Yuk, Bikin Diet Lebih Menyenangkan di Akhir Pekan

Akhir pekan sering dianggap sebagai waktu untuk bersantai setelah seminggu bekerja, termasuk waktu untuk “libur” dari diet setelah seminggu berjuang keras untuk berdiet.

Ini-Caranya-Agar-Diet-Anda-Lebih-Menyenangkan-di-Akhir-Pekan

Menurunkan berat badan dengan diet yang sehat jangan dianggap sebagai satu hal yang menyiksa agar tubuh Anda tidak berusaha melepaskan diri dari siksaan tersebut. Menganggap diet sebagai siksaan merupakan kesalahan utama yang bisa menggagalkan program diet Anda, terutama di akhir pekan saat Anda berlibur bersama keluarga.

Nah, agar Anda tetap termotivasi untuk berdiet dan tetap menjalankan diet di akhir pekan dengan lebih menyenangkan, sebaiknya Anda coba cara-cara berikut ini.

Temukan Dukungan

Libatkan keluarga dan teman-teman untuk mendukung Anda dalam upaya Anda untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan gaya hidup sehat. Terlebih jika orang-orang terdekat Anda juga sama-sama sedang berusaha untuk menerapkan gaya hidup yang lebih baik dan lebih sehat.

Buat Panduan

Tulis daftar panduan diet yang Anda dapatkan, baik dari media cetak, elektronik, atau internet, sehingga Anda tahu pasti apa saja yang harus Anda hindari, apa saja yang harus Anda lakukan, dan apa saja yang harus Anda makan, sehingga ketika Anda dihadapkan pada situasi yang menggoda Anda untuk melanggar pedoman diet tersebut, Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Strategi Belanja

Banyak orang mengisi akhir pekannya untuk berbelanja. Ketika pergi berbelanja, sebaiknya Anda pergi dengan perut terisi, karena jika Anda berbelanja saat Anda lapar maka sangat mungkin bagi Anda untuk membeli makanan yang tidak sehat. Selain itu, pastikan Anda lebih banyak membeli makanan segar, bukan makanan olahan atau kemasan.

Olahraga di Akhir Pekan

Program diet yang baik terdiri atas pengaturan pola makan yang baik dan olahraga teratur. Jadi lakukan kegiatan yang membuat Anda tetap aktif pada akhir pekan. Dengan melakukan olahraga di akhir pekan, Anda akan terhindar dari menghabiskan waktu duduk di sofa seharian sambil ngemil dan menonton TV saja, yang justru menambah timbunan lemak dalam tubuh Anda.

Pilihan Makanan di Restoran

Ketika makan di restoran tidak dapat dihindari, buat pilihan yang tepat yaitu dengan menghindari karbohidrat sederhana dan lemak jenuh. Pilih makanan yang berisi sayur dan buah segar serta sumber protein rendah lemak, misalnya ikan, daging ayam dan sapi tanpa lemak, dan lain-lain.

Siapkan Buah-buahan

Jika Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda di rumah pada akhir pekan, siapkan diri Anda dengan menyingkirkan semua junk food dan snack berkalori tinggi, dan lengkapi stok buah-buahan segar, yogurt rendah lemak, atau snack sehat lainnya.

Food Journal

Dengan food journal (jurnal makanan) Anda bisa melihat makanan apa saja yang sudah Anda makan dan total kalori makanan Anda setiap hari selama seminggu. Setelah itu, evaluasilah kebiasaan makan Anda. Catat juga apa yang Anda makan di akhir pekan dan hitunglah berapa kalori dan nutrisi yang sudah masuk ke tubuh Anda, lalu bandingkan jumlahnya dengan hari lainnya. Hasilnya bisa Anda jadikan motivasi untuk membuat perubahan dan perbaikan pada pola makan Anda untuk menurunkan berat badan dengan optimal.

Nah, dengan tip sehat di atas, semoga Anda bisa menjalankan diet di akhir pekan dengan mudah dan menyenangkan. Selamat berakhir pekan! (dan)

BACA JUGA : Tetap Kenyang adalah Pilihan Terbaik saat Berdiet

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes