nutrisi terbaik sebelum latihan

Inilah Nutrisi Terbaik Sebelum Latihan yang Paling Anda Butuhkan!

Apa sih nutrisi terbaik sebelum latihan? Apakah benar-benar dapat mempengaruhi atau meningkatkan performa tubuh Anda saat berlatih di gym?

Dengan begitu banyak merk suplemen yang berbeda dipasaran, mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memutuskan mana yang terbaik digunakan sebelum latihan.

Tapi yang paling penting untuk Anda ketahui bukan semata brand atau merk-nya, melainkan kandungan nutrisi terbaik sebelum latihan.

Suplemen pre-workout memang sudah menjadi ‘kewajiban’ bagi Anda fitnes mania yang ingin menjaga maupun menambah performa latihan.

Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan power, stamina, baik selama latihan maupun sesudahnya.

Terutama bagi Anda yang baru mulai, mungkin Anda akan sedikit bingung produk mana yang terbaik untuk pre-workout Anda.

Nah, bila Anda bingung, berikut ini adalah nutrisi terbaik sebelum latihan yang wajib ada di suplemen Anda.

1. Kafein, Nutrisi Terbaik Sebelum Latihan yang Paling Populer

Banyak atlet angkat beban maupun pegiat fitnes memilih kafein sebagai nutrisi terbaik sebelum latihan mereka.

Alasannya adalah sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa kafein benar-benar bermanfaat untuk menambah performa latihan.

Mulai dari meningkatkan kewaspadaan, fokus, mengurangi DOMS (delayed onset muscle soreness) atau nyeri pasca latihan, membantu membakar lemak, dan paling utama adalah menambah energi selama latihan.

Kafein akan membantu menjaga ketahanan daya tahan tubuh Anda selama latihan juga mampu menjaga performa saat Anda latihan intens.

Apakah kafein efektif? Ya tentu, bahkan pada tahun 2004 lalu atlet dilarang mengonsumsi kafein karena dianggap doping. Meskipun pada akhirnya larangan tersebut dicabut.

Sejak saat itu, lebih dari 75% atlet mengonsumsi kafein selama berkompetisi.

Tapi hal ini akan berbeda bagi Anda yang tidak tahan dengan kafein. Cara terbaik bagi Anda yang mengalami ini adalah dengan menghindari atau membatasi asupan kafein.

Juga, hindari konsumsi kafein menjelang tidur malam karena dapat membuat Anda terjaga dan sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. BCAA

Apabila Anda mengonsumsi kalori dan protein yang cukup, maka leusin, isoleusin, dan valin dari BCAA (branched-chain amino acids) akan membantu mengatur metabolisme protein.

Hal ini berarti akan membantu meningkatkan sintesis protein dan mengurangi pemecahan protein.

Dengan kata lain, BCAA akan membantu membangun otot Anda dan meminimalisir penyusutan otot.

Bila dikonsumsi sebelum latihan, BCAA dapat membantu mengurangi nyeri otot (DOMS) sehingga Anda bisa kembali latihan lebih cepat, mengurangi kelelahan fisik dan mental selama latihan.

Bila Anda mencari merk dengan kandungan BCAA terbaik, maka pilih merk BCAA dengan rasio 2:1:1, 2 untuk leusin, 1 untuk isoleusin dan valin.

Tapi bila beberapa brand tidak menyebutkan secara spesifik, maka pilihlah merk dengan kandungan setidaknya 3 gram leusin per porsi.

3. Beta-Alanine

Tagline fungsi dari beta-alanine ini adalah menunda kelelahan.

Ketika latihan dengan intens, tingkat keasaman tubuh Anda juga akan bertambah. Semakin tinggi nilainya, maka semakin cepat lelah dan mengurangi performa latihan.

Beta alanine ini dapat membantu mempertahankan intensitas latihan Anda dalam waktu yang lebih lama. Dengan kata lain, beta alanin membantu menambah energi sehingga durasi latihan menjadi lebih lama.

Bila Anda mengonsumsinya dalam jumlah besar, maka kemungkinan Anda akan merasakan kesemutan, terutama pada bagian leher dan muka. Kondisi ini dinamakan dengan paresthesia.

Meskipun begitu, para ilmuwan mengatakan bahwa paresthesia tidaklah berbahaya dan sifatnya sementara.

Bagi Anda yang ingin konsumsi beta alanine, konsumsi hanya sekali atau dua kali belum akan terlihat perubahannya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin selama 2-3 minggu.

The International Society of Sports Nutrition merekomendasikan untuk mengonsumsi beta alanine sebanyak 4-6 gram per hari.

4. Nutrisi Terbaik Sebelum Latihan Lain yang Perlu Anda Ketahui

Selain tiga nutrisi di atas, ada beberapa nutrisi terbaik sebelum latihan yang lain yang tak kalah besar manfaatnya. Antara lain;

– L-Tyrosine: Menambah energi dan ketahanan terhadap kelelahan

– L-Theanine: Meningkatkan fokus dan mengurangi ‘gemetar’ yang diakibatkan dari kafein

– Yohimbine: Menambah energi dan mental

– Betaine: Menambah kekuatan dan mempercepat masa recovery

Apabila dikonsumsi sesuai dosis, maka nutrisi terbaik sebelum latihan di atas akan sangat membantu menjaga performa Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes