Cara Mudah & Efektif Untuk Tingkatkan Daya Ingat Anda

Pernahkah Anda melupakan sesuatu? Lupa dengan apa yang baru saja Anda lakukan, lupa menaruh dompet, lupa mengunci rumah, dan sebagainya. Lupa adalah hal yang wajar dan bisa terjadi pada setiap orang. Namun, jika Anda mulai terlalu sering lupa, berarti Anda sedang mengalami penurunan fungsi otak.

Lupa merupakan salah satu ciri berkurangnya kemampuan otak mengolah memori. Penyebabnya bisa karena pikiran yang tidak fokus ketika akan melakukan sesuatu. Lupa bisa juga disebabkan karena informasi yang masuk terlalu banyak, misalnya ketika Anda melakukan lebih dari satu kegiatan secara bersamaan, sehingga informasi yang masuk ke otak terlalu banyak dan tidak semuanya tersimpan.

Namun, ada beberapa cara yang patut Anda coba untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mengulang Informasi yang Didengar
    Contohnya, mengingat nama seseorang akan lebih mudah jika kita ucapkan beberapa kali daripada mendengarnya hanya sekali. Di samping itu, mengucapkan nama seseorang dengan suara lantang juga akan mendukung penyimpanan data dalam otak kita.
  • Memecah Hal yang Besar Menjadi Beberapa Bagian
    Sebagai contoh, mengingat nomor telepon akan lebih mudah jika kita membaginya menjadi beberapa kelompok. Hal ini mungkin terjadi karena otak menerima informasi dalam jumlah yang terbatas.
  • Istirahat Cukup
    Cukup istirahat adalah salah satu langkah yang baik untuk meningkatkan daya ingat. Beberapa bagian dalam otak berfungsi mencipatakan daya ingat yang berbeda seperti nama, bentuk wajah, atau mungkin ingatan saat Anda baru saja bertemu dengan seseorang. Tidur membantu merajut kenangan-kenangan menjadi satu kesatuan yang koheren. Penelitian juga menunjukkan bahwa memori jangka panjang ditingkatkan oleh otak ketika subjek mendapat cukup tidur secara konsisten.
  • Jaga Agar Tidak Stress
    Menghindari stress adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat. Hormon kortisol yang muncul ketika Anda stress bisa mempengaruhi informasi yang diterima oleh otak, hal inilah yang menjadi alasan ilmiah mengapa seseorang yang stres secara normal akan sering memiliki pikirang kosong.
  • Cukupi Kebutuhan Nutrisi Otak Anda
    Ada banyak makanan yang baik untuk otak, salah satunya adalah ikan yang kaya akan Omega-3 seperti tuna, salmon, dan sarden. Kenari dan berri juga baik untuk otak karena mengandung banyak sekali antosianin yang kaya akan antioksidan untuk menjaga sel otak.
  • Bermain Game
    Memainkan permainan yang berhubungan dengan kerja otak juga akan membantu meningkatkan daya ingat. Termasuk juga bermain puzzle dan bermain alat musik.
  • Jangan Terlalu Berlebihan Dalam Mengingat Sesuatu
    Makin keras Anda mencoba mengingat sesuatu, maka semakin gelisah Anda, sehingga menyebabkan Anda mudah lupa. Kunci mengatasinya adalah dengan rileks dan membiarkan otak bekerja dengan sendirinya. Contohnya, Anda membiarkan diri Anda mengingat sesuatu dengan sendirinya, seperti nama dan tanggal.

Menurunnya daya ingat Anda bukanlah akhir dari segalanya, karena Anda masih dapat melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan daya ingat otak Anda. Sayangilah otak Anda seperti Anda menyayangi memori-memori yang berarti dalam kehidupan Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes