nutrisi olahraga

4 Tips Mendapatkan Nutrisi Terbaik yang Dibutuhkan Tubuh Saat Olahraga

Nutrisi olahraga seperti apa yang terbaik untuk program fitness Anda? Dan bagaimana cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi itu sendiri?

Nutrisi merupakan bagian penting dalam rejimen olahraga atau latihan.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk dibalik nutrisi.

Sport nutrition memainkan peran penting dalam mengoptimalkan efek yang baik dari setiap latihan Anda.

Walaupun begitu, Anda tidak bisa mengatakan bahwa menggunakan sport nutrition kalau tidak Anda akan mati. TIDAK.

Tentu, saran terbaik adalah dengan datang langsung kepada ahlinya untuk mendapatkan nutrisi olahraga terbaik yang sesuai dengan goal fitness Anda.

Tapi bila memang Anda tidak atau belum dapat melakukannya sekarang, maka artikel ini wajib Anda baca sampai habis karena ada tips sederhana untuk memilih nutrisi olahraga terbaik dan tepat.

Pemilihan nutrisi olahraga yang lebih baik akan mampu meningkatkan performa latihan Anda.

Untuk membuat performa yang maksimal, maka Anda membutuhkan energi yang cukup agar otot-otot bekerja dengan baik.

Salah satu caranya adalah dengan sarapan yang sesuai serta mengonsumsi beberapa makanan lain yang kaya akan nutrisi sepanjang hari.

Karbohidrat misalnya.

Mungkin beberapa dari Anda yang masih menganggap remeh karbohidrat, dan hanya menganggapnya sebagai biang kegemukan.

Padahal tidak selalu demikian.

Karbohidrat merupakan bahan bakar tubuh untuk mempermudah setiap otot ketika bekerja (latihan).

Maka dari itu, kendati Anda sedang berdiet, maka sebaiknya hindari pengurangan karbohidrat secara drastis terutama menjelang dan pasca latihan.

Tak kalah penting adalah PROTEIN.

Protein merupakan sumber energi dan sangat penting dalam membangun jaringan otot yang baru.

Setelah latihan dengan keras, otot Anda akan rusak dan tumbuh dengan spesifikasi otot yang baru.

Namun dengan catatan, kebutuhan protein harian haruslah tetap terjaga.

Sementara lemak, sebaiknya pilih lemak yang baik yang juga dijadikan sebagai sumber energi tubuh Anda.

Intinya adalah setiap sport nutrition terbaik Anda alangkah baiknya mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Dan berikut ini tips sederhana bagaimana memaksimalkan nutrisi olahraga terbaik untuk Anda.

1. Nutrisi Olahraga yang Tepat dari Real Food

nutrisi olahraga

Sport nutrition terbaik bisa Anda dapat dari makanan sehari-hari Anda.

Akan tetapi, makanan sebelum latihan bisa bervariasi tergantung pada metode atau sesi latihan Anda.

Misalnya, jika berlatih pada malam hari, maka pada siang harinya sebaiknya konsumsi makanan yang mudah dicerna, tinggi karbohidrat kompleks seperti salad atau sayuran atau buah-buahan.

Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi protein atau tinggi lemak menjelang latihan, karena mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna.

Bangun tidur langsung latihan dengan perut kosong tidak disarankan. Kecuali bila memang latihan kardio yang sangat ringan.

Sangat disarankan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum latihan.

Akan tetapi, sifat manusia itu pada dasarnya cukup kompleks dan setiap orang berbeda.

Jadi lakukan eksperimen seperti apa yang terbaik untuk Anda.

Terlepas dari makanan apa yang akan Anda pilih, yang pasti Anda HARUS minum banyak air sebelum, selama, dan sesudah latihan.

2. Makan Sebelum Latihan

nutrisi olahraga

Sederhananya adalah semakin dengan dengan waktu latihan, maka semakin kecil jumlah makanan yang harus dikonsumsi.

Kembali lagi, hal ini karena makanan butuh waktu untuk dicerna di dalam perut Anda.

Tergantung pada jenis dan durasi latihan, baiknya mengambil sedikit camilan dan minum air 30 menit sebelum berangkat latihan.

Bisa juga konsumsi buah seperti pisang ketika akan berlatih.

Bila memang tidak berlatih dengan yang berat atau lama, maka bisa konsumsi 8-10 ons minuman olahraga untuk kalori dan hidrasi Anda.

3. Nutrisi Olahraga Paling Mudah Adalah Penuhi Asupan Cairan

nutrisi olahraga

Sangat mudah sekali asupan nutrisi terbaik apa jika latihan selesai.

Yaitu dengan konsumsi cairan yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang selama latihan (melalui keringat).

Salah satu caranya adalah dengan menimbang diri Anda sebelum maupun sesudah latihan.

Untuk setiap pon berat badan yang hilang, Anda harus minum sekitar 3 gelas air.

Cara lain untuk mendapatkan rekomendasi terbaik adalah dengan memeriksa warna urine Anda.

Urine pekat dapat menunjukkan dehidrasi karena dalam keadaan normal, urine harusnya berwarna jernih.

4. Makan Setelah Latihan

nutrisi olahraga

Kenapa harus makan?

Setelah sesi latihan yang keras dan cadas, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan, paling tidak dua jam setelah latihan.

Hal ini diperlukan untuk merevitalisasi tubuh dan mengisi toko glikogen tubuh Anda.

Beberapa dari Anda mungkin ada yang masih mengeluh kesulitan untuk mempersiapkan makanan.

Kalau seperti itu, rasanya tidak baik dijadikan alasan. Mengapa?

Karena di zaman seperti sekarang, ada banyak alat yang dapat membantu mempersiapkan makanan.

Misalnya microwave atau kulkas portable, yang semakin mempermudah Anda untuk mempersiapkan makanan pendukung fitnes Anda.

Sempurnakan Asupan Nutrisi Anda dari Suplemen

nutrisi olahraga

Bagaimanapun, nutrisi olahraga terbaik adalah yang berasal dari makanan (real food).

Tapi bagaimana bila tidak terpenuhi nutrisi dari makanan?

Misalnya adalah satu potong daging mengandung 10 gram protein, sementara kebutuhan protein harian tubuh katakanlah 50 gram.

Berarti masih membutuhkan lima potong daging untuk memenuhi kebutuhan protein.

Kalaupun bisa dipenuhi dengan makanan lain, apakah Anda akan sanggup mengonsumsi semuanya?

Kendati relatif namun hal itu cukup sulit.

Solusinya adalah dengan mengonsumsi nutrisi tambahan atau disebut dengan suplemen.

Sebenarnya masih ada beberapa kesalahan opini tentang suplemen.

Beberapa dari Anda mungkin mengatakan bahwa suplemen itu adalah obat.

Suplemen sendiri bukanlah obat yang bersifat menyembuhkan.

Suplemen hanyalah nutrisi tambahan yang tidak atau kurang didapat dari makanan sehari-hari.

Lalu suplemen apa yang tepat untuk program fitness Anda?

Ada banyak sekali jenis suplemen yang ada dipasaran, mulai dari whey protein, kafein, creatine, karbohidrat, dan lain-lain.

Namun yang lebih populer adalah whey protein. Mengapa?

Seperti yang sudah disinggung di awal, protein merupakan makanan utama bagi otot.

Semakin banyak otot maka semakin tinggi pembakaran lemak.

Tentu ini sangat baik untuk apapun program fitness Anda, entah itu fat loss, muscle building, atau maintenance body.

Hal inilah yang ada pada Ultramax Protein with Creatine.

Sport nutrition dari Ultramax Nutrition ini mengandung whey protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan otot.

Belum lagi, tambahan creatine yang ada pada Ultramax membuat nilai plus pada suplemen ini.

Creatine sendiri berfungsi untuk mendongkrak energi selama latihan.

Ini pastinya akan dapat membantu meningkatkan performa di setiap sesi latihan Anda.

Dan memilih Ultramax Protein with Creatine bisa menjadi solusi Anda untuk pemenuhan nutrisi olahraga harian Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes