makanan penurun tekanan darah tinggi

8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

Sering memiliki masalah tekanan darah tinggi? Berikut ini 8 makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi tampaknya sudah menjadi penyakit yang umum dijumpai pada saat ini.

Diperkirakan lebih dari 65 juta orang saat ini memiliki tekanan darah yang tinggi.

Terutama bagi mereka yang di wilayah perkotaan.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa tekanan darah tinggi dapat menjadi penyebab stroke, serangan jantung, gagal ginjal, hingga kematian.

Kondisi ini (tekanan darah tinggi) juga disebut sebagai silent killer, karena cenderung tidak memiliki gejala.

Namun pada beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala pada saat mengalami tekanan darah tinggi.

Tekanan darah yang tinggi biasanya lebih dari 140/90 mm/Hg secara kontinyu.

Penyebab tekanan darah tinggi salah satunya adalah pengerasan arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis.

Hanya saja, diet yang buruk akan semakin memperburuk kondisi tersebut. Tidak ingin ini terjadi pada Anda bukan?

Maka dari itu, akan sangat bijak untuk mulai mengonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari tekanan darah tinggi maupun penyakit berbahaya lainnya.

Dan berikut ini ada 8 makanan penurun tekanan darah tinggi yang bisa Anda tambahkan ke dalam menu diet Anda.

1. Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Ampuh, Kacang Almond

makanan penurun tekanan darah tinggi

Beberapa dari Anda mungkin sudah akrab dengan makanan yang satu ini.

Ya, kacang almond dikatakan sebagai makanan penurun tekanan darah tinggi ketika ditambahkan dalam menu diet Anda.

Hal ini seperti studi yang disebutkan dalam Journal of Nutrition tahun 2016, bahwa peserta yang mengonsumsi 15% kalori dari kacang almond, maka terjadi penurun tekanan darah tinggi.

Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa peserta yang mengonsumsi kacang-kacangan (termasuk kacang almond), memiliki tekanan darah lebih rendah daripada peserta yang tanpa mengonsumsi kacang.

Hal ini dikarenakan dalam kacang almond mengandung lemak tak jenuh sehat (monosaturated fat) yang baik untuk jantung.

Sehingga makanan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoproteins/LDL) dan peradangan arteri.

Dalam kacang almond memang mengandung beberapa nutrisi penting, vitamin, mineral, asam lemak, dan juga serat makanan yang diperlukan untuk pikiran dan tubuh yang sehat.

2. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

makanan penurun tekanan darah tinggi

Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat?

Banyak dari Anda yang mungkin sangat gemar konsumsi cokelat. Sudah tahu belum kalau cokelat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi?

Ya, cokelat disini yang dimaksud adalah dark cokelat atau cokelat hitam.

Cokelat hitam ini biasanya terbuat biji kakao yang kaya akan antioksidan.

Dalam biji kakao juga mengandung theobromine, yang telah sebagai salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi yang cukup ampuh.

Misalnya, 1 ons cokelat hitam dapat menghasilkan 150 kalori dan 9 gram lemak.

Karena itu, meskipun sangat menyukai cokelat, termasuk cokelat hitam, ada baiknya untuk tetap mengonsumsinya secara bijak.

Yang direkomendasikan adalah 1 ons per hari dan pastikan terbuat 60% dari kakao.

3. Menurunkan Tekanan Darah dengan Anggur

makanan penurun tekanan darah tinggi

Sudah tahu kan anggur jenis concord?

Anggur jenis ini cenderung memiliki warna biru gelap atau ungu.

Tahukah Anda bahwa anggur concord berperan penting dalam menjaga tekanan darah yang sehat?

Tentu saja, warna dari buah itu sendiri yang gelap sangat kaya akan antioksidan.

Selain anggur concord, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi anggur lain seperti anggur merah atau ungu.

Bila Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa membuatnya melalui jus. Tapi ingat, buatlah yang benar-benar jus tanpa tambahan gula.

Manfaat dari konsumsi anggur dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan tentu sebagai makanan penurun tekanan darah tinggi yang baik untuk Anda.

Bila masih kurang suka dengan jus, Anda bisa menambahkan anggur dalam setiap menu salad Anda.

4. Get Strong Like Popeye dengan Bayam

makanan penurun tekanan darah tinggi

Anda mungkin masih ingat dengan salah satu karakter dalam film kartun yang cukup populer, yaitu Popeye.

Karakter popeye sendiri adalah seorang pelaut yang akan sangat kuat setelah makan sayur bayam.

Dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa sayuran berdaun hijau, tak terkecuali bayam, dapat membantu meningkatkan kekuatan otot.

Bukan hanya itu, manfaat bayam juga dapat sebagai makanan penurun tekanan darah tinggi yang baik.

Pada penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2012, manfaat yang didapat dari rutin konsumsi bayam bisa terjadi 20 tahun mendatang.

Dalam studi tersebut menyebutkan bahwa konsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan folat (bayam), dapat memiliki tekanan darah yang normal daripada mereka yang mengonsumsi sedikit.

Selain bayam, sayuran lain dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat yang sama seperti kale atau collard.

5. Jaga Tekanan Darah Tetap Sehat dengan Pistachio

makanan penurun tekanan darah tinggi

Lagi, kacang-kacangan memang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Tidak hanya mengandung protein tinggi yang baik untuk massa otot, melainkan kaya akan nutrisi lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satunya adalah kacang pistachio.

Kacang jenis ini, seperti yang disebut dalam jurnal Hypertension, dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap tekanan darah pada orang yang memiliki kadar lemak tinggi.

Pada penelitian tersebut, peserta menambahkan 10-20% kalori harian dari kacang pistachio.

Hasil dalam seminggu dikatakan bahwa peserta yang mengonsumsi kacang pistachio tersebut memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada yang tidak.

Tentu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menambahkan 1 porsi kacang pistachio dalam menu diet Anda setiap harinya, untuk sebagai makanan penurun tekanan darah tinggi yang tepat untuk Anda.

6. Buah Blueberry

makanan penurun tekanan darah tinggi

Buah blueberry juga ikut berperan dalam membantu menjaga tekanan darah tetap sehat dan menghindarkan dari kekakuan pembuluh arteri.

Baik tekanan darah maupun pembekuan arteri ini dapat terkait dengan penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan lain-lain.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, orang gemuk yang melengkapi diet mereka dengan 2 cangkir blueberry selama delapan minggu, penurunan tekanan darah yang terjadi antara 4-6%.

Bukan hanya itu, konsumsi blueberry setiap harinya juga mampu menjaga tekanan darah dan pembekuan arteri pada wanita yang sudah menopause.

7. Susu Rendah Lemak untuk Mengontrol Tekanan Darah

makanan penurun tekanan darah tinggi

Anda suka minum susu rendah lemak?

Dan minuman ini ternyata memang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

Menurut studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, dikatakan bahwa orang yang konsumsi 2-3 porsi susu rendah lemak setiap hari, dapat membantu mengurangi risiko dari tekanan darah tinggi (hipertensi).

Masih pada penelitian yang sama, penurunan tekanan darah tidak terlihat pada partisipan yang mengonsumsi susu berlemak, hanya susu yang rendah lemak.

Anda bisa mengonsumsi susu rendah lemak dari keju cottage, greek yogurt, atau menambahkan susu rendah lemak pada kopi atau sereal Anda setiap paginya.

8. Manfaat Luar Biasa dari Biji-Bijian

makanan penurun tekanan darah tinggi

Selain kacang-kacangan maupun sayuran berdaun hijau, ada makanan lagi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Yakni biji-bijian.

Kebanyakan, makanan dari biji-bijian ini sangat baik bagi kesehatan, tak terkecuali untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal ini dikarenakan, biji-bijian mengandung tinggi mineral seperti kalium dan magnesium. Keduanya sering dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

Inilah mengapa biji-bijian memainkan peran yang tidak terpisahkan dalam diet DASH (Dietary Approached to Stop Hypertension).

Selain dapat menurunkan tekanan darah, biji-bijian juga dapat membantu mengontrol insulin, konstipasi, mengendalikan berat badan, hingga memperlambat penumpukan plak di pembuluh arteri.

Ini berarti mampu menghindarkan Anda dari berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung atau tekanan darah tinggi.

Makanan yang termasuk biji-bijian antara lain biji labu, biji bunga matahari, chia, atau wijen.

Jadi sekarang sudah tahu kan apa saja makanan penurun darah tinggi? Sangat mudah untuk mendapatkannya dan siap untuk ditambahkan ke dalam menu diet Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes