makanan tinggi protein

5 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Baik Dimakan Sebelum Latihan HIIT

Apa saja makanan tinggi karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum latihan HIIT? Apakah makanan-makanan tersebut mampu meningkatkan performa latihan?

Ketika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam sebuah latihan, atau ingin memiliki performa terbaik, maka pengaturan nutrisi (diet) sangatlah penting.

Makanan yang mengandung karbohidrat, sering disalah artikan sebagai makanan yang kontradiksi dengan program fitnes, terlebih untuk program fat loss.

Padahal, tidak sepenuhnya demikian.

Ada alasan tertentu mengapa Anda tetap disarankan untuk tetap mengonsumsi karbohidrat walaupun sedang menurunkan berat badan.

Yaitu sebagai sumber energi.

Ya, makanan tinggi karbohidrat sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai sumber energi saat latihan.

Itulah sebabnya Anda bisa mengonsumsinya sebelum berangkat latihan.

Apalagi bila latihan yang akan Anda lakukan termasuk latihan yang intens seperti HIIT atau High Intensity Interval Training.

HIIT, Latihan Singkat nan Dahsyat

makanan tinggi protein

Makanan yang mengandung karbohidrat sangat diperlukan sebagai sumber energi sebelum memulai latihan HIIT.

Latihan kardio dengan metode HIIT merupakan metode latihan kardio yang menggunakan kombinasi latihan dengan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam waktu tertentu.

HIIT sendiri didesain untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Maka tak heran jika HIIT banyak digemari sebagai penurun berat badan cepat bagi mereka yang menjalankan program fat loss.

Tidak hanya itu, metode latihan HIIT juga dapat meningkatkan perkembangan serabut otot cepat (fast twitch fiber).

Makanan Tinggi Karbohidrat yang Dikonsumsi Sebelum Latihan

makanan tinggi protein

#1. Roti Gandum atau Pasta

Bila Anda dihadapkan pilihan antara produk putih (roti biasa) atau gandum utuh, maka pilihan yang tepat adalah gandum utuh.

Meskipun jika Anda kurang begitu menyukainya, namun makanan tersebut sangat baik untuk performa latihan Anda nantinya.

Ini karena makanan gandum utuh (roti gandum) adalah karbohidrat yang cepat diserap oleh tubuh.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan suntikan energi yang instan, bukan pelepasan energi yang lambat.

Dan bila Anda berlatih lebih dari 10 menit, maka Anda membutuhkan makanan dengan pasokan energi yang konstan daripada instan.

Roti gandum utuh atau semangkuk pasta adalah pilihan yang bagus.

Bila perlu, tambahkan selai kacang dalam roti Anda untuk protein dan lemaknya.

#2. Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat yang sehat dan sempurna untuk dikonsumsi sebelum latihan. Ini menjadikan pisang sebagai salah satu makanan tinggi karbohidrat yang tepat dikonsumsi sebelum HIIT.

Buah-buahan ini, menurut laman CheatSheet.com, kaya akan gula dan pati (27 gram karbohidrat setiap satu buah pisang ukuran sedang).

Jumlah nutrisi tersebut akan membantu memberikan tubuh Anda energi terlepas dari latihan apa yang Anda lakukan.

Pisang juga merupakan makanan ringan pasca latihan yang ideal. Hal ini karena kandungan kalium pada pisang cukup tinggi untuk membantu mengisi ulang pasokan energi tubuh Anda.

#3. Ubi Jalar

Makanan sederhana dan mudah ditemukan di Indonesia ini adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi.

Pastinya, adalah karbohidrat.

Pada satu buah ubi jalar bisa mengandung 38 gram karbohidrat kompleks. Tentu saja ini kabar baik bagi Anda yang ingin berlatih secara intens seperti dengan metode HIIT.

Selain karbohidrat, makanan ini juga mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu menjaga otot serta sistem kekebalan tubuh Anda.

#4. Buncis

Buncis termasuk dalam keluarga sayuran.

Berbagai olahan buncis ini dapat membantu menyediakan energi bagi tubuh Anda sebelum perli latihan HIIT.

Cukup dengan satu sendok makan, buncis mengandung sekitar delapan gram karbohidrat. Dan buncis ini menjadi salah satu makanan tinggi karbohidrat.

Selain karbohidrat, buncis juga merupakan sumber nutrisi protein yang baik yang tentu saja dapat membantu proses pembentukan otot dan juga pemulihan pasca latihan.

#5. Oatmeal

Anda sudah tidak asing bukan dengan makanan ini?

Ya, oatmeal adalah makanan ringan yang baik dikonsumsi sebelum atau setelah latihan karena kandungan nutrisinya.

Oat sendiri sebenarnya adalah makanan gandum utuh, jadi mampu membantu menyediakan energi tubuh Anda secara konstan.

Tidak hanya sebagai makanan tinggi karbohidrat, tetapi oatmeal juga mengandung protein, lemak sehat, dan serat. Kombinasi ini membuat oatmeal menjadi salah satu makanan favorit fitnes mania sebelum pergi latihan HIIT.

Bagaimana dengan Anda?

#6. Apel

Tidak suka pisang? Kenapa tidak memilih apel?

Apel adalah sumber karbohidrat sehat lainnya yang baik dikonsumsi sebelum latihan.

Satu buah apel ukuran sedang mengandung sekitar 25 gram karbohidrat. Juga mengandung serat yang tinggi.

Nutrisi-nutrisi tersebut memastikan bahwa Anda akan berlatih tanpa kekurangan energi.

Dikombinasikan dengan selai kacang yang mengandung tinggi protein pastinya akan baik untuk asupan nutrisi Anda sebelum latihan.

Makanan tinggi karbohidrat adalah makanan yang baik untuk jadwal latihan Anda. Sudah siap untuk latihan HIIT hari ini?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes