Sauteed Tempeh and Cai Xin

Cai xin atau disebut juga sawi hijau memiliki nama latin Brassica rapa var. Parachinensis. Dalam bahasa Inggris sayuran ini memiliki sebutan antara lain chinese soup green, white flowering cabbage, mock pak choy, dan choy sum.

Sauteed-Tempeh-and-Cai-Xin

Sayuran ini masih satu spesies dengan pak choi, kubis china (petsai), dan sawi putih. Sawi hijau atau cai xin dapat dibedakan dengan adanya bunga kecil berwarna kuning yang memiliki diameter 0,5-1 cm.

Sayuran ini memiliki rasa yang renyah, segar dan sedikit citarasa mustard. Cai xin adalah salah satu sayuran yang populer di kuliner Hong Kong dan China bagian selatan. Umumnya digunakan dalam tumisan dan sup. Di Indonesia, sayuran ini sering digunakan sebagai campuran dalam kuah bakso.

Canadian Diabetes Association memasukkan sayuran ini sebagai salah satu sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sayuran ini memiliki kalori yang rendah (hanya 12 kkal/100 g), rendah karbohidrat (1,8 g/100g) dan lemak serta sodium yang rendah (berturut-turut 0,2 g dan 34 mg dalam 100 g). Seratus gram cai xin mengandung protein sebanyak 1,6 g dan dapat menyediakan serat pangan yang dapat memenuhi 4% dari kebutuhan harian tubuh.

Cai xin juga mengandung sejumlah zat gizi mikro yang bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, asam folat (B9), kalsium, fosfor, zat besi, magnesium dan kalium. Kandungan gizi ini tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh sesuai dengan arti harafiah choy sum dalam bahasa Kanton yang artinya “vegetable heart”.

Tips dalam memilih sayuran ini agar mendapat sayuran yang berkualitas yaitu pilihlah sayuran yang tidak layu atau memiliki bercak-bercak coklat dan batangnya tidak layu atau lemes. Jika akan disimpan terlebih dahulu, masukkan cai xin ke dalam kantong plastik dan disimpan dalam refrigerator.

Dalam menyiapkan sayuran ini, cucilah terlebih dahulu sebelum dipotong-potong. Untuk mendapatkan tekstur yang renyah, setelah sayuran direbus atau di-blanching segera direndam dalam air dingin (matang) kemudian ditiriskan setelah itu dapat disajikan.

Untuk 5-6 porsi

Bahan
200 g tempe (potong dadu)
200 g cai xin (potong-potong + 2cm)
50 g jamur shiitake
¼ sdt garam
1/8 sdt penyedap rasa ayam
¼ sdt lada
4 siung bawang putih
2 sdm minyak bekatul

Cara membuat

  1. Panaskan minyak dan tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan tempe dan jamur shiitake. Tumis sampai setengah matang.
  3. Masukkan cai xin dan tumis sampai matang.
  4. Masukkan garam, penyedap rasa ayam, dan lada. Aduk rata.
  5. Angkat dan sajikan.

Nilai gizi per porsi

Energi: 101 kkal
Lemak: 7 g
Karbohidrat: 2,6 g
Serat: 2 g
Protein: 7 g

Tip dan saran

Dalam masakan yang ditumis, cai xin ditambahkan selalu beberapa saat sebelum selesai ditumis agar teksturnya masih renyah dan tidak banyak zat gizi yang hilang.

BACA JUGA : Baked Brown Rice (Nasi Panggang Beras Coklat)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes