manfaat kopi hitam

Manfaat Kopi Hitam untuk Performa Latihan Anda

Manfaat kopi hitam mungkin selalu Anda rasakan ketika Anda mengonsumsinya di pagi hari. Tapi apakah benar kopi hitam yang dikonsumsi menjelang latihan di gym mampu membangkitkan energi selama berlatih?

Bagi sebagian besar fitnes mania mungkin akan menjawab dengan tegas, IYA.

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis suplemen pre-workout yang hadir dipasaran untuk membantu bangkitkan energi Anda selama latihan.

Akan tetapi, dengan secangkir kopi saja juga dapat membantu Anda untuk mewujudkannya.

Manfaat Kopi Hitam Sebagai Sumber Energi Selama Latihan Intens

Kenapa kopi sangat diandalkan?

Dalam hal ini tentu adalah untuk menambah energi selama latihan agar performa jadi semakin maksimal.

Ini tidak lain tidak bukan karena kandungan dalam kopi itu sendiri. Yaitu kafein.

Kafein ini adalah stimulan yang terbukti efektif mampu meningkatkan kinerja atletik.

Banyak ahli nutrisi yang menyebut bahwa konsumsi kafein dapat membantu meningkatkan performa latihan yang intens selama 5-20 menit.

Namun sebelum itu, tubuh Anda tetap membutuhkan makronutrisi. Yaitu karbohidrat, lemak, maupun protein.

Jadi hindari anggapan bahwa konsumsi kafein saja sudah cukup untuk menambah tenaga dan mengurangi makronutrisi.

Kafein memang penting, namun makronutrisi tak kalah penting.

Sebaiknya konsumsi kafein diluar jadwal konsumsi tiga makronutrisi tadi.

Disarankan untuk mengonsumsi kopi pada saat sebelum memulai latihan.

Selain membantu menambah energi, manfaat kopi hitam juga dapat membantu memobilisasi asam lemak bebas.

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah bahan lain yang biasanya ditambahkan ke dalam kopi, selain kafein pastinya.

Yakni susu dan gula.

Manfaat kopi hitam sebagai stimulan yang luar biasa ini akan terganggu bila Anda menambahkan gula atau susu ke dalam kopi dalam jumlah yang terlalu banyak.

Kapan Waktu Terbaik untuk Konsumsinya?

manfaat kopi hitam

Bila Anda mengandalkan manfaat kopi hitam sebagai suplemen pre-workout, maka Anda tidak bisa mengandalkan secangkir kopi yang dikonsumsi pada pagai hari saja.

Kunci utama mengonsumsi kopi sebagai penambah energi latihan adalah waktunya.

Anda mungkin akan merasa sangat bersemangat meskipun baru minum dalam satu tegukan.

Tapi percayalah, ini belum benar-benar berhasil masuk ke dalam sistem tubuh Anda.

Kopi akan membantu membangkitkan tubuh Anda dengan cara menyebarkan kafein ke dalam aliran darah Anda.

Dan proses ini membutuhkan waktu. Maksimal adalah 5-6 enam jam setelah mengonsumsinya.

Tapi kapan puncak efeknya? Yaitu efek maksimal dari stimulasi yang diberikan kafein?

Jawabannya bukan berjam-jam. Jika Anda ingin mendapatkan suntikan energi yang lebih karena efek kafein, maka Anda bisa konsumsi kopi sekitar 45 menit sebelum latihan.

Berdasarkan penelitian tahun 2008 yang diterbitkan di laman ScienceDaily.com, disebutkan bahwa konsenstrasi kafein maksimal sekitar 45 menit setelah dikonsumsi.

Jadi Anda bisa mulai berlatih 45 menit sebelum latihan untuk mendapatkan efek dahsyat dari kafein.

Lalu berapa dosis kafein yang harus dikonsumsi?

Masih pada penelitian yang sama dikatakan bahwa dosis kafein tidak mempengaruhi.

Namun menurut rekomendasi dari Mayo Clinic, sebaiknya mengonsumsi kafein tidak melebihi 400 miligram kafein dalam sehari.

Jika dijumlahkan dalam bentuk cangkir, jumlah tersebut sekitar 4 cangkir.

Jadi Anda bisa mengonsumsi kopi pada pagi hari dan 45 menit sebelum berolahraga.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat kopi hitam serta kapan yang tepat untuk mengonsumsinya, sudah siap untuk berlatih hari ini?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes