menurunkan berat badan

Penyebab Badan Susah Kurus, Meski Sudah Berolahraga

Dua kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga dan pola makan sehat. Namun, dalam beberapa kasus ditemukan bahwa ada seseorang yang telah olahraga atau latihan namun berat badannya belum juga turun. Apa penyebab badan susah kurus meski sudah berolahraga?

Pola makan atau diet berperan sangat penting dalam program penurunan berat badan. Diet sendiri merupakan mengatur pola makan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Prinsip utama diet untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan protein serta mengurangi asupan karbohidrat dan lemak.

Karena protein dapat menekan nafsu makan, meningkatkan pembakaran kalori, serta dapat mencegah penyusutan otot karena pengurangan asupan kalori.

Penyebab Badan Susah Kurus, Bukan Sekadar Latihan

 

Prinsip sederhana untuk menurunkan berat badan adalah tubuh membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang masuk. Karena itulah, pola makan sangat penting untuk menurunkan berat badan.

Bukan hanya pola makan, olahraga juga sangat berperan penting untuk menurunkan berat badan.

Banyak sekali metode latihan untuk program diet.

Namun, tidak sedikit yang mengaku bahwa mereka sudah melakukan latihan tapi berat badan belum mau turun? Mungkin beberapa hal berikut yang menjadi penyebab badan susah kurus meski sudah berolahraga.

1. Salah dalam melakukan latihan

menurunkan berat badan

Karena ingin menurunkan berat badan banyak yang berkonsetrasi pada latihan pada otot perut. Seperti banyak melakukan crunch, plank, atau sit up. Ingat, menurunkan berat badan sama dengan Anda harus mengurangi lemak di tubuh, bukan hanya bagian perut.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya kombinasikan latihan beban dan kardio.

Latihan kardio dapat membantu mempercepat metabolisme dan membuat tubuh Anda membakar lebih banyak kalori meski saat beristirahat.

Jika tubuh Anda membakar kalori lebih banyak tiap harinya, makan tentu akan sangat membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Sementara latihan beban, selain untuk menurunkan berat badan, juga dapat membantu mempertahankan dan menambah massa otot, serta meningkatkan komposisi tubuh.

2. Stres

menurunkan berat badan

Ini adalah penyebab badan susah kurus yang mungkin sering dilupakan oleh banyak orang.

Kenapa stres dapat berpengaruh? Hal ini dikarenakan stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang mampu memperlambat proses metabolisme.

Jadi, jika stres sering terjadi, tubuh Anda tak akan dapat membakar kalori dengan banyak seperti sebagai mana mestinya.

Namun, stres juga dapat berpengaruh pada penurunan berat badan. Tapi penurunan berat badan karena stres bukan hal yang baik karena bukan keinginan sendiri. Lantara terlalu mendapat tekanan, seseorang dapat merasa tidak lapar dan makan lebih sedikit dari biasanya.

3. Kurang tidur

menurunkan berat badan

Selain latihan, pola makan, dan stres, faktor lain yang juga mempengaruhi perat badan seseorang adalah mendapatkan tidur atau istirahat yang cukup. Tidur sangat penting karena memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat.

Tidur dapat menghindarkan seseorang dari kelelahan, yang mana kelelahan dapat membuat tubuh cenderung lebih menginginkan makanan yang tinggi karbohidrat serta makanan tingi lemak. Tentu saja hal itu akan dapat membuat program penurunan berat badan Anda gagal.

Tiga poin di atas adalah beberapa penyebab badan susah kurus meski sudah latihan. Selain olahraga, pola makan sehat, stres, dan istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes