perut ramping dan kencang

4 Tips yang Terbukti Bikin Perut Ramping dan Kencang

Ada beberapa pepatah dala dunia fitnes dan kebugaran, termasuk untuk mencapai goal perut ramping dan kencang, salah satunya adalah

‘Perut ramping dan kencang bisa dibuat dari dapur’

Tidak salah memang. Tapi sebelum itu, ada proses yang harus dilakukan melalui latihan atau olahraga.

Latihan beban maupun kardio akan membantu pembentukan jaringan otot baru yang kemudian disempurnakan dengan diet (pengaturan pola makan) yang bisa dimulai dari dapur Anda.

Setelah mendapat asupan nutrisi terbaik sesuai yang dibutuhkan agar perut ramping dan kencang, selanjutnya adalah tantang tubuh Anda dengan berlatih.

Untuk bantu mewujudkan keinginan Anda memiliki perut idaman, berikut ini ada empat tips yang akan membawa perubahan besar dalam perut Anda.

1. Memakai Beban Saat Latihan Otot Inti

Sit up atau crunch adalah latihan yang sangat dianjurkan bila Anda ingin membentuk otot perut.

Karena kedua latihan tersebut memang sangat baik untuk menarget otot inti (core muscle).

Namun, sangat disarankan untuk menambah dengan latihan beban lain saat melatih otot inti ini. Misalnya memanfaatkan cable, dumbbell, barbell, dan lain-lain.

Apabila masing-masing gerakan tersebut dilakukan dengan tepat, maka bukan tidak mungkin otot perut idaman akan segera terwujud.

Ketika menggunakan latihan crunch (cable crunch), gunakan otot perut Anda, bukan fleksor pinggul. Pastikan perut Anda terkontraksi saat melakukan gerakan latihan ini.

2. Perut Ramping dan Kencang dengan Teknik Isometrik

Kenapa ini disarankan?

Mengatur momentum akan sangat mengoptimalkan setiap latihan Anda.

Angkat dan turunkan beban secara perlahan namun tetap stabil dalam setiap repetisinya.

Perut Anda akan bekerja lebih keras dengan cara ini.

Dan tentu, bila diimbangi dengan nutrisi yang terbaik maka akan mengarah ke hasil yang lebih baik untuk dapatkan perut ramping dan kencang.

3. Tetap Fokus pada Keseimbangan Selama Latihan

Melatih otot inti bukan hanya untuk melatih otot perut Anda. Melainkan juga dapat bertanggung jawab pada stabilitas tubuh Anda.

Apabila memiliki otot inti yang lemah, maka ini juga dapat berpengaruh pada gerakan latihan yang lain. Seperti squat atau bahkan yang sederhana seperti dumbbell curl.

Anda akan memerlukan otot inti yang kuat untuk menjaga beban tetap stabil sebelum Anda mengangkatnya.

Selain itu, transverse abdominals atau otot yang membungkus bagian tengah tubuh Anda, bisa menjadi lebih kuat melalui teknik latihan isometrik, bukan melalui crunch.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan melakukan plank. Tidak hanya plank standard (seperti posisi push up), namun lakukan berbagai variasi plank lainnya.

Dengan melakukan ini, Anda akan segera mendapati perubahan pada otot inti Anda.s

4. Jangan Lupa untuk Melakukan Stomach Vacuum

Sudah pernah mendengar metode ini sebelumnya saat pelatihan perut?

Jika belum, maka benar artikel ini memang sangat Anda butuhkan bagi yang ingin miliki perut ramping dan kencang.

Pada dasarnya, metode Stomach Vacuum adalah pengaturan pernapasan dasar pada yoga dan pilates.

Posisikan tubuh seperti merangkak (atau bisa juga dalam kondisi tubuh berdiri) kemudian tarik napas sangat dalam (tahan beberapa detik), lalu keluarkan secara perlahan sambil menarik perut ke dalam.

Sebenarnya Anda bisa lakukan teknik ini tidak hanya saat latihan perut, tetapi juga setiap gerakan latihan lain di antara setnya.

Dengan melakukan stomach vacuum secara rutin dan konsisten, Anda akan mendapatkan kendali yang lebih baik pada pinggang dan juga pernapasan Anda.

Bagaimana, sudah siap untuk mendapatkan otot perut ramping dan kencang idaman Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes