efek diet

Efek Instan yang bisa Anda Rasakan dari Diet dan Latihan

Bagian dari tantangan menerapkan gaya hidup sehat adalah bahwa Anda bisa melihat efeknya secara bertahap. Hal tersebut bisa membuat frustrasi ketika Anda sudah bekerja keras di gym dan menjalankan diet Anda.
Efek Instan yang bisa Anda Rasakan dari Diet dan latihan

Apakah Anda melihatnya secara langsung atau tidak, tubuh Anda merespon saat Anda mulai membuat pilihan menerapkan gaya hidup sehat. Perubahan yang sehat ini dapat mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, kanker dan diabetes, semua hal tersebut membuat Anda merasa lebih baik. Tidak hanya bisa melihat efeknya secara bertahap, ada juga efek dari diet dan latihan yang sebenarnya bisa dirasakan dengan cepat. Berikut ini efek yang bisa Anda rasakan dengan cepat dari diet dan latihan.

Mengontrol gula darah dan menjauhkan penyakit

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, gula darah Anda meningkat. Seberapa cepat dan seberapa banyak gula darah Anda meningkat, tergantung pada seberapa cepat tubuh Anda mampu memecah zat-zat makanan tersebut. Salah satu cara untuk mengukurnya adalah dengan indeks glikemik, yang merangking makanan dengan skala dari 0 hingga 100 berdasarkan bagaimana makanan tersebut mempengaruhi kadar gula darah Anda. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan tajam dalam kadar gula darah.

Mengapa hal ini penting? Alasan pertama, fluktuasi kadar gula darah yang tajam dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, dan beberapa penelitian telah menunjukan bahwa makanan berglikemik tinggi seperti roti, kentang, soft drinks dan permen berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes dan obesitas.
gula-darah_DF

“Fluktuasi gula darah menyebabkan kelelahan, dan tingkat insulin yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan,” kata Dr. Kristine Arthur, internist (dokter penyakit dalam) di Orange Coast Memorial Medical Center, Fountain Valley, California. “Dengan seiring waktu, hal tersebut juga dapat menyebabkan peradangan kronis dalam tubuh.” Mengontrol gula darah Anda juga bisa:

Meningkatkan energi berkelanjutan. Dengan memilih makanan indeks glikemik rendah, Anda dapat membantu tubuh Anda mengatur gula darah dengan lebih baik. Hal tersebut lebih baik untuk tingkat energi jangka pendek. “Ketika Anda menghindari dorongan untuk mengonsumsi donat dan soda pada siang hari, Anda juga menghindari lonjakan gula darah,” kata Arthur. “Dengan memilih camilan dengan protein dan karbohidrat yang seimbang, seperti apel dengan selai kacang atau kacang, Anda bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan energi yang berkelanjutan untuk beberapa jam ke depan.”

Mempengaruhi mental jadi lebih baik. Fluktuasi gula darah juga dapat mempengaruhi mental Anda dalam makanan dalam jangka waktu yang pendek. Makanan yang indeks glikemiknya rendah melepaskan glukosa lebih lambat dan berkelanjutan ke dalam tubuh Anda. Hal tersebut dapat mengoptimalkan fokus, menurut The Franklin Institute. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan kadar gula darah umum terjadi ketika Anda tidak makan dalam waktu atau ketika tubuh Anda pulih dari lonjakan kadar gula darah.

Temukan keseimbangan dengan Latihan

“Latihan membantu pernapasan Anda, yang menurunkan denyut jantung dan tekanan darah seketika,” kata Dr. Nicole Weinberg, seorang ahli jantung di Saint John’s Health Center, Santa Monica, California.

Manfaat ini tidak hanya baik untuk sistem kardiovaskular Anda, hal tersebut juga membantu mood Anda. Serbuan hormon endorfin selama aktivitas fisik dapat segera meningkatkan mood Anda dan mengurangi tingkat stres. Dan seperti diet, olahraga memiliki efek langsung pada kadar gula darah, dapat menjaga naik turunnya atau meminimalkan fluktuasi energi sepanjang hari.
latihan

Berkomitmen untuk gaya hidup sehat

“Manfaatnya berkembang selama beberapa bulan, bahkan bertahun-tahun. Perubahan fisiologis akan mulai dengan cepat, tetapi efek yang sebenarya membutuhkan waktu” kata Dr. Mark D. Lurie, direktur kardiologi di Torrance Memorial Medical Center, California.

Menunda kepuasan lebih baik daripada tidak mendapat kepuasan sama sekali, tapi menunggu efek dramatis dari gaya hidup sehat dapat mendorong beberapa orang untuk menyerah. Anda harus mengatur pola makan dan aktif berolahraga, percayalah bahwa tubuh Anda sedang membuat perubahan, meskipun hasilnya tidak lasngsung terlihat.

“Brokoli mungkin rasanya tidak seenak onion ring, dan menonton TV tidak mungkin mengakibatkan kita merasa sakit pada otot ketika berlatiha dengan baik, tapi kita semua harus melihat pada sebuah hadiah, dan hadiah tersebut adalah sehat seumur hidup”, kata Lurie. Untuk sehat sepanjang hidup, tetap terapkan dan jaga gaya hidup sehat Anda ya!(pin)

[sc:JohnsonBox1 ]

Baca juga: Sudah Mulai Bosan Latihan? Cari Tahu Yuk Penyebabnya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes