zig zag

ZIG ZAG Your Weight Loss

ZIG ZAG… mungkin istilah ini jarang kita dengar di tempat-tempat fitness. Tidak juga banyak yang menggunakan istilah ini dalam istilah latihan. ZIG ZAG sudah dipergunakan oleh banyak orang yang berhasil dalam program pembentukan badannya. Tetapi kebanyakan orang yang sudah dalam tahap ini, jarang sekali mengajarkan metode ini. Seperti apakah metode zig zag ini? Apa keunggulannya?

zig zag

Tubuh kita adalah suatu mesin yang sangat canggih, yang mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi dan stress dari lingkungan sekitarnya. Hal itulah yang menyebabkan kita bisa bertahan hidup sampai selama ini sebagai species unggulan di muka bumi ini. Apa hubungannya dengan metode ZIG ZAG ini?

Ketika kita berlatih beban dengan berat, otot-otot kita akan rusak, dan dalam proses perbaikannya, otot akan beradaptasi. Semakin sering hal ini terjadi, otot akan beradaptasi dengan membesar. Supaya ketika dia berhadapan dengan beban berat lagi, dia tidak akan rusak lagi. Masalah yang terjadi dengan kita adalah cara kita berpikir sedikit berbeda. Ketika kita menemukan metode baru, latihan beban, dan berhasil menambah massa otot, kita keliatan sedikit besar di cermin, kita akan mengatakan, cara ini bener2 keren, saya cocok dengan cara ini, dan saya akan pakai cara ini lagi. Kemarin saya pakai cara ini otot saya bisa besar, semakin sering saya pake cara ini, otot saya akan bisa lebih besar. Tetapi kenyataannya tidak begitu, dan kita mulai stress, dan akhirnya berhenti berlatih. Begitu juga yang terjadi dengan orang yang diet, tinggi 160cm, berat 80kg, berhasil turun menjadi 75kg, tetapi pada saat itu, beratnya tidak bisa turun lagi. Berbagai cara sudah ditempuh tetapi ternyata beratnya juga tetapi tidak turun juga. Apa yang terjadi?

Yang terjadi sebearnya sangat sederhana, badan kita beradaptasi. Badan kita terbiasa dengan diet ketat, sehingga dia bosan dan tidak merespon lagi. Begitu juga yang kemarin makan banyak, otot sudah naik 3kg, tetapi berhenti, itu otot sudah jenuh juga dengan rutinitas yang terjadi. Disinilah kita menggunakan metode ZIG ZAG ini. Metode ini kita gunakan untuk menipu tubuh kita supaya dia tetap terus beradaptasi tetapi masih di dalam kontrol kita.

Yang sudah berhasil menurunkan berat badan dengan cardio, dan diet rendah kalori, kemudian beratnya stop dan tidak bisa turun lagi, bisa mencoba menggunakan metode zig zag ini yaitu dengan cara mengurangi cardio, mulai berlatih beban dengan jumlah lebih besar daripada cardionya, dan mulai meningkatkan kalori (bukan berarti makan bebas dan ngawur). Apabila kemarin diet dan rendah kalori sudah dilakukan selama 3 bulan, gunakan metode zig zag ini selama sebulan untuk meningkatkan kalori, dan targetnya adalah kenaikan berat badan sedikit saja. Kalau kemarin sudah turun 5kg dalam 3 bulan, coba dalam sebulan ini naikkan sekitar 0.5-1kg dengan cara ini. Setelah sebulan ini selesai, balik ke latihan cardio dan turunkan calorie sekali lagi.

Dengan cara itu, tubuh akan tertipu, dia akan beradaptasi terus, dan kita bisa mempergunakan respon alami tubuh ini sesuai dengan keinginan kita. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, bisa coba gunakan 3 bulan diet,  1 bulan naikin berat badan dikit, dilanjutkan dengan 3 bulan diet lagi. Jangan diet terus selama 6 bulan secara terus menerus. Hasilnya akan terlalu lama dan bahkan di bulan-bulan terakhir sudah tidak akan ada penurunan lagi. Itu lah yang sering terjadi biasanya.

Demikian juga bagi yang ingin meningkatkan massa otot, gunakan latihan peningkat massa otot selama 3 bulan, dilanjutkan dengan 1 bulan cutting fat, lalu kembali lagi 3 bulan peningkatan massa otot. Selalu ubah latihan Anda, maka tubuh Anda akan terus di adjust dan berkembang ke arah yang kita inginkan.

Gunakan metode zig zag ini dalam semua aspek, baik itu latihan, maupun diet dan jumlah kalori yang masuk. Beberapa orang yang sudah mahir, bahkan menggunakan metode ini untuk diet dalam hitungan hari, seperti misalnya 5 hari low carb, 2 hari high carb. Berapa ratio yang tepat? Apakah 5 hari : 2 hari? Ada juga yang menggunakan 6 hari : 1 hari. Coba lah berexperimen dan temukan sendiri rumus yang tepat untuk tubuh Anda. Dengan begitu lemak akan terus berkurang dan otot kita akan terjaga. Bukankah itu yang kita inginkan ?
G’luck.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes