan menyegarkan, kali ini kita membuat pancake dengan citarasa yang gurih dan tentu saja menyehatkan. Pancake gurih oatmeal atau savory oatmeal pancake adalah variasi hidangan menggunakan chicken oatmeal porridge. Membuatnya pun tidak sulit. Anda tidak perlu bingung menyiapkan bumbu-bumbu yang diperlukan karena chicken oatmeal porridge sudah mengandung ekstrak ayam dan bumbu-bumbu alami yang bebas MSG.

Savory Oatmeal Pancake Serving with Pan Fried Tempeh and Steamed Frozen Vegetable

Sedikit cerita tentang savory atau gurih. Citarasa gurih atau sering juga disebut umami adalah citarasa kelima setelah manis, asam, asin, dan pahit. Umami berasal dari bahasa Jepang yang artinya dalam bahasa Inggris pleasant savory taste atau rasa gurih yang lezat. Umami mulai diperdebatkan sebagai salah satu citarasa dasar semenjak diusulkan pertama kali oleh Kikunae Ikeda pada tahun 1908. Kikunae Ikeda (1864-1936) adalah seorang ahli kimia berkebangsaan Jepang dan profesor kimia di Tokyo Imperial University. Pada tahun 1985, citarasa umami resmi diakui sebagai citarasa kelima pada Simposium Umami International yang pertama di Hawaii.

Citarasa umami dirasakan oleh lidah melalui reseptor glutamat, sehingga para ilmuwan menganggap rasa ini berbeda dengan rasa asin. Glutamat umumnya ditemukan dalam bentuk garam glutamat yaitu monosodium glutamat atau MSG. Tetapi sebenarnya komponen glutamat dapat ditemukan pada berbagai jenis bahan makanan alami. Bahkan pada air susu ibu pun mengandung glutamat alami. Sehingga tidak heran kalau rasa umami adalah salah satu citarasa favorit karena sejak masih bayi, kita sudah merasakan sensasi rasa ini. Glutamat secara alami banyak terdapat pada daging, ikan, seafood, jamur, sayuran-sayuran (misalnya tomat, sawi hijau, bayam, dan seledri), teh hijau, rumput laut, dan produk-produk fermentasi (misalnya keju, terasi, yeast dan kecap).

Chicken oatmeal porridge dibuat menggunakan bumbu-bumbu yang memiliki kandungan glutamat alami sehingga memberikan citarasa yang gurih dan lezat. Yuk, kita coba resep sehat berikut.

Untuk 8 potong (4 sajian)

Bahan

30 g chicken oatmeal porridge
20 g oatmeal quick cooking
60 g tepung terigu
150 ml susu cair rendah lemak
100 ml air
½ sdt baking powder
2 butir telur
2 sdm minyak canola

Lauk (untuk 1 sajian)

50 g tempe (potong tipis-tipis dibaluri lada dan garam secukupnya kemudian masak dengan wajan datar dan dibolak balik sampai kedua permukaan berubah warna menjadi kecoklatan)
60 g frozen vegetable (dikukus)

Cara Membuat

1. Campur rata chicken oatmeal porridge, oatmeal quick cooking, tepung terigu dan baking powder. Sisihkan.
2. Campur telur, minyak canola, susu cair, dan air. Aduk rata dapat menggunakan whisk atau mixer kecepatan rendah.
3. Masukkan campuran telur ke dalam campuran tepung. Aduk rata dengan whisk atau mixer.
4. Siapkan wajan datar anti lengket berdiameter alasnya sekitar 13 cm. Beri sedikit minyak untuk melapisi permukaannya saja. Lakukan untuk sekali saja.
5. Gunakan api kecil dan panaskan wajan datar tersebut.
6. Ambil campuran adonan menggunakan gelas takar ukuran ¼ cup. Masukkan ke dalam wajan datar yang sudah dipanaskan. Ratakan. Biarkan sampai sisi bawah pancake matang (dimana adonan tidak lengket lagi). Balik untuk mematangkan bagian satunya lagi.
7. Setelah matang, angkat dan sajikan. Anda dapat menggulung pancake sebelum disajikan.
8. Untuk penyajian 1 porsi yaitu dengan 2 lembar pancake ditambah dengan lauk.

Nilai Gizi per Porsi

Kalori: 319,8 kkal
Lemak: 14,5 g
Karbohidrat: 28,4 g
Serat: 6,5 g
Protein: 18,9 g

Tips dan Saran

Anda dapat menggantikan lauknya dengan bahan-bahan yang lain seperti telur mata sapi, olahan daging atau ayam, dan olahan sayur-sayuran segar lainnya seperti salad atau tumisan.

Jika Anda tertarik dan ingin mencoba serta memesan chicken oatmeal porridge, Anda dapat menghubungi melalui email saya di arieftng@yahoo.com atau pin BBM saya 2bd0ff69. Karena produk hanya dibuat sesuai pesanan. Selamat mencoba.

BACA JUGA: Whole Wheat Garlic Bread

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes