makanan protein untuk diet

5 Makanan Protein untuk Diet Anda dari Kacang dan Biji-Bijian

Makanan protein untuk diet sebenarnya cukup banyak yang bisa dengan mudah didapatkan. Seperti dari kacang-kacangan maupun biji-bijian.

Telur, daging, susu, dan lentil adalah beberapa sumber protein terbaik.

Beberapa makanan tersebut memang cukup populer sebagai makanan sumber protein tinggi.

Akan tetapi, masih ada beberapa makanan lain yang juga merupakan makanan sumber protein.

Tentu saja, makanan tersebut masuk sebagai makanan protein untuk diet.

Yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang makanan protein untuk diet, ada baiknya untuk kembali merefresh pengetahuan kita mengenai program fat loss atau penurunan berat badan (memangkas kadar lemak berlebih).

Sudah cukup sering ditekankan bahwa diet (pengaturan pola makan) yang sehat memiliki peran yang penting dalam program ini.

Junk food, adalah makanan yang mengandung lemak trans. Yaitu minyak olahan dan barang manis yang memberikan ekstra kalori yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.

Kalori ekstra dari makanan tersebut kemudian akan disimpan menjadi lemak. Akibatnya? Pastinya, kadar lemak tubuh Anda akan semakin bertambah.

Banyak ahli nutrisi maupun praktisi diet menyarankan sebaiknya konsumsi makanan yang kaya protein pada saat mencoba untuk menurunkan berat badan.

Protein membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna.

Ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan yang terlalu berlebihan.

Makanan protein untuk diet juga dapat meningkatkan hormon yang dapat menekan nafsu makan seperti glucagon-like peptide-1 (GLP-1), peptide YY (PYY), dan cholecystokinin (CCK).

Juga dapat mengurangi kadar hormon lapar, ghrelin.

Ada banyak sekali makanan protein untuk diet selain telur atau daging yang bisa Anda konsumsi untuk fat loss.
Makanan-makanan tersebut akan membantu pola makan Anda jadi lebih bervariasi dan menarik.

Tak terkecuali beberapa makanan yang termasuk sebagai kacang-kacangan dan biji-bijian.
Berikut ini beberapa jenis kacang dan bijian, yang tidak hanya tinggi protein, tetapi juga dapat membantu program penurunan berat badan Anda.

1. Biji Rami Cukup Berkhasiat Pada Program Diet Anda

makanan protein untuk diet

Biji rami merupakan sumber protein nabati yang luar biasa.

Makanan ini bisa dijadikan sumber protein alternatif bagi Anda yang tidak atau kurang suka konsumsi daging, namun masih membutuhkan asupan protein yang tinggi.

Pada biji rami mengandung banyak asam amino arginin, asam aspartat, dan asam glutamat.  Dalam 100 gram biji rami mengandung sekitar 18 gram protein.

2. Makanan Sumber Protein Rendah Lemak, Biji Bunga Matahari

makanan protein untuk diet

Makanan protein untuk diet selanjutnya adalah biji bunga matahari (kwaci).

Makanan ringan ini merupakan sumber vitamin E dan juga folat. Dengan kandungan nutrisi tersebut membuat kwaci bisa dijadikan teman pada salad atau sekadar makanan ringan Anda.

Selain itu, kwaci juga mengandung protein yang dapat membantu Anda dalam proses membangun otot maupun penurunan berat badan.

Dalam 100 gram kwaci bisa mengandung 21 gram protein.

3. Makanan Protein untuk Diet, Kacang Walnut

makanan protein untuk diet

Walnut atau kacang kenari sangat kaya akan asam lemak omega 3 atau asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat).

Kacang jenis ini merupakan makanan yang merupakan sumber protein dan serat yang baik. Pastinya nutrisi tersebut sangat membantu memfasilitasi program penurunan berat badan yang Anda lakukan.

Selain protein dan serat, walnut juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin E, vitamin B6, dan tiamin.

4. Makanan untuk Diet yang Populer, Kacang Almond

makanan protein untuk diet

Bukan rahasia lagi kalau kacang almond adalah salah satu makanan favorit bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan maupun membentuk otot. Mengapa?

Kacang almond kaya akan serat maupun protein, yang mana dapat membantu memperlambat pencernaan, menimbulkan rasa kenyang, dan menahan rasa lapar yang berlebihan.

Selain protein dan serat, kacang almond juga mengandung seng (zinc), magnesium, kalium, dan vitamin E yang baik. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Nikmatnya Kacang Mete yang Tinggi Protein

makanan protein untuk diet

Kacang-kacangan lain yang termasuk makanan protein untuk diet yaitu kacang mete atau yang juga dikenal dengan mete dari jambu monyet.

Kacang mete mengandung protein yang cukup tinggi. Tiap 100 gram kacang mete matang yang disangrai tanpa garam, mengandung sekitar 15.3 gram protein.

Asam amino yang terkandung dalam kacang mete antara lain leusin, valin, arginin, asam aspartat, asam glutamat, dan serin.

Itulah mengapa kacang mete tetap terasa gurih meskipun tidak diberi bumbu, yaitu karena kandungan asam glutamat dan asam aspartat.

Tambahkan makanan-makanan protein untuk diet tersebut ke dalam menu makan, maka Anda telah membantu untuk mendekatkan diri Anda pada goal fitness yang ingin dicapai.

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes