Snow Pea Soup

Snow Pea Soup (Sup Kacang Kapri)

Snow Pea Soup

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Snow Pea.
Snow pea atau Kapri (Pisum sativum L. ssp. sativum) adalah sejenis tumbuhan sayur yang tergolong dalam sayur buah, yang artinya buahnya yang dimakan sebagai sayur dan tidak digolongkan sebagai buah-buahan. Buah ini bertipe polong (legume) yang dipanen ketika masih muda dan bijinya belum berkembang penuh. Buah yang terlalu tua memiliki serat yang lebih tebal dan agak kurang nyaman untuk dikonsumsi.

Secara umum ada dua jenis kapri yaitu yang berbiji pipih yang disebut snow pea, dan yang berbiji bulat yang disebut snap pea atau sugar snap pea. Kapri masih tergolong satu jenis dengan kacang polong (green pea). Berbeda dengan kapri, green pea atau ercis ini hanya dimakan bijinya dan hampir tidak pernah dimakan dengan polongnya seperti kapri.

Kapri telah digunakan selama bertahun-tahun dalam masakan-masakan China yang ditumis. Kapri disukai karena teksturnya yang lembut dan renyah. Kapri dapat juga digunakan sebagai campuran salad atau sebagai variasi lauk yang disajikan dengan makanan pokok.

Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Snow Pea.
Snow Pea mengandung sejumlah zat gizi yang memberikan manfaat kesehatan buat tubuh. Zat gizi utama yang terkandung dalam kapri antara lain yaitu serat pangan (dietary fiber), karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin A dan C, thiamin (vitamin B1), asam folat (vitamin B9), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3) pyridoxine (vitamin B6), asam pantotenat (vitamin B5), vitamin K, zat besi, mangan, magnesium, fosfor, kalium, dan antioksidan alami. Selain itu kapri memiliki kandungan asam lemak jenuh dan sodium yang sangat rendah.

Manfaat Snow Pea Bagi Tubuh Anda.
Kandungan Vitamin K yang terdapat dalam snow pea, berfungsi untuk mengaktifkan osteokalsin, suatu protein non-kolagen dalam tulang, yang nantinya akan mengikat kalsium yang kita peroleh dari makanan. Asam folat dan pyridoxine sangat penting dalam pencegahan osteoporosis dan atherosclerosis dengan mengurangi pembentukan molekuk homosistein. Thiamin, riboflavin, dan niasin membantu pengaturan tingkat lemak, karbohidrat dan protein dalam tubuh. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan perlindungan dari serangan virus dan penyakit dan pada beberapa kasus bisa melindungi dari timbulnya kanker.

Salah satu informasi menyebutkan bahwa konsumsi kapri memberikan manfaat sebagai anti peradangan (anti-inflammatory) untuk penderita asma, penyakit autoimun, arthritis, irritable bowel syndrome (IBS), dan asam urat. Bagi yang sedang sakit flu, menambahkan kapri ke dalam sup ayam atau sup mi ayam yang dikonsumsinya dapat membantu mengurangi penderitaan akibat flu, karena kandungan vitamin C dalam kapri yang cukup tinggi.

Resep Sehat Dengan Bahan Dasar Snow Pea (Untuk 2 porsi)
Bahan :
80 g kapri
50 g wortel (potong melintang tebal +½ cm)
2 butir telur
¼ sdt garam
¼ sdt garlic powder
¼ sdt lada
½ sdt perasa ayam
1 batang daun bawang (potong kecil)
500 ml air

Cara membuat :

  • Bersihkan kapri dan potong tangkainya. Sisihkan.
  • Didihkan air (gunakan api sedang). Pecahkan telur di atas piring kecil kemudian masukkan ke dalam air mendidih satu persatu. Masak sebentar sampai telurnya agak matang.
  • Masukkan kapri, wortel, garam, garlic powder, lada, perasa ayam, dan daun bawang. Aduk rata.
  • Masak sebentar sampai sayurannya agak matang.
  • Angkat dan sajikan.

Nilai gizi per porsi :

Energi: 108.7 kkal
Lemak: 6.1 g
Karbohidrat: 4.4 g
Serat: 1.9 g
Protein: 9 g

Tips dan saran :

  • Sajikan bersama sumber karbohidrat seperti beras merah, oatmeal, ubi jalar, jagung, ataupun singkong.
  • Jika 1 telur untuk 1 porsi masih terasa kurang untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, dapat juga ditambahkan lagi telur, putih telur, daging ayam, daging sapi, atau ikan. Tapi, Ingat konsumsi telur utuh per hari disarankan maksimal 2 butir. Telur utuh bisa digantikan dengan putih telur. Jika tidak ingin menggunakan telur, dapat diganti dengan potongan daging ayam atau ikan.

Ada banyak cara bagi Anda untuk tetap mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang. Snow Pea Soup bisa menjadi salah satu alternatif yang baik untuk tetap menjaga menu sehat harian Anda.
Selamat Mencoba !

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes